Cara Hosting Gratis CodeIgniter Web Sekolah dari 000Webhost!!

Cara Hosting Gratis CodeIgniter Web Sekolah dari 000Webhost!!
Artikel Lainnya
Halo sahabat senang berbagi kali ini mimin akan membagikan Cara Hosting Gratis CodeIgniter Web Framework Sekolah. Tentunya WEB CI ini sudah diperkenalkan pada pertengahan semester oleh karena itu pasti ada tugas untuk membuat Hosting Gratis CodeIgniter Web Sekolah.

Selain itu sepengalaman mimin ternyata pada saat kerja praktek juga ternyata CodeIgniter ini juga dipakai guys pada saat itu mimin kerja praktek di Sekolah Dasar. Nah pada KP ini mimin ditugaskan untuk membuat Web Sekolah dan mimin dan kawan-kawan meggunakan WEB CI ini.

Jadi ini dapat bermanfaat khususnya kalian yang sedang mencari informasi Cara Hosting Gratis CodeIgniter Web Sekolah ini. Yang perlu kalian siapkan yang pertama email google kemudian Web Sekolah atau Web CodeIgniter yang akan kita hosting guys.

Ok langsung saja kita coba praktekan dan mudah-mudahan ini bisa jadi tutorial sobat semua yang sedang akan belajar hosting gratis. Untuk bocoran kita akan menggunakan penyedia hosting gratis 000Webhost, jadi tentunya sangat mudah sekali guys.

Selain Hosting gratis pada 000Webhost ini kita juga diberikan domain gratis yang tentunya satu paket dengan hosting nya guys. Untuk lebih jauhnya kita langsung coba guys untuk caranya akan mimin sampaikan pada tutorial dibawah ini.

Cara Hosting Gratis CodeIgniter Web Sekolah dari 000Webhost!!

Cara Hosting Gratis CodeIgniter

  • Step pertama kalian harus daftar terlebih dahulu dari situs resminya klik disini selanjutnya silahkan lakukan pendaftaran dengan email dan facebook kamu. Karena dengan login google plus akan dihapuskan otomatis kalian harus mulai daftar dengan cara lainya.
Cara Hosting Gratis CodeIgniter Web Sekolah
  • Step berikutnya kalian buat Website terlebih dahulu lalu pilih yang ke-3 dengan klik Unggah Website Sendiri. Selanjutnya akan dibawa kehalaman penyimpanan file web kamu guys langsung sajah upload Web Sekolah kamu pada halaman file webhost nya.
Cara Upload Web Code Igniter Web Sekolah
  • Step berikutnya pastikan File Web Sekolahnya telah siap upload pada gambar diatas mimin pribadi sudah meng uploadnya. Step berikutnya klik Upload Files lalu klik Select Files kemudian cari file webnya dan pastikan sudah kalian buat format file zip.
Cara Upload File Web CodeIgniter Web Sekolah
  • Step berikutnya tinggal upload saja dengan klik open untuk memulai mengunggah ke Website yang telah kalian buat sebelumnya. Jika telah selesai kalian langsung extract file web nya kemudian pindahkan ke folder publis_html. Jadi walau awalnya dalam bentuk rar folder kalian harus memindahkannya agar web kalian langsung terindex.

Cara Kelola Database di Hosting Gratis 000webhost

Cara Kelola Database CodeIgniter Web Sekolah dari 000webhost
  • Step diatas kita telah berhasil meng upload file webnya ke file manager step tersebut belum selesai karena masih ada lagi upload database dan seting di scriptnya. Tentunya itu harus dilakukan agar web kamu berhasil diupload ke 000Webhost. Untuk caranya klik di kelola database kemudian klik database baru.
cara kelola database di000webshost
  • Step berikutnya buat database kalian mulai dari nama, username dan password mimin pribadi membuat database baru lagi dengan nama websekolah. Step berikutnya langsung buat dengan klik buat tunggu beberapa detik lalu sobat langsung klik kelola pilih phpmyadimin.
Cara Import Database dari Php Myadmin
  • Ok sampai step ini hampir selesai step berikutnya kalian tinggal membuat database atau jika sudah membuatnya langsung import saja. Untuk lebih jelasnya dapat langsung kalian peraktekan dan lihat pada gambar diatas ini mimin sudah buatkan.
cara import database hosting gratis
  • Step berikutnya klik database web sekolah kemudian klik import pada nama database web sekolah tadi step selanjutnya silahkan impor filenya. Sampai step ini telah selesai tinggal klik Go untuk memproses impor database kalian guys.
cara import database di hosting gratis webhost
  • Samapi step ini kalian sudah berhasil mengimport database yang sebelumya telah kalian buat untuk tahapan selanjutnya tinggal konfigurasi pada script di file managernya. Ok kita lanjutkan pada step berikutnya.

Cara Konfigurasi Hosting Web CodeIgniter dari 000Webhost

Cara Konfigurasi Hosting Web CodeIgniter dari 000Webhost

  • Step pertama klik kelola web kemudian masuk pada file manager lalu klik unggah file sekarang seperti step diawal-awal tadi. Selanjutnya kita lakukan konfigurasi hosting Web CodeIgniter nya dengan klik pada folder public_html>kemudian klik Application> lalu klik folder config> untuk lebih jelasnya lihat pada gambar dibawah ini.
cara configurasi hosting di 000webhost
  • Step berikutnya silahkan ikuti langkah diatas untuk masuk pada file konfig untuk merubah index nya dari localhost kita rubah kedomain gratis yang telah kita buat diawal. Seperti pada konfigurasi scriptnya dibawah ini tinggal menggantinya domain dari 000Webhost.
Cara Konfigurasi Hosting di 000Webhost
  • Step ini kalian hanya tinggal mengganti base_url menjadi domain kalian yang telah dibuat sebelumnya pada saat pertama daftar di 000Webhost jika sudah klik Save. Untuk lebih jelasnya dapat kalian lihat seperti pada gambar atas ini silahkan dipraktekan langsung guys.
configurasi database di 000Webhost
  • Step berikutnya kalian lakukan konfigurasi database di file database.php seperti pada gambar diatas ini untuk lebih jelasnya kalianlangsung praktekan. Untuk hostname isi dengan localhost, username dan password silahkan isi dengan database kalian yang telah dibuat. Jika semuanya sudah dikonfig tinggal klik Save & Close.
Cara Konfigurasi PHP di 000Webhost
  • Step terakhir ini yang paling penting karena web kalian akan error jika belum merubah pengaturan versi PHP yang digunakan untuk pembuatan web codeigniter. Untuk itu silahkan kalian rubah versi PHP nya sesuai yang kalian gunakan.
cara konfigurasi php di 000Webhost
  • Langsung sajah scroll kebawah untuk merubah versi php nya mulai versi 5.5 hingga yang terbaru yaitu versi 7.1 silahkan disesuaikan. Ok step terakhir kalian tinggal klik dimenu halaman tetapkan web addreess kemudian tinggal klik didomainnya.
domain gratis webhost
  • Step berikutnya kalian tinggal klik pada domain yang telah dibuat untuk melihat hasil web codeigniter web sekolah kalian. Untuk hasilnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini guys silahkan berarti konfigurasi hosting kita berhasil.
Konfigurasi Hosting dari 000Webhost

Kesimpulan

Itulah Cara Hosting Gratis CodeIgniter Web Sekolah dari 000Webhost, kalian bisa upload file web, konfigurasi web, import database dan konfigurasi versi php pada tutorial ini. Silahkan diperaktekan selamat mencoba. Terima kasih semoga bermanfaat
Share This :