MASIGNASUKAv101
5320941777209838834

Ketahui Beberapa Manfaat Gadget Untuk Anak

Advertise

Advertise

Manfaat gadget untuk anak

Ternyata tak selalu berbahaya, ada juga beberapa manfaat gadget untuk anak. Mungkin sebelumnya anda belum mengetahuinya dan bahkan sama sekali tidak menyangka tentang hal ini. Apapun yang ada di dunia ini selalu memiliki 2 sisi, sisi baik dan juga sisi buruk. Begitupun halnya dengan penggunaan gadget. Benda ini tak selalu memberikan dampak buruk kepada anak, jika digunakan secara wajar justru memberikan efek yang positif.

Tetapi kembali lagi, anda tidak serta Merta bisa memberikan kebebasan bagi anak anda untuk bermain gadget. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), balita diberi batasan menggunakan gadget paling lama 1 jam. Dan jika belum berumur 2 tahun anak tidak boleh menggunakan gawai terlebih dahulu.

Beberapa Manfaat Gadget Untuk Anak yang Harus Orang Tua Ketahui

Berikut ini beberapa benefit yang bisa didapatkan apabila anda memberi kesempatan anak untuk menggunakan gadget dalam jangka waktu yang wajar. Apa saja itu?

1. Merangsang Keterampilan Motorik

Gadget memang membuat terhambatnya keterampilan psikomotorik, namun hal ini tidak berlaku pada aspek motorik. Keterampilan ini bisa dilatih dengan memainkan permainan edukasi yang ada pada sebuah smartphone. Tentu saja jika tidak dilakukan dalam jangka waktu yang terlalu lama.

Pada saat bermain game, ada koordinasi mata dan gerakan tangga guna membuka aplikasi hingga bermain game. Dan saat bermain anak akan menggerakkan kursor ke berbagai arah dan hal ini secara tidak langsung merupakan bentuk pelatihan psikomotorik di masa pertumbuhan anak.

Baca juga : bahaya gadget untuk anak.

2. Mempermudah Komunikasi

Sesuai dengan fungsi gadget yang sesungguhnya, dengan menggunakannya maka anak lebih mudah terhubung dengan orang lain. Mengingat di sana terdapat fitur-fitur yang memungkinkan anak untuk bisa sms ataupun menelpon orang tuanya. Tentu saja, orang tua harus sedikit membekali mereka bagaimana cara menggunakan smartphone. Paling tidak mereka tau bagaimana cara menelpon orang lain.

3. Melatih Cara Berpikir

Manfaat gawai bagi anak selanjutnya dapat melatih cara berpikir mereka. Hal ini dikarenakan pada smartphone sudah terdapat banyak video game, media interaktif, ataupun aplikasi edukatif lainnya yang dapat merangsang kemampuan berpikir anak. Dan para pakar juga sepakat bahwa hadirnya teknologi mampu membantu meningkatkan kemampuan kognitif anak.

Dalam hal ini orang tua harus berperan penting dalam melakukan kemampuan kognitif anak. Orang tua bisa mendownload dan menginstallkan game atau aplikasi edukatif untuk anak-anaknya. Jangan sampai buah hati salah dalam memilih permainan.

Baca juga : smartphone anti air terbaik

4. Merangsang Anak Untuk Berpikir Kreatif

Manfaat gadget untuk anak berikutnya adalah dapat merangsang mereka untuk bisa berpikir kreatif. Telah banyak aplikasi yang hadir pada smartphone untuk mendukung hal ini, salah satunya adalah aplikasi untuk menggambar ataupun mewarnai. Cara kerjanya kurang lebih sama dengan metode gambar konvensional, hanya saja lebih modern karena memanfaatkan teknologi..

Saat menggambar, anak bisa menggunakan kreatifitasnya apakah akan menggambar A, gambar B, ataupun yang lainnya. Selain itu, Teknologi digital juga membuat anak bisa mewarnai tanpa menggunakan crayon atau pensil warna. Akan tetapi menggunakan kursor pada layar gawai saja. Sangat mudah dan simple!

Namun orang tua tak bisa melepaskan begitu saja ketika anak bermain gadget. Tetapi awasi dan pastikan mereka melakukan hal yang tidak melebihi batas. Selain itu orang tua juga perlu melakukan pendampingan sesekali saat mereka sedang menggunakan gadget. Pastikan anak anda menggunakan gawai secara bijak.
Firdaus Deni Febriansyah

Dengan menulis, ada banyak hal yang bisa kita bagikan