Inilah 5 Cara Mengetahui Berita Hoax Atau Bukan!

Inilah 5 Cara Mengetahui Berita Hoax Atau Bukan!
Artikel Lainnya
Jangan sampe anda kemakan dengan berita bohong dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab di sosial media dan situs berita lainnya. Orang cerdas tentunya akan teliti dan mencari tahu kebenaran berita dan video yang tentunya sangat sensasional provokatif.

Sudah banyak berita Hoax atau berita bohong khusus nya di Indonesia ini yang tentunya sangat merugikan sekali untuk semua orang yang langsung menelan mentah-mentah dari berita yang di sebarkan yang belum tentu kebenarannya.

Berita Hoax saat ini tidak hanya melalui situs berita akan tetapi sudah diarahkan ke video yang tentunya sangat membahayakan sekali untuk para pembaca dan penyimaknya. Yah tentunya berita hoax sudah tidak asing lagi akan tetapi yang paling parah yang divideo.

Yang menurut mimin paling membahayakan yang melalui video karena ditayangkan langsung dengan faktanya tetapi disana dimanfaatkan untuk membuat berita yang sensasional provokatif. Dimana pada video tersebut diedit atau dihilangkan bagian terpenting lainnya.

Tentunya itu akan membuat salah pengertian yang ujung-ujungnya menjadi berita yang tidak benar dan sangat tidak berfaedah untuk publik. Oleh karena itu mari kita cari tahu cara mengetahui berita Hoax atau Bukan.

Inilah 5 Cara Mengetahui Berita Hoax Atau Bukan!

Cara Mengetahui Berita Hoax
Sumber Gambar : www.kariry.com

1. Kenali Judul Provokatif

Judul yang sensasional provokatif harus kalian ketahui guys semisal dalam judul berita tersebut dengan menuding jari ke pihak tertentu. Jangan terkeco karena isinya pun meraka ambil dari berita media resmi seperti detik.com, okezone, liputan6 dsb. Hanya sajah meraka mengubahnya agar menimbulkan persepsi sesuai keinginan sang pembuat berita bohong itu guys. 

Jadi jika kalian menemukan berita dengan Judul Provokatif sebaiknya jangan cepat mudah percaya, Kenaki judul nya akan jauh lebih baik dengan mencairi tahu dari media situs berita resmi. Yang kamu coba cocokan dengan judul yang berbau hoax tersebut. Jangan sampe kalian malah mem bagikan atau mempostingkan ulang di media sosial dengan berita bohong tadi guys.

2. Cari Tahu Alamat Situs Berita

Ini yang paling sering tegaskan alamat situs berita terkadang orang yang tidak tahu langsung percaya sajah padahal alamat situs berita itu sangat penting. Tentunya alamat situs berita itu mendefinisikan media resmi terpercaya untuk sebuah berita yang disampaikan.

Tentunya dengan mencari tahu alamat berita ini ketika menemukan situs dengan domain baru semisal portal berita yang baru dikenal itu patut dicari tahu guys. Karena alamat situs berita itu paling penting dan mudah diketahui itu berita hoax atau bukan. 

Misal masa kalian percaya dengan berita dengan alamat situs nya www.namadomain.blogspot.co.id. Jujur nih senangberbagi ajah itu memang blogspot. Namun untuk membuat artikel yang resmi mimin harus mendaftarkan nama domain.id dan itu memerlukan bayaran dan syarat tertentu untuk mendapatkannya. Jadi intinya alamat situs berita yang asal-asalan tidak akan bertanggung jawab dari apa yang mereka buat untuk publik hanya akan membuat orang lain tersesat dengan beritanya.

3. Cek Fakta dari Berita

Ok ini yang perlu kalian cari tahu guys jika belum tahu fakta dari berita yang berbau provokasi sebaiknya kalian jangan berani-berani membagikan ulang apalagi berani mengambil kesimpulan. Karena ini sangat berbahaya guys, sudah banyak sekali orang yang terjerat Undang-Undang ITE karena tidak mengecek terlebih dahulu fakta kejadian yang sebenarnya.

Akhir-akhir ini ajah ada berita hoax dimana seorang penjual batagor sengaja mengambil gambar foto, video kemudian dia upload ke media sosial yang terlansir dari news.detik.com Sabtu(2/2/19). Nah dari inilah dia sudah termasuk melanggar UU ITE karena dia juga nggak tahu Faktanya dan akhirnya dia terjerat pelanggaran UU ITE. 

Kalau tidak percaya silahkan cari tahu guys berita hoax nya seperti yang dikutif dari news.detik.com unjuk rasa warga negara asing di Morowali. Padahal faktanya bukan seperti itu melainkan itu Video demo buruh lokal dengan tuntutan kenaikan gaji sesuai dengan upah minimum daerah. Seperti yang terlansir dalam situs kaltim.tribunews.com Sabtu(2/2/19). 

Jadi hati-hati guys dengan berita yang ada mimin juga terkadang harus ektra hati-hati dalam pembuatan artikel karena itu sangat beresiko sekali guys. Khusus nya artikel yang berbau politik, kontroversi dan akan melibatkan banyak orang guys. Artikel yang mimin buat kalau ngambil dari luar juga harus ada sumber resminya agar orang tidak menganggap berita hoax dsb.

4. Cek Kebenaran Foto dan Video

Ok ini juga yang paling hangat berita hoax nya diamana ada sepanduk abal-abal yang mengaitkan dengan Partai Solideritas Indonesia. Tulisan  yang terlihat pada gambar sepanduk itu adalah Hargai Hak-Hak LGBT seperti yang terlansir dari laporan berita Hoax, news.detik.com Sabtu(2/2/19).

Jadi buat kalian yang mengetahui Gambar Foto, Video yang diambil harus mengetahui atau mengecek kebenarannya. Salah-salah kalian akan dilaporkan dengan tuntutuan nantinya menyebar berita hoax dan melanggar UU ITE. Oleh karena itu mulai sekarang sebaiknya jangan mudah percaya cek kebenaran Foto dan Video wajib dilakukan agar tidak salah dalam penyampaian persepsi.

5. Bergabung dengan Gruf-Gruf Anti Hoax

Kalian tentunya bisa bergabung dengan Komunitas dan Gruf Anti Hoax di sosial media salah satunya adalah Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax. Tentunya dengan seperti itu kamu bisa mencari tahu kebeneran berita yang kamu terima atau yang akan kamu bagikan. Silahkan diskusi dari berita yang kamu dapatkan dan klarifikasi dari berita hoax yang sudah ada. Sehingga kamu tidak mendapatkan beerita yang tidak jelas sumber dan faktanya.

Jadi Jangan sampe kalian sama-sama menyebarkan berita tanpa tahu sumber nya, tanpa tahu faktanya, tanpa tahu keasliannya. Jangan sampe sahabat senang berbagi melanggar itu guys karena akan merugikan banyak orang akan membuat orang salah persefsi dsb.

Kesimpulan

Itulah 5 Cara Mengetahui Berita Hoax Atau Bukan, buat kalian yang peduli dengan Indonesia sebaiknya jangan menghancurkan Indonesia dengan berita-berita bohong. Yang tentunya ini akan membuat saling fitnah, hasut, hoax dsb.
 
Jangan sampe dengan berita bohong kalian tersesat mimin pribad terkadang mudah percaya tetapi dengan ke-5 cara tersebut mimin juga sedikit terarahkan. Jadi jangan malas dalam membaca artikel, berita selagi itu bermanfaat guys. Ok terima kasih semoga bermanfaat untuk sahabat senang berbagi

sumber :kominfo.go.id
Share This :