Cara Bayar Pajak Kendaraan Motor Tanpa Nembak dengan Sambara dan Tokopedia

Cara Bayar Pajak Kendaraan Motor Tanpa Nembak dengan Sambara dan Tokopedia
Artikel Lainnya
Halo sahabat senang berbagi pada kesempatan kali ini mimin akan membagikan cara bayar pajak kendaraan motor tanpa nembak. Tentunya buat kamu yang belum mengatasnamakan STNK motor kamu sendiri akan ribet saat akan bayar pajak dan memilih malah melalui calo.

Nah disini mimin akan membagikan pengalaman mimin saat bayar pajak kendaraan motor tanpa nembak dengan menggunakan aplikasi sambara dan tokopedia. Saat itu memang motor yang dibeli masih atas nama orang lain tentunya sangat ribet saat akan bayar pajak tahunan ini.

Mimin juga malah coba nanyain ke sorum tempat mimin beli motor sebelumnya dan dia menawarkan bayar pajak kendaraan dengan cara nembak. Namun saya tanyakan harganya nambah 100 ribu + ongkos nya 20 ribu jadi ada biaya tambahan diluar bayar pajak tahunananya.

Ya alhasil mimin nekat dengan bayar pajak kendaraan motor sendiri tanpa melalui perantara calo karena lumayan juga uang 120 ribu buat jajan hihi. Nah untuk itu anda bisa mencoba cara mimin ini yang tentunya sudah mimin coba juga.

Cara Bayar Pajak Kendaraan Motor Tanpa Nembak dengan Sambara dan Tokopedia

Cara Bayar Pajak Kendaraan Motor Tanpa Nembak dengan Sambara dan Tokopedia
  • Step pertama kamu download aplikasi Sambara sebelumnya dari Google Playstore kemudian silahkan kamu buka untuk melakukan pengecekan tagihan pajak motor kamu. Jika sudah kalian tinggal buka dan lakukan pengecekan nomor pembayaran pajak kendaraan motor kalian.
cek info pembayaran pajak kendaraan motor tanpa nembak
  • Step selanjutnya temen-temen masuk dimenu Info PKB dan Kode Bayar lalu masukan No.Polisi dan Warna TNKB kemudian kalian klik cari. Setelah itu akan melihat halaman informasi mengenai motor anda.
bayar online pajak motor dengan aplikasi sambara
  • Step selanjutnya temen-temen klik lanjut daftar online dengan klik YA ok perlu diperhatikan untuk bayar VIA Online ini hanya untuk Bayar pajak taunan ya. Jadi untuk kalian yang mau bayar pajak + perpanjang plat nomor tentunya harus langsung ke kantor SAMSATnya ya.
bayar tagihan pajak dengan sambara
  • Step selanjutnya kalian isi mulai dari nomor NIK yang ada di STNKnya kemudian isi juga 5 digit terakhir dari nomor rangka motor anda. Jika sudah tinggal klik proses dan akan mendapatkan nomor bayar pembayaran pajak kendaraan motor kalian silahkan dicopy.
bayar tagihan kendaraan bermotor tanpa nembak dengan tokopedia
  • Step selanjutnya kalian buka aplikasi Tokopedia kalian kemudian klik dibagian top-up dan tagihan dan klik dimenu E-Samsat seperti pada gambar diatas. Jika sudah kalian tinggal mengisi nomor bayar nya seperti pada gambar dibawah ini.
bayar tagihan kendaraan motor dengan tokopedia
  • Step selanjutnya temen-temen pilih wilayahnya mimin disini diwilayah JABAR kemudian isi kode bayarnya lalu klik bayar. Selanjutnya silahkan lakukan pembayaran sesuai total pembayaran pada rincian pembayaran pajak motornya.
bayar pajak motor dari tokopedia
  • Selanjutnya temen-temen tinggal klik bayar maka akan muncul rincian pembayarannya seperti pada gambar diatas ini lalu klik bayar untuk memproses pembayaran. Silahkan lakukan pembayaran via rekening bank, alfamart dan metode pembayaran lainnya.
bayar pajak kendaraan dari tokopedia
  • Step selanjutnya tinggal print deh struk pembayaran dari Tokopedia seperti pada gambar diatas ini jika tidak tahu kalian dapat mengeceknya diemail masuk ya. Silahkan diprint kwitansi pembayaran dari Tokopedia untuk nanti masuk distep selanjutnya.

Cara Bayar Pajak Kendaraan Motor Tanpa Nembak + Biaya Pengesahan

  • Step selanjutnya setelah temen-temen bayar dengan Tokopedia silahkan foto copy juga KTP temen-temen beserta STNK yang aslinya. Kemudian silahkan pergi ke SAMSAT terdekat atau samsat keliling atau kantor cabang samsat terdekat kalian guys.
  • Jika sudah silahkan kasih tau ke Customer Service kalian akan melakukan bayar pajak kendaraan dengan memberikan informasi print dari tokopedia + foto copy ktp kalian. Ini biasanya menjadi penentu guys kalian harus pinter ngomong nya.
  • Jika CS bilang tidak bisa kalian jawab aja untuk plat nomor Non-B tentunya syaratnya tidak serumit plat nomor B jadi tinggal bukti dari Tokopedia + STNK dan Foto Copy KTP kalian. Jika kamu bisa ngomong nya biasanya akan diarahkan ke loket pembayaran untuk pengesahan.
  • Namun jika tidak bisa kalian akan diarahkan kembali kepengesahan dan disana ada Polisi nya juga gan tenang saja gak bakal ngapa ngapain. Tinggal serahkan saja STNK + Fotocopy KTP kalian biasanya ada biaya Rp25.000, mimin juga gak tau buat apa tapi kayanya buat pengesahan. Tidak masalah gan yang penting kita bisa bayar pajak kendaraan motor tanpa nembak ya kan lumayan juga hehehe.
  • Jika sudah sampai step ini kalian tinggal nunggu STNK kalian akan dicetak dan langsung guys tidak lama hanya 5 menitan akan dipanggil dan diberikan kembali STNK kalian. Tentunya jika sudah sampai step ini kalian berhasil membayar pajak motor tanpa nembak guys.
NB: Untuk temen-temen yang ingin menggunakan cara mimin sebaiknya persiapkan terlebih dahulu syarat-syarat diatas agar prosesnya berjalan lancar. Ingat juga hanya berlaku untuk bayar pajak kendaraan motor tahunan ya untuk selebihnya buka masuk distep yang mimin bagikan diartikel ini.

Artikel Lainnya : Cara Mudah Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Tahunan Terbaru 2019

Akhir Kata

Itulah Cara Bayar Pajak Kendaraan Motor Tanpa Nembak dengan Sambara dan Tokopedia, semoga bermanfaat guys untuk kalian semua. Jangan takut mencoba guys kecuali motor kalian tidak jelas pemiliknya kalau jelas dan hasil beli sendiri jangan takut bayar pajak sendiri ke SAMSAT. Untuk perpanjangan plat nomor sebaiknya langsung pindah nama guys biar tidak ribet lagi. Jadi disiapkan saja dananya karena lumayan juga biayanya. Ok Terima kasih semoga bermanfaat
Share This :