MASIGNASUKAv101
5320941777209838834

8 Aplikasi Edukatif pada Gadget untuk Anak

Advertise

Advertise

Aplikasi Edukatif untuk anak

Seperti apa yang sudah saya jelaskan sebelumnya, gadget bisa saja memberikan manfaat bagi anak jika digunakan secara bijak. Salah satu wujud dari manfaat tersebut adalah dari permainan atau aplikasi yang ada pada gawai tersebut. Orang tua sesungguhnya tak perlu benar-benar melarang anak untuk bermain permainan di ponsel. Asal dilakukan secara wajar, sesungguhnya hal tersebut bukanlah masalah yang berarti.

Berbicara soal aplikasi edukatif, orang tua bisa mengunduhnya untuk anak secara gratis di google play store. Jadi, orang tua tak perlu khawatir kehilangan banyak uang hanya untuk membuat anak senang. Sebab yang gratis pun sudah menawarkan permainan yang sangat menarik. (Baca juga : manfaat gadget).

Aplikasi Edukatif pada Gadget untuk Anak

Apa saja aplikasi dan permainan tentang edukasi yang bisa orang tua download untuk dimainkan anak-anak? Berikut beberapa rekomendasinya :

1. Duolingo

Duolingo merupakan sebuah aplikasi yang membuat anak bisa belajar berbagai bahasa asing. Diantaranya yaitu bahasa Inggris, Jerman, Italia, Spanyol, Belanda, Korea dan masih banyak lagi. Tentu saja belajar melalui aplikasi Duolingo tidak membuat anak merasa bosan, bahkan sangat tertarik untuk mempelajarinya.

2. All in 1

All in 1 merupakan permainan edukasi anak yang diciptakan oleh RC multimedia. Aplikasi ini sangat bermanfaat bagi anak karena mengajarkan mereka tentang huruf, angka, nama-nama binatang dan masih banyak lagi yang lainnya. Jadi anak bisa bermain sekaligus belajar dari sebuah ponsel cerdas.

Baca juga : aplikasi populer 2018.

3. Gradeproof

Gradeproof merupakan aplikasi edukatif pada gadget yang berguna untuk meningkatkan kemampuan menulis. Aplikasi ini bakal membantu anak untuk meningkatkan gaya Tulisannya. Tak hanya itu, aplikasi gradeproof juga dapat memeriksa orisinalitas tulisan, dan juga mengidentifikasi masalah tata bahasa. Anak-anak anda bisa menikmatinya secara gratis.

4. Marbel Belajar Warna

Melihat dari namanya tentu anda tau tentang aplikasi yang satu ini. Marbel belajar warna merupakan sebuah aplikasi yang bisa digunakan anak-anak untuk mengenali warna sejak dini. Sudah pasti pembelajarannya sangat menarik karena diselingi dengan permainan ringan dan suara-suara yang menarik perhatian anak.

Baca juga : aplikasi browser internet Terbaik.

5. ABC Belajar Membaca

Apabila anak anda masih belum mengenali huruf, aplikasi ini sangat cocok untuk membuat anak menjadi lebih kenal huruf hingga akhirnya bisa membaca. Dalam aplikasi ini terdapat permainan menyenangkan sehingga bisa menumbuhkan minat belajar anak.

6. Belajar Bahasa Inggris Anak

Ingin anak jago berbahasa Inggris? Orang tua wajib untuk menginstall aplikasi ini agar digunakan dan dipelajari oleh sang anak. Ada banyak topik-topik pembelajaran yang diajarkan pada aplikasi yaitu mengenal benda-benda dalam bahasa Inggris hingga menuliskan huruf dan angka.

7. Crossword Puzzle

Crossword Puzzle merupakan permainan khusus anak pada gadget yang bisa membuat mereka menambah pengetahuan. Permainannya berupa teka-teki silang dan anak juga bisa mempelajari beberapa hal lainnya seperti menulis, membaca, belajar bahasa Inggris dan masih banyak lagi yang lainnya. Anak usia 3-10 tahun sangat cocok memainkan game yang satu ini.

Baca juga : Hati-hati, bahaya gadget untuk anak!

8. Pinkfong Numbers Zoo

Pinkfong Numbers Zoo merupakan sebuah permainan khusus anak-anak yang cocok dimainkan anak hingga usia 5 tahun. Dengan game ini membuat anak bisa berhitung dari angka 1 hingga 100. Tak hanya itu saja, anak juga belajar banyak hal lainnya. Apabila berhasil menyelesaikan 1 aktivitas maka berhak mendapatkan stiker binatang menggemaskan. Bagaimana, sangat menarik bukan?

Jadi itulah beberapa aplikasi edukatif yang bisa dimainkan oleh anak-anak sekaligus menjadi media pembelajaran yang bagus untuk meningkatkan kemampuan otak. Ingat, selalu gunakan gadget secara bijak dan pastikan orang tua selalu melakukan pengawasan kepada anak-anaknya.
Firdaus Deni Febriansyah

Dengan menulis, ada banyak hal yang bisa kita bagikan