MASIGNASUKAv101
5320941777209838834

4 Objek Wisata Maluku Utara yang Indah nan Populer

Advertise

Advertise

Objek Wisata Maluku Utara

Ada banyak objek wisata Maluku Utara yang bisa kamu kunjungi di kala liburan tiba. Tentu saja dengan pemandangan yang begitu indah nan memanjakan mata. Berbicara soal Maluku Utara, provinsi ini merupakan provinsi pemekaran Maluku yang pertama kali berdiri pada 4 Oktober 1999. Datang ke Maluku Utara, maka kamu wajib untuk menyempatkan diri berkunjung ke beberapa destinasi wisata yang ada di sini.

Tempat wisata yang ada di provinsi ini beraneka ragam tentunya, baik wisata alam, wisata pantai, wisata sejarah, maupun yang lainnya. Tidak lupa juga terdapat penginapan yang bisa kamu tempati jika ingin berlibur dalam jangka waktu lebih dari satu hari. Kamu bisa naik pesawat untuk menuju ke Maluku Utara dengan turun di bandar udara yang terdapat di Ternate.

Rekomendasi Objek Wisata Maluku Utara yang Wajib Kamu Kunjungi

Langsung saja, berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata yang berlokasi di provinsi Maluku Utara. Yuk, disimak!

1. Pantai Sulamadaha

Salah satu tempat wisata di Ternate Maluku Utara adalah Pantai Sulamandaha. Pantai ini paling terkenal di Ternate dan juga sudah begitu populer di mata turis-turis asing. Hanya berjarak 30 menit dari pusat kota Ternate, kamu sudah bisa menikmati indahnya surgawi pantai yang terletak di timur Indonesia ini.

Pantai ini berbentuk huruf U dan memberikan kesan tersendiri. Terutama bagi mereka yang baru pertama mengunjunginya. Tak hanya itu saja, kamu juga dapat menemukan laut indah dengan gradasi warna biru hijau yang begitu mempesona. Sungguh, keindahan alam yang luar biasa.

2. Gunung Gamalama

Gunung Gamalama berlokasi di Maluku Utara mitosnya harus didaki oleh orang-orang dengan jumlah genap. Bentuk gunung yang satu ini adalah kerucut dan merupakan seluruh bagian dari pulau Ternate. Selain unik karena bentuknya, gunung Gamalama ternyata mempunyai kisah sejarah yang cukup panjang.

Nama Gunung Gamalama berasal dari kata Kie Gam Lamo yang artinya “Negeri yang Besar” dan menjadi simbol kebesaran bangsa yang mendiami Pulau Ternate. Tercatat sudah lebih dari 60 kali gunung yang satu ini mengalami letusan. Mau mendaki Gunung Gamalama? Kamu bisa melakukannya secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun!

Baca juga : nama-nama rumah adat Kalimantan Selatan

3. Benteng Talukko

Objek wisata Maluku Utara berikutnya adalah Benteng Talukko yang merupakan wisata sejarah. Benteng ini merupakan peninggalan dari Panglima Portugis pada tahun 1540 dan kini telah mengalami perbaikan. Lokasi Benteng Talukko berada di kota Ternate, tepatnya di kelurahan Sangaji Utara

Konon katanya, ketika kamu masuk ke dalam tersebut terdapat jalan masuk menuju ke suatu pantai. Namun apapun itu, Benteng ini bakal selalu menjadi bangunan penuh sejarah, terkhusus bagi masyarakat Ternate Maluku Utara.

4. Museum Kedaton Sultan Bacan

Dahulunya museum ini merupakan bangunan Kesultanan Ternate dan kini telah dialihfungsikan menjadi museum. Lokasi museum ini berada di Bukit Limau, Jalan Sultan Khairun, Kelurahan Sao Sio, Ternate Utara. Di dalam museum, kamu bisa menemukan berbagai peninggalan dari Kesultanan Ternate dan sisa-sisa perang Orang Eropa di Maluku Utara pada masa lampau.

Tak hanya itu saja, di dalam Museum Kedaton juga terdapat sebuah mahkota yang unik dan juga sakral. Mahkota tersebut memiliki rambut yang dapat tumbuh layaknya manusia. Karena hal itulah, rambut tersebut perlu dipotong dan diadakan upacara yang begitu sakral. Waw, sangat menarik bukan?

Baca juga : rumah adat Bali

Itulah dia beberapa objek wisata Maluku Utara yang begitu mempesona. Pastikan kamu menjadi wisatawan yang baik dengan tidak meninggalkan jejak yang buruk ketika telah pergi dari Maluku Utara. Mari, jaga pariwisata yang ada di Indonesia!
Firdaus Deni Febriansyah

Dengan menulis, ada banyak hal yang bisa kita bagikan