4 Tips Memanfaatkan Software Payroll Indonesia yang Akurat

4 Tips Memanfaatkan Software Payroll Indonesia yang Akurat
Artikel Lainnya
Payroll dapat membingungkan dan melelahkan. Untuk itu, sangat wajar jika dalam prosesnya tim HR atau tim Keuangan melakukan kesalahan manual. 

Payroll melibatkan gaji karyawan, pajak pemerintah, dan hukum ketenagakerjaan. Perusahaan harus menyimpan data – data gaji karyawan yang akurat. Jika tidak, Anda mungkin bisa menghadapi kekacauan sistem payroll yang semakin membuat kepala pusing. Nah, untuk mempertahankan dan memanfaatkan payroll yang akurat, ikuti tips berikut: 

Tips Memanfaatkan Software Payroll Indonesia yang Akurat

1. Klasifikasikan karyawan

Secara akurat, kelompokkan status atau jenis karyawan dengan benar. Misalnya sebagai pekerja kontrak atau pekerja lepas. Nantinya, hal ini akan menjadi perhitungan pajak PPH21, upah lembur, dan upah minimum. Sedangkan, pada pekerja lepas biasanya gaji tergantung dengan kesepakatan tarif yang ditetapkan.

2. Mengotomatiskan sistem payroll

Menangani sistem payroll berbasis kertas atau file excel sangat rentan kesalahan manual. Anda mungkin bisa memasukkan angka yang salah saat menghitung dengan kalkulator, menuliskan angka ke file excel atau lupa memasukkan jumlah angka ke dalam proses payroll. 

Kenapa Anda tidak menggunakan software payroll Indonesia yang semua prosesnya sudah otomatis? Penggajian otomatis dapat mengurangi kesalahan manual. Untuk melakukan ini, gunakan software payroll Indonesia yang berbasis website.

Perangkat lunak ini akan menghitung penggajian karyawan, pajak hingga upah lembur, tunjangan, laporan payroll dan masih banyak lagi. Software payroll Indonesia sudah seharusnya akurat, jadi Anda tidak perlu khawatir tentang kesalahan manual. 

3. Menyimpan data kehadiran dan jadwal kerja

Selain itu, Anda perlu melacak secara akurat berapa banyak waktu yang dihabiskan karyawan untuk bekerja. Terutama untuk karyawan yang berhak mendapatkan upah per jam atau upah karyawan yang lembur. 

Untuk melakukan hal ini, software payroll Indonesia merupakan opsi ideal karena karyawan bisa login ke akun mereka dan mencatat waktu kehadiran saat datang dan pulang kerja. Karena software payroll Indonesia berbasis cloud, maka hal ini lebih fleksibel bagi karyawan yang berada di lokasi jauh atau berbeda dari kantor. 

Software payroll Indonesia dengan fitur absensi karyawan dapat membantu perusahaan mencegah “pencurian waktu”. Sebelum mendapatkan upahnya, karyawan akan dicek data kehadiran atau absensi mereka secara akurat.

4. Melakukan audit payroll

Secara rutin, data payroll juga perlu diaudit untuk memverifikasi keakuratan sistem payroll. Anda bisa melakukan sistem audit ini 3 bulan sekali atau 12 bulan sekali. 

Dengan software payroll Indonesia berbasis website, Anda bahkan bisa melakukan audit dari rumah atau kedai kopi. Pastikan bahwa informasi payroll sudah benar dan akurat, misalnya jumlah angka dan alokasi dana yang diberikan sudah diterima karyawan dengan baik. 

Periksa juga upah karyawan. Pastikan sudah dihitung dengan benar. Verifikasi juga pembayaran pajak apakah tim HR atau tim Keuangan sudah membayarkannya di waktu yang tepat. 

LinovHR yang dilengkapi software HR dan payroll memudahkan tugas tim HR dan divisi terkait dalam mengelola data payroll. Laporan payroll, slip gaji, upah lembur dan upah karyawan yang diperlukan untuk data audit keuangan secara rutin, dapat disajikan dengan cepat dan praktis. 

Bahkan, karena LinovHR berbasis cloud, Anda tidak perlu merepotkan divisi IT dan bisa mengakses secara real time dari mana pun dan kapan pun. Dapatkan kemudahan sistem payroll untuk bisnis Anda dengan menghubungi tim LinovHR sekarang juga, Anda juga dapat request free trial disini.
Share This :
avatar

Pretty! It was really a wonderful blog. Thanks for the provided information.payroll service in Toronto

Delete 30 November 2018 01.53