Cara Extract File Zip di HP

Cara Extract File Zip di HP
Baca Juga
Cara Extract file Zip di hp android

Bagaimanakah cara Extract file Zip di hp android? Apakah hal ini memang bisa dilakukan? Jawabannya tentu saja bisa dan sangat mungkin dilakukan. Berbeda dengan beberapa tahun lalu, dimana melakukan Extract file hanya bisa dilakukan dari komputer saja.

Kini, melakukannya di Smartphone bukanlah sesuatu yang sulit. Zip sendiri merupakan standar Kompresi data yang biasa digunakan mengecilkan data sehingga dapat menghemat ruang penyimpanan. Di dalam file Zip terdapat beberapa file yang memiliki ukuran yang tidak terlalu besar.

Cara Extract File Zip di HP Android

Bagi kamu yang belum mengetahui bagaimana cara mengekstrak file Zip di hp Oppo, Vivo, Xiaomi, ataupun lainnya langsung saja simak pembahasannya pada konten berikutnya. Kamu hanya membutuhkan aplikasi tambahan yang tersedia di Google play store. Apa saja itu?

1. Menggunakan Aplikasi Zarchiver

Zarchiver merupakan aplikasi untuk mengekstrak file Zip yang dikembangkan oleh Zdevs. Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga dapat mengekstrak tipe file lainnya seperti rar. Ukurannya ringan, hanya 3,6 MB saja dan telah diunduh lebih dari 50 juta pengguna.

cara ekstrak file zip di android menggunakan zarchiver sangatlah mudah. Kamu cukup mendownload aplikasinya di google play store secara gratis. Setelah itu buka aplikasinya dan bukalah file Zip yang ingin kamu ekstrak. Berikutnya ikuti langkah-langkah berikut ini :
  • Setelah muncul tap pada file arsip yang akan kamu ekstrak, silakan klik "lihat"
  • Tap pada tombol navigasi yang ada sebelah kiri. Kemudian tap "pilih semua" atau "pilih banyak" jika kamu ingin mengekstrak sebagian saja.
  • Sekarang proses pengunduhan dan kamu perlu memilih lokasi penyimpanan file yang akan di ekstrak. Pilihlah yang mudah diakses supaya tidak menyulitkanmu.
  • Tunggu hingga prosesnya selesai. Cepat atau lambatnya tergantung dari ukuran file itu sendiri.

Baca juga : cara mengatasi download aplikasi terblokir google chrome.

2. Menggunakan Aplikasi FX File Explorer

Selain zarchiver, FX File Explorer juga merupakan salah satu aplikasi yang berfungsi untuk mengekstrak berbagai macam jenis file, termasuk diantaranya yaitu .zip. Aplikasi yang dikembangkan oleh Nextapp ini bisa kamu unduh secara gratis melalui google play store.

Ukurannya hanya 7 MB dan hingga kini telah diunduh lebih dari 5 juta pengguna. Berikut ini cara extract file Zip di hp android menggunakan aplikasi FX File Explorer
  • Download dan install terlebih dahulu aplikasinya di google play store
  • Buka aplikasinya jika kamu sudah menginstallnya
  • Kemudian cari file berekstensi .zip yang ingin kamu diekstrak
  • Jika sudah ketemu, tekan dan tahan pada file berekstensi .zip tersebut guna memunculkan menu pengelolaan file
  • Jika menu pengelolaan tersebut sudah muncul, silakan klik pilihan More yang berada di bagian pojok kanan bawah aplikasi
  • Kemudian pilih Extract to dan klik OK untuk menyimpan hasil pengekstrakan tersebut.

Baca juga : cara reset iPhone berbagai tipe

3. Tanpa Menggunakan Aplikasi Tambahan

Sejatinya, membuka file bereksistens .zip bisa dilakukan tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Tetapi masalahnya, tidak samua android support akan hal ini. Salah satu smartphone yang bisa digunakan untuk mengekstrak file Zip tanpa aplikasi tambahan adalah Xiaomi Redmi 4x.  Berikut ini cara Extract file Zip di HP Xioami :

  • Cari file .zip pada media penyimpanan
  • Klik pada bagian file .zipnya
  • Klik "ekstrak disini". Maka secara otomatis file tersebut akan terekstrak dan kamu pun bisa membuka semua file yang ada didalamnya.

Baca juga : cara mengatasi bootlop Asus Zenfone

Sangat mudah bukan? Itulah beberapa hal yang bisa kamu terapkan untuk membuka file .zip tanpa harus menggunakan Laptop atau komputer. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Share This :
Firdaus Deni Febriansyah

Dengan menulis, ada banyak hal yang bisa kita bagikan