MASIGNASUKAv101
5320941777209838834

Tips Agar Rumah Aman dari Asap Kebakaran Hutan dan Lahan

Advertise

Advertise

Kebakaran hutan dan lahan sudah terulang kembali ditahun 2019 ini khususnya di Sumatera Selatan dan Kalimantan Barat. Tentunya sahabat kita disana sedang membutuhkan sekali bantuan kita namun apa daya kita dari sini hanya bisa berdoa. Mudah-mudahan tragedi kebakaran hutan dan lahan ini segera berakhir dan kita sama-sama meminta doa kepada sang maha pencipta agar segera berakhir.


Tentunya semua aktifitas seperti pendidikan, kesehatan, dan aktifitas sahabat kita disana sangat terganggu sekali dengan kabut asap yang semakin pekat. Kita tidak dapat menyalahkan siapapun yang mesti disalahkan yaitu manusia itu sendiri yang kurang peduli terhadap lingkungan sekitar.


Mungkin saat ini pemerintah sudah mengerahkan segala cara untuk memadamkan api yang terus menyebar dan membakar semua yang ada disekitarnya. Saat ini juga banyak sahabat kita, ade-ade kita yang butuh sekali pertolongan dan mudah-mudahan allah SWT menjaga kalian semua. Berikut adalah tips yang mungkin sedikit dapat membantu sahabat kita disana melawan Asap kebakaran.

Inilah Tips Agar Rumah Aman dari Asap Kebakaran Hutan dan Lahan

Tips Agar Rumah Aman dari Asap Kebakaran Hutan dan Lahan
Sumber Gambar : instagram.com/kemenkes_ri

1. Menutup Pintu dan Jendela

Tentu ini langkah awal yang dapet temen-temen lakukan yaitu menutup jendela dan pintu rumah temen-temen khususnya sahabat kita yang ada di Sumatera dan Kalimantan. Asap Kabut tentu dapat membawa partikel berbahaya lewat udara yang masuk lewat pintu dan jendela kamu sebelum masuk lewat pernapasan. Jadi sahabat silahkan coba tips ini untuk menjaga rumah teman-teman semua terhindar dari bahaya Kabut Asap dari kebakaran Hutan dan Lahan.

2. Menutup Celah yang Ada dengan Kain Basah

Kain basah mampu menyaring udara yang masuk kerumah temen-temen dengan menutup lubang celah walaupun sedikit sangat diperlukan sekali guys. Tentu tips ini sangat efektif agar asap tidak langsung masuk kedalam rumah dari celah-celah yang ada melainkan disaring terlebih dahulu oleh kain basah tadi.

3. Hidupkan AC Atau Kipas Angin

Untuk menjaga sirkulasi udara silahkan temen-temen nyalakan AC atau Kipas angin tentu dengan itu akan membuat dalam rumah kamu lebih nyaman lagi. Manfaatkan juga tirai yang basah fungsinya sama seperti kain basah tadi jadi silahkan dicoba tips nya guys.

4. Hindari Aktifitas Merokok, Membakar sampah dll

Tentu aktifitas yang satu ini kamu harus menghindarinya karena akan menambah asap yang tersebar disekitar rumah kamu bahkan didalam rumah kamu guys. Jadi silahkan menghindari aktifitas merokok, membakar sampah dan aktifitas yang memicu asap lainnya.

5. Manfaatkan Tanaman dalam Rumah 

Jika kamu menanam tanaman dalam pot air silahkan manfaatkan tanaman ini untuk menambahkan jumlah O2 dan menyerap Co2. Yang dapat kamu tanam dalam rumah sebaiknya seperti tanaman ludah mertua, lili paris, sirih gading dan suplir silahkan dapat kamu coba guys.

6. Manfaatkan Aquarium dalam rumah

Dengan meletakan Aquarium didalam rumah aquarium yang berisikan air, diberi ganggang dan kamu pasangi lampu LED akan membantu juga kelembaban udara sekaligus mengurangi CO2. Silahkan tips ini dicoba guys.

7. Menerapkan Prilaku Hidup bersih dan Sehat

Temen-temen dapat menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat seperti membersihkan tangan dengan sabun, menutup tempat penampungan air. Selain itu membersihkan sayuran dan buah-buahan dengan mencucinya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi dan menyediakan obat-obatan esensial dirumah. Tentu tips ini dapat kamu gunakan guys untuk melawan asap kabut kebakaran hutan dan lahan.

Akhir Kata

Itulah Tips Agar Rumah Aman dari Asap Kebakaran Hutan dan Lahan (Khusus Sahabat Kita di Sumatera dan Kalimantan). Semoga bermanfaat dari tips yang disampaikan diatas jangan lupa menjaga terus kesehatan dan melewan asap kabut tersebut. Ok terima kasih

Sumber :
cnnindonesia.com
instagram.com/kemenkes_ri