Inilah Cara Melakukan Pendaftaran PPDB Secara Online Tahun 2019

Inilah Cara Melakukan Pendaftaran PPDB Secara Online Tahun 2019
Artikel Lainnya
Halo guys, pendaftaran PPDB secara online akan segera dimulai dalam penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 ini untuk calon tingkat SD, SMP dan SMA. Sistem ini dirancang untuk melakukan otomasi seleksi peserta didik baru, mulai pendaftaran hingga hasil/pengumuman.


Untuk melakukan pendaftaran PPDFB secara online Terbaru 2019 ini terdapat situs untuk mendaftar disekolah-sekolah yang diinginkan oleh calon peserta didik baru. Situs tersebut bernama siap PPDB Online yang diranacang unyuk melakukan otomasi pelaksanaan PPDB Online.


Situs PPDB online tersebut terdapat proses pendaftaran, seleksi hingga hasil pengumuman seleksi berbasis real time. Ok untuk mematuhi peraturan pemerintah sesuai ketentuan menteri pendidikan kebudayan (permendikbud) nomor 14 tahun 2018.

Peraturan Pemerintah Mentri Pendidikan dan Kebudayaan No.14 Tahun 2018

Cara Melakukan Pendaftaran PPDB Secara Online Terbaru 2019
Sumber Gambar : jogja.tribunnews.com

1. Persyaratan Umur

Untuk SD Minimal 6 Tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan, namun diharuskan calon siswa berumur tujuh tahun. Sekolah juga mewajib menerima peserta didik baru yang berusia 7 tahun tepi jika baru 6 tahun dengan syarat memiliki kecerdasan istimewa dan kesiapan psikis yang dibutuhkan.

Untuk SMP calon peserta didik baru paling tinggi 15 tahun dan memiliki ijazah atau surat tanda tamat belajar (STTB) SD. Untuk SMA siswa harus berusia maksimal 21 tahun selain memiliki STTB SMP juga harus memiliki SHUN SMP.

Tambahan syarat tersebut juga harus dibuktikan dengan akta kelahiran atau surat keterangan lahir yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang dan dilegalisir oleh lurah setempat. Jadi peraturan ini harus disiapkan guys untuk mendaftar PPDB secara online Tahun 2019 ini.

2. Biaya

Biaya dalam pelaksanaan PPDB pada sekolah yang menerima bantuan operasional sekolah (BOS) yang dibebankan kepada BOS. Selain itu biaya daftar ulang yang akan dilakukan setelah calon peserta didik baru diterima tidak akan dipungut biaya.

3. Jadwal

Jadwal dan ketentuan pendaftaran PPDB secara online ditetapkan sesuai daerah masing-masing, tergantung kebijakan pemerintah daerah melalui dinas pendidikan setempat. Proses dari tahapan pengumuman pendaftaran, penerimaan peserta didik dan daftar ulang disekolah harus secara terbuka.

4. Tata Cara Pendaftaran

Untuk tata cara pendaftaran, orang tua dapat melakukan pendaftaran PPDB 2019 secara online dengan mengunjungi situs www.siap-ppdb.com. Silahkan para orang tua dapat melakukan pendaftaran melaui laptop, komputer atau dari smartphone masing-masing.

Cara Mudah Melakukan Pendaftaran PPDB 2019 dari Situs Siap PPDB 

Cara Mudah Melakukan Pendaftaran PPDB 2019 dari Situs Siap PPDB
  • Step pertama anda masuk disitus resminya klik disini www.siap-ppdb.com jika sudah masuk disitus resminya seperti pada gambar diatas ini. Langsung klik login untuk masuk dan yang belum mendaftar nanti kita lakukan pendaftaran.
Cara Melakukan Pendaftaran PPDB Secara Online Tahun 2019
  • Untuk melakukan pendaftaran anda cukup klik daftar baru seperti pada gambar diatas ini yang sudah saya beri tanda panah. Nanti anda akan dibawa kehalaman pendaftaran dengan mengisi yang pertama adalah Email anda silahkan isi lalu klik lanjut.
cara daftar disitus siap ppdb online 2019
  • Step berikutnya jika sudah mendaftarkan email lalu isi Nama lengkap, jenis kelamin, tanggal lahir dan pilih siapa yang mendaftar akun ini. Jika seorang guru silahkan pilih guru tetapi jika orang tua silahkan pilih orang tua lalu klik lanjut.
cara membuat kata sandi di situs Siap PPDB Online 2019
  • Jika sudah anda langsung isi bagian password atau kata sandi pastikan menggunakan karakter huru besar kecil dan juga angka. Jika sudah tercek list anda isi kode captch tersebut seperti pada gambar diatas ini lalu klik lanjut.
Cara Melakukan Verifkasi Pendaftaran PPDB Online 2019
  • Step selanjutnya anda isi kode aktifasi seperti pada gambar diatas ini untuk mengisi kode aktifasi bisa masuk diemail yang didaftarkan sebelumnya. Atau kalian juga bisa klik link aktifasi pada email yang didaftarkan untuk aktifasi akun anda.
aktifasi kode dari situs siap ppbd online
  • Step ini silahkan anda selesaikan untuk aktifasi akun siap ppdb online 2019 untuk yang warna merah dijadikan untuk link aktifasi langsung. Selain itu kamu bisa meng copy kode aktifasi kekolom verifikasi tadi jika sudah langsung klik lanjut.
cara daftar disitus online ppdb 2019
  • Selamat kamu telah bergabung disitus SIAP PPDB Online 2019 untuk melengkapi profil kamu silahkan klik melihat dan melengkapi profil anda. Silahkan lengkapi profil kamu buat juga username anda untuk melengkapi pendaftaran SIAP PPDB 2019.
  • Ini merupakan halaman dasboar layanan TELKOM SIAP ONLINE, akan tetapi sesuai situs siap ppdb wilayah yang tergabung dalam PPDB hanya 6 provinsi di Indonesia. Yaitu meliputi DKI Jakarta, Sumatra Selatan, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Banten dan Kalimantan Tengah.
  • Sementara untuk Kabupaten dan kota terdapat 29 wilayah yaitu, Kota Palembang, tegal, Tanjung Pinang, Serang, Grobongan, Pekan Baru, Bandar Lampung, Cilegon, Banjarbaru, Salatiga, Batu, Padang Sidempuan, Jambi, Bogor, Bintan, Tarakan, Kupang, Bojonegoro, Malang, Samarinda dan Demak.

Situs Untuk Melakukan Pendaftaran PPDB 2019 Secara Online Tahun 2019 dari 6 Provinsi 


Situs Siap PPDB Provinsi DI Yogyakarta
Provinsi Jawa Tengah
Provinsi Kalimantan Tengah
Sumatera selatan situs daftar PPDB Online 2019

Pendaftaran Online PPDB Secara Online
Untuk Provinsi DKI Jakarta sudah semua jalur dibuka untuk pelaksanaan PPDB secara online 2019 ini mulai dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), SMA dan SMK. Tentu kedepannya diharapkan sudah sama semuanya bisa melakukan PPDB Secara Online.

Kesimpulan

Itulah Cara Melakukan Pendaftaran PPDB Secara Online Tahun 2019 silahkan dibagikan dan di ikuti baik peraturan dan juga langkah-langkahnya. Tentunya diharapkan dengan adanya PPDB secara online ini akan mempermudah proses Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2019 ini. Terima kasih semoga bermanfaat :)
Share This :