Ingin IPK Anda Naik? Ikuti 5 Cara Mudah Meningkatkan IPK Anda saat Kuliah!

Ingin IPK Anda Naik? Ikuti 5 Cara Mudah Meningkatkan IPK Anda saat Kuliah!
Artikel Lainnya
Walaupun IPK saya tak sebagus orang jenius, karena memang saya pribadi banyak fokus di luar di bandingkan dengan orang lain yang fokus sama kuliahnya. Ada pengalaman menarik waktu saya masuk universitas saya sangat percaya diri ma'lum karena awal nya saya lulusan SMK.

Kepercayaan diri itu akhirnya retak ketika saya mendapatkan IPK di bawah standar, awalnya mau menyerah dari jurusan yang saya ambil yang sedikit sulit. Apalah daya sudah terlanjur hehe semua itu ada jalan keluar nya jika saya menyerah begitu saja ya tidak akan kelihatan keberhasilan di depan.

Jika agan muslim bisa agan buka di Surah Al-Insyirah ayat ke 5-6 beserta terjemahannya, maka akan lebih semangat lagi dan ingatlah ayat itu ketika mendapatkan kesulitan. Karena memang semua itu pasti ada jalan nya gan.

Ok walaupun IPK saya begitu mengecewakan akhir nya saya sering mencari cara untuk memperbaiki nya banyak sekali yang memberikan motivasi di luar sana dan saya coba praktekan satu per satu. Untuk hasilnya bisa di nimati ketika sudah berproses maksimal.

Akhir nya saya dapat menjawab dan membayar semua keraguan itu, karena tiap semester IPK saya membaik sampai-sampai IPK teman saya yang awalnya diatas bisa ter salip hehe kaya rosi aje. Ya itu semua benar karena memang proses yang maksimal akan menghasilkan yang maksimal.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit cara mudah untuk meningkatkan IPK anda saat kuliah. Cara mudah ini bisa langsung rekan-rekan terapkan agar bermanfaat tentunya bagi agan-agan yang sudah mebaca semua nya, Ok langsung berikut adalah cara-caranya.

Ini Lah 5 Cara Mudah Meningkatkan IPK Anda Saat Kuliah!

Cara Mudah Meningkatkan IPK Anda saat Kuliah

1. Memiliki Satu Buku Tulis Tiap Mata Kuliah

Jadi sangat perlu sekali setiap mata kuliah mempunyai buku masing-masing walaupun cara pertama ini sama kaya waktu agan di SMA, SMK. Tidak jadi masalah karena biar tidak kebingungan saat akan membaca materi mata kuliah agan berbeda dengan menggunakan Binder.

Step pertama agan tulis di halaman pertama mulai dari Nama Mata Kuliah, Ruang Kuliah/kelas tempat anda belajar. Selain itu mama dosen, nomor hp dosen, buku referrensi yang akan di gunakan oleh agan saat mengikuti mata kuliah.

Selain itu pembagian nilai UTS dan UAS agan harus tahu, kalau perlu mengetahui silabus perkuliahan lebih terarah dan mudah dalam mempelajari dan mencari materi. Yang terpenting juga catat nama kolompok dan juga anggota kelompok sobat bila perlu lengkap dengan kontaknya. Itu sangatlah di sunahkan untuk agan yang ingin bekerjasama dengan kelompok agan.

2. Perhatikan Dosen Ketika Menjelaskan

Cara yang kedua ini juga patut anda coba untuk meningkatkan IPK anda saat kuliah seperti dari sumber yang saya dapat yang dibuat di salah satu forum kaskus. Menyebutkan bahawa memperhatikan Dosen saat mata kuliah berlangsung seperti menonton bioskop di akhir pekan.

Jadi setelah saya terapkan kuliah itu mahal mencari ilmu itu mahal banyak yang harus kita korbankan jadi ketika agan di kampus fokus hanya pada satu tujuan mendapatkan ilmu sebanyak-banyak. Atau niatkan mencari ilmu dan menyerap ilmu dari dosen-dosen kita.

Selain itu posisi duduk juga mempengaruhi tingkat pemahaman saat agan belajar di kelas, posisi duduk yang baik seharus nya ya paling depan. Selain paling depan menurut ane di tengah lebih tenang jujur kalau dapat mata kuliah per hitungan kaya kalkulus, kayanya dek dekan deh kalau paling depan hahaha. Jadi atur posisi duduk yang enak agar sobat nyaman untuk menyimak apa yang di sampaikan dosen di setiap pertemuan.

Memperhatikan saja tidak cukup gan, menurut ane mahasiswa yang aktif mencatat dan yang tidak pasti berbeda dalam menyerap materi dari dosen. Jujur orang yang egonya tinggi kayanya udah gak jaman mencatat kaya gitu. Ya itu pilihan si menurut ane lebih baik mencatat walaupun hanya bisa point-point nya saja itu jauh lebih baik dari pada agan diam saja tanpa ada aktivitas aktif di dalam kelas.

Selain dua point penting di atas jangan lupa agan bertanya pada diri sendiri dari setiap materi yang di sampaikan apakah sudah jelas dan mengerti. Jika belum agan bisa langsung menanyakan pada dosen agar menjadi mudah hehe karena pada dasar nya dosen suka kalau di ajak diskusi.

Selain menanyakan pada dosen sobat juga bisa menanyakan ke teman yang di anggap mengerti dari materi yang di sampaikan yang di anggap agan masih belum paham. Karena saya pribadi tidak pandang bulu siapa pun itu kita harus tanya untuk menemukan jawabannya.

3. Tanyakan Setiap Mata Kuliah yang Sulit ke Kakak Kelas

Jangan sampai agan kuliah menganggap paling jago karena segao agan kuliah yang lebih mantap tentunya kakak kelas agan. Sudah jelas cari kakak kelas yang pandai dan pastikan mata kuliah yang akan agan tanyakan ia menguasai nya.

Jangan sampai agan bertanya dan mengajak diskusi kepada kakak kelas agan yang mendapatkan nilai C ke bawah. Minimal jika mengambil matakuliah yang sedikit sulit tanyakan kepada kakak kelas minmal dia dapat nilai B jadi ada standar agan bisa menapatkan minimal nilai B jika berhasil menerapkan cara ke-3 ini untuk meningkatkan IPK agan saat kuliah.

4. Pilih Dosen Yang Baik dalam Mengasih Nilai

Cara Ini paling jitu gan, karena setiap dosen berbeda-beda ada yang baik dan ada yang baik nya gak nanggu saking baiknya beliau memberikan nilai se adanya untuk memotivasi kita. Tidak ada dosen yang tidak baik ada pun kita harus memahami karakteristik setiap dosen.

Jadi pilihlah dosen yang di anggap agan-agan baik terutama dalam memberikan nilai hehe, bukan itu maksdu nya gan. Jadi dalam sebuat mata kuliah pasti ada beberapa dosen yang mengajar mata kuliah tersebut cari lah dosen yang mudah dalam menyerap materi. Jadi pilih lah dosen mata kuliah yang sobat ambil agar mempermudah dalam proses belajar selama 1 semester.

5. Membuat Rangkuman Materi di Akhir Pertemuan

Orang yang pandai biasanya membuat rangkuman dari materi yang sudah di sampaikan selama kurang lebih 6 bulan dalam satu semester. Jadi buatlah rangkuman dari materi mata kuliah yang agan ambil untuk meningkatkan tingkat pemahaman lagi.

Saya pribadi belajar nih dari cara ke-5 ini selalu membuat rangkuman karena memang ini sangat di perlukan untuk mempermudah pemahaman materi yang kita anggap banyak dan sulit untuk di pahami. Jadi buatlah catatan buat rangkuman agan dan mempermudah dalam menguasai setiap materi mata kuliah yang agan ambil.

Kesimpulan

Itulah 5 Cara Mudah Meningkatkan IPK Anda saat Kuliah, pada dasarnya untuk meningkatkan IPK anda sangat mudah kuncinya hanya satu. Yaitu jangan malas dalam semua proses banyak sekali proses untuk membuat mie instan agar dapat kita nimati.

Jadi dalam sebuah proses belajar juga banyak sekali proses yang harus kita lalui dan kita kerjakan dengan sungguh sungguh. Jika itu semua bisa di kerjakan insa allah IPK anda 100% selalu up setiap semester nya.

Masih banyak cara meningkatkan IPK anda saat kuliah itu hanya sebagian karena pada dasarnya sangat banyak. Salah satu kuncinya banyak lah berlatih untuk mendapatkan hasil yang maksimal jika itu tidak dapat di kerjakan jangan berharap mendapatkan nilai maksimal dan IPK maksimal. Apakah ada yang ingin menambahkan kalau ada silahkan tambahkan terima kasih semoga bermanfaat.
Share This :