AndroidGadgetsTechTechnologyTEKNOTips

Cara Membersihkan Virus di HP Android dengan Mudah

cara membersihkan virus di hp – Virus atau malware tak hanya terdapat pada laptop atau komputer saja, tetapi juga bisa terjadi pada handphone atau smartphone Anda. Adanya virus membuat smartphone tidak bisa bekerja secara maksimal.

Tak hanya itu saja, virus android juga bisa merusak sistem baik sebagian atau seluruh yang terdapat pada android tersebut. Ada banyak contoh virus android antara lain yaitu shedun, joker, file coder, hummingbad, gooligan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara Membersihkan Virus di HP Android

Cara membersihkan virus di hp

Ponsel yang keliatannya baik-baik saja belum tentu tidak ada problem sama sekali. Jika Anda mendapati ponsel Anda mengalami tanda-tanda seperti munculnya iklan pop up tidak jelas, baterai cepat habis, hp jadi lemot, pulsa dan kuota internet yang tersedot atau muncul aplikasi asing menandakan adanya virus.

Untuk itulah Anda perlu menghilangkannya. Bagaiaman caranya? Berikut ini beberapa cara menghilangkan virus yang ada pada smartphone :

Menggunakan Anti Virus

Ada banyak contoh aplikasi anti virus yang bisa Anda manfaatkan untuk mendeteksi dan membasmi virus atau malware yang ada pada android. Salah satu yang bisa Anda pakai adalah avast.

Namun sebenarnya cara ini lebih ke pencegahan. Jadi, saat ada indikasi masuknya virus, anti virus akan memproteksi smartphone Anda. Jika virus sudah terlalu banyak, maka ada hal lain yang harus Anda lakukan.

Berhati-hatilah dalam memilih anti virus, pastikan Anda membaca reviewnya terlebih dahulu. Pastikan sudah terpercaya dan tidak berpotensi membaca virus atau malware pada smartphone Anda.

Hapus Aplikasi yang Terjangkit Virus

Anda juga harus menghapus aplikasi yang mengandung virus dan membuat aplikasi tersebut menjadi rusak parah. Dengan menghapusnya membuat jumlah virus paling tidak bisa berkurang.

Masuk ke Safe Mode

Cara membersihkan virus di hp android selanjutnya adalah dengan masuk ke safe mode. Dengan masuk ke mode ini membuat Anda hanya mengoperasikan aplikasi-aplikasi bawaan saja.

Tak sekadar itu, Anda juga bisa membersihkan cache maupun virus pada android tersebut. Setiap smartphone mungkin punya metode safe mode yang tidak sama, namun pada umumnya menggunakan kombinasi tombol power dan volume saat proses booting.

Baca juga : cara mengatasi hp kemasukan air.

Menggunakan Google Play Protect

Untuk menghilangkan virus iklan pada HP, Anda bisa memanfaatkan google play protect. Sistem perlindungan yang milik google yang dapat melindungi setiap aplikasi yang Anda download dari google play store.

Berikut ini cara membasmi virus iklan pada android menggunakan google play protect :

  • Buka dan masuk ke google play store terlebih dahulu.
  • Selanjutnya pilih menu option atau tanda garis tiga yang ada pada pojok kiri atas.
  • Pilih play protect dan klik ‘pindai’.
  • Selanjutnya akan terjadi proses scanning. Jika tidak ada masalah, maka muncul keterangan ‘tidak ada masalah’.
  • Selain itu, Anda juga harus mengklik tombol settings yang ada pada pojok kanan atas dan aktifkan semua setelannya.

Reset Android

Jika kondisinya sudah terlalu parah dan tidak bisa teratasi dengan antivirus atau semua cara tersebut maka Anda bisa melakukan factory reset. Namun sebelum itu jangan lupa backup terlebih dahulu

Setelah semua proses selesai seluruh data yang ada sebelumnya menjadi hilang. Kondisi kembali seperti saat Anda pertama kali membeli ponsel tersebut.

Baca juga : cara reset hp Huawei.

Demikian pembahasan mengenai cara menghilangkan virus pada smartphone yang dapat Anda lakukan. Jangan lupa bagikan tips ini kepada yang lainnya agar juga dapat merasakan penggunaan smartphone yang aman dan juga nyaman.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Thanks...
Close
Close