9 Makanan Khas Lampung Paling Enak dan Populer

9 Makanan Khas Lampung Paling Enak dan Populer
Artikel Lainnya
Makanan khas Lampung

Di ujung paling selatan pulau Sumatera, kamu bisa menemukan berbagai makanan khas Lampung. Tak kalah dengan makanan dari Medan, di Lampung juga kamu bisa menemukan beragam kuliner yang lezat dan menggugah selera. Makanan tersebut terdiri atas berbagai jenis mulai dari berbahan dasar ikan, kue, dan masih banyak lagi yang lainnya. Apa saja itu?

1. Seruit

Makanan khas Lampung yang pertama adalah Seruit yang merupakan makanan yang terbuat dari ikan bakar yang dipadukan dengan sambal terasi khas Bandar Lampung. Panganan ini menjadi hidangan wajib bagi suku Pepadun dan juga kerap dihidangkan di acara pernikahan, keluarga, dan keagamaan. Soal rasanya sangat pedas namun begitu nikmat saat dikonsumsi.

2. Bekasam

Di Lampung, kamu juga dapat menemukan makanan yang namanya Bekasam. Kuliner ini berupa hasil fermentasi rebung atau bambu muda dan dicampur dengan daging ikan. Namun Bekasam kini sudah mulai lama ditemukan karena proses pembuatannya cukup sulit. Tapi, kamu bisa menikmati lezatnya kuliner yang satu ini di Cikwo Resto & Coffee.

Baca juga : makanan khas Medan

3. Benjak Enjak

Benjak Enjak merupakan kue khas Lampung. Terbuat dari campuran beras ketan, pisang raja, gula, dan santan. Biasanya sering dihidangkan pada acara adat atau acara keluarga. Rasanya manis dan gurih sangat cocok dijadikan camilan sekaligus teman ngeteh atau ngopi. Masyarakat Lampung Selatan menyebut makanan ini dengan sebutan bebai makhing.

4. Gabing

Gabing merupakan Makanan khas dari Lampung yang terbuat dari batang kelapa muda. Batang ini diiris tipis dan direbus bersama bumbu dan rempah. Rasanya lezat dan aromanya sedap menggugah selera. Kamu bisa menambahkan jamur atau daging untuk menambah kenikmatan rasanya.

Baca juga : bahaya gadget untuk anak.

5. Pindang Lampung

Pindang Lampung juga merupakan salah satu makanan khas Lampung yang wajib kamu cicipi. Makanan ini berbahan dasar olahan ikan laut atau ikan air tawar seperti ikan bawal, ikan gabus, ikan baung, dan ikan patin. Biasanya kerap disajikan dengan tempoyak atau sambal terasi. Keduanya menghasilkan cita rasa terbaik yang dapat menggoyang lidah siapapun yang mengkonsumsinya.

6. Tempoyak

Selain bisa ditemukan di Sumatra Selatan, Tempoyak juga bisa kamu temukan di provinsi Lampung. Tempoyak merupakan makanan yang berasal dari olahan buah durian yang difermentasi. Aroma durian yang khas membuat siapapun ingin mengkonsumsinya. Selain itu, kamu tak perlu meragukan lagi tentang kelezatan makanan yang satu ini.

Baca juga : manfaat lidah buaya untuk kecantikan

7. Gulai Taboh

Gulai Taboh merupakan makanan khas Lampung yang berbahan dasar santan. Dapat dihidangkan dengan ikan laut dengan campuran sayur atau ikan sungai dan campuran tuba, soal rasa begitu sedap tentunya. Makanan ini secara turun temurun masih dikonsumsi hingga saat ini oleh Masyarakat Lampung daerah pedalaman dan juga kota.

8. Engkak

Engkak merupakan cemilan khas kota Lampung yang terbuat dari tepung beras ketan, santan, mentega, gula pasir, susu kental manis, dan juga telur. Rasa cemilan engkak manis dan cocok dijadikan sebagai teman ngeteh ataupun ngopi. Selain itu, makanan satu ini juga terkadang disajikan di acara hajatan sebagai pelengkap dari kue lapis.

9. Sekubel

Khusus kue khas Lampung yang satu ini biasanya kerap muncul pada bulan Ramadhan. Terbuat dari beras ketan dan santan lalu dibungkus dengan daun pisang untuk dikukus hingga matang. Selain rasanya yang enak, keunggulan lain dari makanan ini adalah tahan lama karena proses memasaknya yang cukup lama.

Bagaimana? Sangat menarik bukan? Yuk dicoba makanan khas Lampung tersebut dan bagikan kepada seluruh keluarga di rumah.
Share This :
Firdaus Deni Febriansyah

Dengan menulis, ada banyak hal yang bisa kita bagikan