Inilah Cara Mudah Mengaktifkan SSL Domain NameCheap di Blogspot

Inilah Cara Mudah Mengaktifkan SSL Domain NameCheap di Blogspot
Artikel Lainnya
Ok buat kalian yang ingin mengaktifkan SSL Domain NameCheap ternyata cukup mudah guys awalnya mimin pribadi agak kebingungan terutama pas masukin kode CSR. Nah pada kesempatan kali ini mimin akan membagikan untuk kalian semua cara mudahnya.

Sebelum kita masuk di tutorial nya kalian harus mengetahui dulu apa itu SSL (Secure Socket Layer) ? apa kalian tahu gauys. Tentunya SSL ini sangat berkaitan erat dengan HTTPS (Hyper Transfer Protocol Secure).

SSL itu sendiri adalah protokol keamanan yang digunakan pada semua situs yang ingin mendapatkan kemanan pada Internet itu sendiri. SSL ini mengubah suatu protokol transport seperti TCP menjadi semua saluaran komunikasi aman yang tentunya paling banyak digunakan di situs yang banyak transaksinya.

Seperti halnya pada situs Paypal, Internet Bangking dan masih banyak lagi situs web terbaik tentunya sangat di wajibkan ssl yang satu ini. Khusus buat kamu pengguna baru tentunya bisa menyimak guys cara mengamankan situs atau blogspot agar aman pastinya dari serangan tangan jahil hehe.

Nah jadi sangat penting bukan SSL untuk keamanan domain kamu baik itu sekelah Wordpress, Blogspot orang akan lebih aman dan nyaman pastinya menggunakan situs kamu guys. Nah untuk mengaktifkan SSL domain NameCheap kamu di Blogspot ikuti stepnya dibawah ini guys.

Cara Mudah Mengaktifkan SSL Domain NameCheap di Blogspot

Cara Mudah Mengaktifkan SSL Domain NameChep di Blogspot
Sumber Gambar : www.linkideia.com
  • Step pertama kamu masuk dihalaman situs namecheap nya kemudian kamu login hingga masuk di akun Namecheap kamu. Selanjutnya masuk di produk list dan pada halaman tersebut ada SSL Domain NameCheap yang telah kamu beli dari Namecheap.
CSR dari domain kamu di situs namechep
  • Step selanjutnya kamu klik Activate kamu dapat melihat halaman seperti pada gambar diatas namun itu semuanya kosong. Untuk mengisi CSR kamu dapat masuk dihalaman CSR Generator dari NameCheap klik disini https://decoder.link/csr_generator. Namun pihak NameCheap tidak menyarankan ini ya guys.
cara generet csr di namecheap
  • Ok step berikutnya masukan domain kamu, kota, provinsi, nama organisasi dan email aktif kamu jika sudah kamu dapat klik generate. Jika sudah kamu bisa lihat hasilnya seperti pada gambar dibawah ini guys.
CSR di NameChep
  • Kamu simpan baik-baik CSR kamu dan pastekan di halaman tadi diatas, selanjutnya kamu backup mulai dari CSR, Private Key dan Certificate kamu. Ok ini wajib kamu backup karena nantinya akan di butuhkan guys. 
klik next di ssl domain namecheap
  • Step ini kamu pilih untuk mengecek SSL CSR kamu bisa samakan seperti pada gambar diatas lalu kamu klik next. Selanjutnya kamu pilih email admin kamu di domain yang kamu buat ini selebihnya seperti pada gambar dibawah ini.
email admin di namecheap ssl
  • Pilih email kamu di gmail agar mempermudah dalam mengaktifkan ssl dari dari penyedia SSL COMODO nantinya. Jika sudah kamu klik next email ini bisa kamu pilih bebas untuk validasi SSL Domain Namecheap kamu jika sudah kamu klik next.
  • Isi admin email kamu disini kamu wajib memasukan email admin kamu karena nantinya Namecheap akan mengirimkan file ssl ke email admin kamu. Untuk mengisinya kamu isi dengan email gmail kamu juga boleh gan.
submit ssl domain namecheap
  • Ok step ini step terakhir jika kamu sudah yakin dengan data yang telah kamu masukan terutama dalam memasukan email kamu tadi. Jika semua sudah yakin benar kamu tinggal submit saja maka kamu tinggal menunggu konfirmasi validasi saja guys.
progres pengaktifan ssl domain di namecheap
  • Kamu tinggal tunggu guys email validasi dari name cheap usahakan kamu mengirimkan di hari kerja agar cepet dilakukan pengaktifannya. Ok itulah sepetar cara mudah untuk mengaktifkan ssl domain namecheap bisa kamu coba guys.

Cara Mengaktifkan SSL Domain NameCheap dari Penyedia SSL COMODO

cara mengaktifkan ssl dari penyedia ssl comodo
  • Step berikutnya kamu tinggal mengaktifkan SSL dari NameCheap yang telah kamu beli sebelumnya disini kamu tinggal mengaktifkannya dari penyedia SSL COMODO. Klik yang sudah ane kasih petunjuk guys kemudian copy paste yang telah ane lingkari juga.
cara verifikasi ssl certicat dari comodo penyedia layanan ssl
  • Jika sudah kamu coba step diatas akan muncul form SSL Certificate Validasi seperti yang telah kamu lihat seperti pada gambar diatas ini. Ok jika semuanya sudah siap kamu copy paste code validasinya lalu klik next.
Verifikasi SSL Domain NameCheap Berhasil
  • Jika kamu sudah melihat seperti pada gambar diatas ini berarti validasi SSL NameCheap kamu berjalan dengan lancar. Step terakhir kamu tunggu email dari COMODO untuk mendownload file Certificate kamu jika sudha menerimanya kamu telah berhasil mengaktifkan ssl di namecheap.
comodo certificat berhasil dikirim dari comodo penyedia layanan ssl
  • Ini dia hasilnya bisa kamu download untuk certificat domain kamu yang telah di aktifkan tadi SSL nya jika sudah kamu download cek di halaman SSL Domain NameCheap kamu. Ok ini lah hasilnya SSL telah berhasil kamu aktifkan guys.
cara mudah mengaktifkan ssl domain namecheap
  • Congratulation kamu telah berhasil mengaktifkan SSL Domain NameCheap dari penyedia layanan SSL COMODO. Jika ada kesulitan silahkan tanyakan di kolom komentar guys jangan lupa cantumkan nama kalian jugu ya guys.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya apa guys? setelah ane coba ada kendala pada saat memasukan kode CSR dimana kode ini bisa kamu perhatikan caranya diatas ternyata sangat mudah guys. Selain itu pada saat validasi SSL kamu harus menggunakan email kamu guys agar mempermudah juga dalam validasi SSL Domain namecheap kamu dari COMODO. Terima kasih semoga bermanfaat 
Share This :