Niat Puasa Syawal, Puasa 6 hari setara 1 tahun jika dikerjakan!

Niat Puasa Syawal, Puasa 6 hari setara 1 tahun jika dikerjakan!
Artikel Lainnya
Agama islam begitu indah untuk semua muslim yang ikhlas mengikuti sunah dan mengerjakan kewajibannya untuk selalu beribdah kepada sang maha kuasa Allah SWT. Tentunya sobat mencari informasi khusus yang belum hapal Niat Puasa Syawal ini.

Puasa 6 hari setara 1 tahun jika dikerjakan tentunya ini memiliki hadist yang dapat dipertanggung jawabkan seperti yang dikutip dari muslim.or.id. Yang dapat dilihat dari sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Dari sahabat Abu Ayyub A; Anshoriy, beliau shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda.

Niat Puasa Syawal, Puasa 6 hari setara 1 tahun jika dikerjakan!
Sumber Gambar : www.deskgram.net

HR. Muslim Puasa Syawal 6 hari

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

“Barang siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim).

Selain hadis sahih diatas masih ada hadis lainnya yang menganjurkan puasa syawal 6 hari dimana pahalanya seperti puasa penuh 1 tahun jika dikerjakan.

HR. Ibnu Majah dan dishohihkin oleh Syaikh Al Albani dalam Irwa'ul Gholil

مَنْ صَامَ سِتَّةَ أَيَّامٍ بَعْدَ الْفِطْرِ كَانَ تَمَامَ السَّنَةِ (مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا

"Baarang siapa berpuasa enam hari setelah hari Idul Fitri, maka daia seperti berpuasa setahun penuh. Barang siapa berbuat satu kebaikan, maka baginya sepuluh kebaikan misalnya (HR. Ibnu Majah dan dishohihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Irwa'ul Gholil)"

Niat Puasa Syawal

Dikutip dari tirto.id berikut adalah niatnya jika dibacakan pada malam hari.

 نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ الشَّوَّالِ لِلهِ تَعَالَى 
"Aku berniat puasa sunnah Syawal esok hari karena Allah SWT".

Untuk sobat senang berbagi yang tidak sempet bangun malem hari juga bisa menggunakan niat dibawah ini yang dapat dibacakan pada siang hari.
نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ الشَّوَّالِ لِلهِ تَعَالَى
"Aku berniat puasa sunah Syawal hari ini karena Allah SWT"

Akhir Kata

Itulah Niat Puasa Syawal, Puasa 6 hari setara 1 tahun jika dikerjakan, wallahualam dan mudah-mudahan bermanfaat buat temen-temen semuanya. Mohon maaf bila ada salah salah kata dalam penulisan hadis semoga allah memaafkan, ok terima kasih semangat terus. salam senangberbagi,.
Share This :