MASIGNASUKAv101
5320941777209838834

Nama Nama Pahlawan Nasional dari Jawa, Siapa Saja Mereka?

Advertise

Advertise

Nama nama pahlawan nasional dari Jawa

Hari ini saya sengaja membahas tentang nama nama pahlawan Indonesia, sebab pada hari ini juga kita memperingati Hari Pahlawan Nasional mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya 10 November. Banyak tokoh yang gugur di Medan perang, untuk itulah sebagai warga negara yang baik kita perlu menghargai jasa-jasanya.

Berbicara soal pahlawan nasional, tentu sangat banyak jumlahnya. Tercatat hingga saat ini, sudah ada lebih dari 150 tokoh telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional. Tokoh-tokoh ini tersebar dari Sabang hingga Merauke. Dan yang terbaru, Presiden Joko Widodo telah menganugerahkan enam tokoh pahlawan nasional.

Beberapa Nama Nama Pahlawan Nasional dari Pulau Jawa

Beberapa nama pahlawan Indonesia berasal dari Jawa dan beberapa dari mereka akan saya bahas pada konten ini. Nah siapa sih mereka tokoh-tokoh asli Jawa yang mendapatkan gelar pahlawan nasional? Yuk, simak daftarnya berikut ini!

1. Ki Hajar Dewantara

Siapa yang tidak kenal sosok yang memiliki nama kecil Raden Mas Soewardi Soerjaningrat ini. Beliau adalah sosok pahlawan nasional yang berasal dari Pakualaman kelahiran 2 Mei 1889. Beliau pernah mendirikan sekolah Taman Siswa dan menjadi Bapak Pendidikannya.

Karena begitu berjasanya beliau terhadap pendidikan di Indonesia, maka hari kelahiran Ki Hajar Dewantara diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional. Beliau mulai mendapatkan gelar pahlawan nasional pada  28 November 1959.

2. Wage Rudolf Supratman

Wage Rudolf Supratman merupakan salah satu nama nama pahlawan nasional yang berasal dari Pulau Jawa. Beliau kelahiran Purworejo, 9 Maret 1903 dan lebih dikenal sebagai pencipta lagu Indonesia Raya yang notabene merupakan lagu kebangsaan Indonesia.

Beliau memang penikmat seni, tetapi juga menyukai dunia jurnalistik dan literasi. Tercatat, beliau pernah menjadi wartawan dan pernah menulis buku berjudul "Perawan Desa" yang pada saat itu ditentang oleh pihak Belanda.

Baca juga : Rumah Adat Kalimantan Selatan + Penjelasannya

3. Raden Ajeng Kartini

Raden Ajeng Kartini atau yang juga dikenal sebagai RA Kartini merupakan pahlawan nasional wanita yang berasal dari Jepara, Jawa Tengah. Beliau lahir pada tanggal 21 April 1879 dan merupakan tokoh emansipasi wanita yang sangat berpengaruh. Kelahirannya diperingati sebagai Hari Kartini yang bertujuan memperingati sebuah esensi kesetaraan perempuan.

4. Brigjen TNI Anm. Katamso Darmokusumo

Beliau adalah sosok pahlawan nasional Indonesia yang berasal dari kalangan militer. Brigjen TNI Anumerta Katamso Darmokusumo lahir di Sragen 5 Februari 1923. Beliau merupakan salah satu dari 10 tokoh yang terbunuh dalam peristiwa pembunuhan G 30 S PKI. Selain bergelar pahlawan nasional, beliau juga bergelar pahlawan revolusi.

Baca juga : Rumah Adat Bali + Penjelasannya

5. Ismail Marzuki

Ismail Marzuki adalah tokoh pahlawan nasional yang juga dikenal sebagai komposer ternama di tanah air. Salah satu contoh lagu ciptaannya yang populer adalah "Rayuan Pulau Kelapa". Bahkan namanya diabadikan menjadi pusat seni Taman Ismail Marzuki di kawasan Salemba, Jakarta Pusat. Ismail Marzuki lahir di Jakarta, 11 Mei 1914 dan ditetapkan sebagai pahlawan nasional pada tahun 2004

6. Jenderal Sudirman

Jenderal Sudirman adalah Sang Pejuang dan sosok yang sangat disegani pada masa revolusi. Beliau lahir di Purbalingga 24 Januari 1916 yang merupakan Panglima TNI pertama di Indonesia. Jenderal Sudirman banyak terlibat dalam pertempuran penumpasan penjajah, salah satunya adalah pertempuran Ambarawa. Beliau ditetapkan sebagai pahlawan nasional pada tanggal 10 Desember 1964.

Tentu, masih banyak nama nama pahlawan nasional lainnya yang berasal dari Pulau Jawa. Siapapun mereka, sudah merupakan kewajiban bagi kita untuk menghargai jasa mereka yang berjuang dan rela bertaruh nyawa demi mewujudkan dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Selamat Hari Pahlawan, mari kita lanjutkan perjuangan mereka.
Firdaus Deni Febriansyah

Dengan menulis, ada banyak hal yang bisa kita bagikan