Apk : 7 Aplikasi Offline Terbaik Untuk Membuat Aplikasi Android

Apk : 7 Aplikasi Offline Terbaik Untuk Membuat Aplikasi Android
Artikel Lainnya
Android ialah sistem operasi seluler yang paling populer, yang menjalankan milirian perangkat dari mulau ponsel pintar, jam tangan, tablet, TV dan masih banyak lagi. Tentunya teknologi itu sudah sejauh ini dan akan terus berkembang maju tanpa batas.

Apk (Android Package File) merupakan sebuah ektensi  format file yang digunakan untuk menginstal perangkat lunak pada sistem operasi Android. Aplikasi Android yang dibuat ternyatan bisa Online dan juga Offline.

Pada kesempatan kali ini mimin terlebih dahulu akan membahasa 7 Aplikasi Offline Terbaik untuk membuat Aplikasi Android. Ada beberapa platform gratis yang digunakan untuk membuat aplikasi mobile Android platform itu semua open source yang bisa kalian kembangkan pastinya.

Selain Android Studio yang sedang populer saat ini, ada juga loh platform lain yang mungkin bisa kalian coba juga untuk membuat aplikasi android. Salah satunya NDK, App Inventor, Eclipse dan lain sebagainya yang mungkin belum kalian coba guys.

Ok sebelum kita menggunakan Aplikasi Offline Terbaik untuk membuat Aplikasi Android ini, kalian siapkan juga mulai dari SDK (Software Development Kit), JDK (Java Development Kit), JRE (Java Runtime Environment).

Tentunya itu semua dibutuhkan untuk Java Depelover dan pengembangan Aplikasi Android itu sendiri. Selain itu ada juga JVM (Java Virtual Machine) yang merupakan jantung dari java platform yang tentunya bisa kalian instal juga.

Itu semua sangat dibutuhkan karena kita bermain di Aplikasi Offline Terbaik ini perlu platform pendukung untuk menjalan semua perintah yang kita akan buat. Nah itu bisa kalian cari tahu sendiri yang akan mimin bagikan hanya platform atau aplikasi offline terbaik yang bisa kalian coba. Ok dan berikut adalah ke-7 Aplikasnya.

Inilah 7 Aplikasi Offline Terbaik Untuk Membuat Aplikasi Android 

Aplikasi Offline Terbaik Untuk Membuat Aplikasi Android
Sumber Gambar : fiverr.com

1. Android Studio

Android Studio
Sumber Gambar: pctechmag.com
Android Studio adalah sebuah Platform untuk pengembangan android, dan mencakup semua yang developer android butuhkan untuk membuat aplikasi android. Kamu bisa menggunakan aplikasi android studio ini dengan langsung download di situs resminya.

Spesifikasi untuk menggunakan Android Studio ini cukup ringan minimal RAM Laptop atau Komputer kamu 3 GB dengan minimum screen resulution 1280 x 800. Karna yang dibutuhkan oleh platform Android studio ini RAM dan juga VGA yang tinggi. 

Jadi buat kamu yang ingin menggunakan Android studio bisa meng up atau menyesuaikan spesifikasi terlebih dahulu. Mimin pribadi menggunakan Android Studio di Processor Intel dual CPU dengan RAM 4GB sudah bisa jalan namun alangkah lebih baiknya dengan spesifikasi lebih tinggi lagi.

2. Aplikasi NDK

Aplikasi NDK
Sumber Gambar : www.androidcentral.com
NDK ialah kepanjangan dari Native Development Kit salah satu platform open source yang memungkin kamu memanfaatkan kode c dan c++ dalam membuat aplikasi Android. Tentunya dengan aplikasi NDK ini kamu harus menguasai bahasa pemrograman C dan C++ dan itu syarat wajibnya.

Selain itu juga kamu dapat membuat sebuah aplikasi dari kode sumber kamu sendiri atau memanfaatkan pustakan bawaan dari aplikasi NDK ini. Kamu bisa langsung mendownload dengan versi yang berbeda mulai 32 bit hingga 64 bit, tersedia di Windows, Mac dan Linux.

Jadi bisa kalian coba dari platform android NDK ini mungkin ini merupakan fashion kalian untuk pengembangan aplikasi android. Tentunya dalam menggunakan IDE NDK ini kamu harus kuat di bahasa pemrograman C dan C++ Guys.

3. Aplikasi Ecplise

Aplikasi Ecplise
Sumber Gambar : www.pensieridatester.it
Selanjutnya ada Eclipse yaitu sebuah IDE yang memungkin untuk membuat sebuah aplikasi android dengan gratis karena memang platform ini juga open source. Aplikasi Eclipse terbaru saat ini sudah lebih dari 1,430,917 download pada Minggu (28/10/18) dari data situs resminya www.eclipse.org.

Tentunya platform eclipse ini juga paling banyak digunakan oleh Developers Androd yang tentunya bisa kamu gunakan juga seperti halnya Android Studio dan NDK. Jadi bisa kamu langsung download aplikasi offline terbaik ini untuk membuat aplikasia android.

Aplikasi Eclipse ini juga tersedia dalam sistem operasi Windows 32 bit, 64 bit, Linux 32 bit, 64 bit dan juga Mac OS X 64 bit. Tentunya itu semua mendukung kamu dalam pengembangan aplikasi Android dengan platform terbaik yang bisa kamu dapatkan dengan gratis tanpa biaya.

4. Aplikasi Netbeans

Aplikasi Netbean
Sumber Gambar : binarywasteland.com
Netbeans juga aplikasi offiline terbaik untuk kamu yang ingin membuat Aplikasi Android. Selain digunakan untuk membuat aplikasi Java netbeans juga platform open source yang bisa digunakan untuk pengembangan aplikasi android.

Untuk membuat Aplikasi Android di Netbean kamu harus memasang plugin android di netbeannya agar memudahkan kamu membuat Apk di Netbeans. Aplikasi Offilne Terbaik ini juga tersedia versi terbaru yaitu Netbeans IDE 9.0 yang bisa kamu langsung download secara gratis.

5. IntelliJ IDEA

Aplikasi IntelliJ
Aplikasi Intellij IDEA memang berbayar untuk kamu yang ingin mengembangkan web dengan platform IntelliJ IDEA ini sekitar 6 jutaan untuk versi ultimate/tahunnya. Tetapi untuk pengembangan JVM dan Android mereka memberikannya secara free open source.

Jadi buat kamu yang ingin mencoba Platform aplikasi offline terbaik untuk membuat Aplikasi Android bisa mencobannya. Ok kamu bisa langsung masuk di situs resminya untuk mendapatkan aplikasi Intellij IDEA ini dan tersedia di Windows dengan ukuran hanya kurang lebih 400 MB saja. Tentunya untuk kamu developer android bisa mencoba platform dari Intellij IDEA ini.

6. Aplikasi Xamarin

Aplikasi Xamarin
Aplikasi yang satu ini tidak kalah guys Xamarin adalah platform untuk pembuatan aplikasi android berbasi C# sebelumnya mungkin dikenal sebagai aplikasi mobile yang berbasis windows phone. Tetapi sekarang bisa keduanya guys bahkan digunakan juga untuk pengembangan aplikasi IOS. 

Kamu bisa mengguanakn Xamarin ini tanpa koneksi Internet aplikasi offline terbaik yang di buat dalam 2 Platform untuk windows dan Mac OS. Xamarin ini tersedia dalam versi gratis namun beberapa fitur dibatasi.

Xamarin kini di miliki oleh Microsoft kamu bisa membeli paketnya lengkap Visual Studio + Xamarin dan kamu dapat menggunakan keduanya secara gratis di Windows dan Mac OS. Untuk menggunakan Xamarin kamu bisa menggunakan Spesifikasi minimal RAM 6 GB dan rekomendasi 8GB. Tentunya dengan Processor diatas rata-tara agar kamu nyaman dalam pengemangan aplikasi Android.

7. Aplikasi B4A (Basic 4 Android)

basic 4 android
Sumber Gambar : www.discoversdk.com
Tidak kalah kerennya nih Aplikasi yang terakhir ini bisa kamu gunakan untuk pengembangan Aplikasi Android secara offline. Aplikasi Basic 4 Android ini memang tidak gratis kamu harus mengeluarkan $59 untuk versi standar Perpetual license. 

Namun perlu diketahui tersedia juga dalam versi gratis trial selama 30 hari namun mimin tidak merekomendasikan versi crack nya ya haha. Akan tetapi itu terserah kalian karena masih banyak Aplikasi Offline Terbaik untuk membuat aplikasi android secara gratis.

Aplikasi Basic 4 Android ini kamu tidak perlu mengetahui bahasa Java karena memang yang digunakan dalam platform yang satu ini adalah bahasa basic. Tentunya kamu akan jauh lebih mudah mengembangkan aplikasi Android dengan platform dari B4A ini.

Akhir Kata

Itulah 7 Aplikasi Offline Terbaik Untuk Membuat Aplikasi Android. Tentunya kalian pilih yang menurut kalian paling bisa dimanfaatkan dalam pengembangan aplikasi android secara bebas. Selain versi offline kalian juga bisa menggunakan versi online namun itu tidak mimin rekomendasikan.

Yang terpenting banyak cari tahu dari platform yang akan digunakan yang tentunya akan mempermudah kamu dalam menyelesaikan projek-projek kamu. Masih banyak aplikasi offline terbaik lainnya untuk membuat aplikasi android, jika ada bisa comentar dibawah ini guys. Ok terima kasih semoga bermanfaat :)
Share This :