7 Makanan Khas Medan Lezat nan Menggugah Selera

7 Makanan Khas Medan Lezat nan Menggugah Selera
Artikel Lainnya
Makanan khas medan

Makanan khas Medan wajib kamu buru ketika berkunjung ke Sumatra Utara. Soal rasa, tak perlu diragukan lagi kelezatannya. Ada yang manis, gurih, legit, dijamin membuat siapapun merasa ketagihan saat mengkonsumsinya. Nah, bagi kamu yang sedang atau akan berencana berkunjung ke kota Medan, jangan lupa membeli dan mengkonsumsi makanan khas kota Medan berikut ini :

1. Bika Ambon

Mungkin awalnya kamu menyangka jika bika Ambon berasal dari kota Ambon, Maluku. Jelas hal ini salah, karena nyatanya Bika Ambon itu berasal dari Medan, Sumatra Utara. Kue ini berwarna kuning dan terdapat lubang-lubang kecil pada permukaannya.

Terdiri atas berbagai varian rasa seperti coklat, keju, dan durian. Rasanya sudah barang tentu lezat dong. Oh ya, saya sarankan jika sudah membeli makanan ini segera dikonsumsi ya jangan lebih dari 4 hari.

2. Durian Medan

Nama makanan medan selanjutnya dari golongan buah-buahan yaitu buah durian Medan. Meski baunya menyengat tetapi ukurannya besar dan rasanya sangat lezat. Bahkan Presiden Joko Widodo pernah mencicipi langsung bush yang satu ini. Kamu bisa menemukan oleh oleh buah durian ini di berbagai tokoh bush atau tokoh oleh-oleh yang ada di kota Medan, salah satunya adalah Ucok Durian.

Baca juga : nama-nama pahlawan nasional dari Jawa

3. Bolu Merantai

Makanan khas Medan berikutnya adalah Bolu Merantai yang secara sekilas mirip seperti kue lapis dari Surabaya. Namun rasanya tentu berbeda, tidak kalah lezat dengan cita rasa manis nan legit berpadu jadi satu dalam satu mulut. Ada berbagai varian kue bolu Merantai yaitu kacang, keju, nanas, stroberi, abon, dan juga moccha. Kue khas Medan yang satu ini dapat kamu temukan salah satunya di Jalan Sisingamangaraja.

4. Lontong Medan

Makanan yang satu ini cocok dijadikan sebagai menu sarapan. Kamu dapat dengan mudah menemukannya di sepanjang jalan kota Medan. Lontong Medan berisikan lontong, tauco, sambal teri kacang, bumbu kacang, kuah sayur, dan juga kerupuk putih yang gurih dan juga renyah. Dengan harganya yang hanya 10 ribuan saja sudah bisa membuatmu merasa puas dan juga kenyang.

Baca juga : manfaat gadget untuk anak.

5. Rujak Kolam

Rujak Kolam juga merupakan salah satu Makanan yang dapat dengan mudah kamu temukan di kota Medan, Sumatra Utara. Rujak ini banyak dijajakan di dekat Kolam Deli, Medan dan memiliki rasa yang begitu lezat. Buah-buahan yang ada pada rujak juga bervariasi antara lain yaitu pepaya mengkal, jambu air, jambu biji, bengkuang, mentimun, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kamu pasti akan ketagihan setelah mengkonsumsinya

6. Mie Gomak

Orang Batak pasti sangat suka makanan yang satu ini. Jika diibaratkan, mie Gomak adalah spaghettinya orang Medan. Mie Gomak sangat mudah kamu dapatkan di wilayah Balige tepian Danau Toba. Yang membuat spesial, mie ini memiliki ukuran yang sangat besar dan tentunya punya cita rasa lezat tiada duanya. Selain dimakan langsung, mie Gomak juga bisa dimakan bersama kuah lontong atau bumbu kacang.

Baca juga : rumah adat Kalimantan Selatan

7. Teri Medan

Bagi kamu penikmat ikan teri sejati, bisa datang ke Medan dan coba membeli produk teri Medan yang banyak dijual di toko-toko. Sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga yang menunggu di rumah. Rasa asin dan gurih menjadi ciri khas dari panganan yang satu ini. Bisa kamu konsumsi bersama nasi hangat atau dibuat menjadi sambal teri.

Jadi, itulah beberapa makanan khas Medan yang wajib untuk kamu cicipi. Selamat mencoba dan selamat menikmati berbagai kuliner khas Medan, Sumatra Utara.
Share This :
Firdaus Deni Febriansyah

Dengan menulis, ada banyak hal yang bisa kita bagikan