AndroidGadgetsTechTechnologyTEKNOTipsTIPS DAN TRIK

Cara Mengatasi Handphone Restart Sendiri Mudah dan Cepat

Cara Mengatasi Handphone Restart Sendiri : Ada banyak permasalahan yang bisa terjadi pada sebuah ponsel, salah satunya adalah hp yang mengalami restart sendiri. Padahal tidak ada yang melakukannya, tetapi tiba-tiba saja terjadi hal seperti itu.

Jika sekali dua kali mungkin bukanlah masalah besar, akan tetapi jika terjadi secara terus menerus tentu saja membuat Anda merasa kesal. Ada banyak hal yang menyebabkan ponsel tiba-tiba mati dan hidup sendiri.

Banyaknya file sampah, rusaknya salah satu aplikasi, suhu yang terlalu tinggi, adanya malware atau virus, masalah root, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara Mengatasi Handphone Restart Sendiri Tanpa Ribet

cara mengatasi handphone restart sendiri

Jika ponsel Anda sering mengalami restart tanpa sebab, tak perlu mengganti ponsel baru jika masih memungkinkan untuk Anda atasi sendiri. Berikut ini beberapa cara mengatasi hp restart berulang-ulang dengan mudah dan cepat :

Bersihkan File Sampah

Cara mengatasi handphone restart sendiri yang pertama adalah dengan membersihkan file sampah yang terdapat pada ponsel. Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan aplikasi khusus pembersih sampah seperti clean master.

Mematikan HP Sejenak

Salah satu penyebab hp sering mengalami restart tanpa sebab adalah temperatur yang terlampau tinggi. Solusinya adalah dengan mematikan ponsel sejenak guna menurunkan temperaturnya.

Akan lebih baik lagi, apabila baterai dan kartu SIM juga Anda lepas. Setelah beberapa saat, silakan hidupkan kembali ponsel tersebut.

Baca juga : cara mengatasi hp cepat panas.

Mengupdate Sistem

Mengupdate sistem ponsel sangat penting untuk mengatasi berbagai bug yang menyebabkan terjadinya masalah pada ponsel. Untuk itu, jika hp Anda mengalami restart sendiri kami sarankan untuk melakukan update sistem.

Pembaharuan sistem dapat Anda lakukan dari pengaturan. Biasanya update sistem terjadi sebulan sekali dari pihak developer atau pengembang.

Update Aplikasi

Terkadang hal seperti ini juga bisa terjadi karena aplikasi yang tak pernah update. Pembaharuan ini dapat langsung Anda lakukan dari google play store. Jika masih gagal, coba cara lain yaitu

Membersihkan Virus atau Malware

Banyaknya virus dan malware pada ponsel juga bisa mendatangkan banyak masalah, salah satunya adalah ponsel yang secara tiba-tiba mati dan hidup tanpa sebab. Ada banyak aplikasi pembersih virus yang bisa Anda manfaatkan, salah satunya adalah Avast.

Bahkan beberapa tipe ponsel sudah menyediakan aplikasi bawaan untuk membersihkan virus dan malware. Silakan Anda manfaatkan aplikasi tersebut.

Melakukan Unroot

Coba Anda ingat-ingat kembali, apakah sebelumnya pernah melakukan root pada smartphone? Jika iya, coba lakukan Unroot terlebih dahulu untuk memperbaiki masalah ini.

Apabila setelah unroot langsung terjadi problem tersebut maka dapat dipastikan unroot adalah penyebabnya. Kembalikan ke pengaturan awal agar semua kembali seperti semula.

Factory Reset

Cara mengatasi handphone restart sendiri yang terakhir adalah dengan factory reset. Perlu untuk Anda ketahui, cara seperti ini membuat seluruh data yang ada ponsel bisa hilang semua tanpa tersisa.

Untuk itu, sebelumnya melakukannya silakan backup ke tempat lain data-data atau aplikasi yang sekiranya penting untuk Anda. Jika factory reset sudah Anda lakukan, maka pengaturan ponsel kembali seperti saat pertama kali membeli.

Cara seperti ini sebaiknya bukan jadi pilihan pertama. Jika masih memungkinkan metode lainnya, lakukan metode tersebut jangan factory reset.

Baca juga : cara reset Samsung Galaxy Tab 2.

Bagaimana, sangat mudah bukan? So, mulai saat ini jangan panik terlebih dahulu jika hp Anda mengalami masalah restart tanpa sebab. Lakukan tips-tips tersebut, maka semuanya bakal menjadi baik-baik saja. Sekian dan semoga bermanfaat.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Thanks...
Close
Close