Pengetahuan UmumTips

10 Dampak Positif dari Pandemi Covid-19

Dampak Positif dari Pandemi Covid-19 – Sudah memasuki bulan keempat namun pandemi Covid-19 tidak juga berlalu. Bahkan kini angka positif terserang virus corono di  indonesia semakin melonjak tinggi. Hal ini semakin meresahkan masyarakat. Oleh karena itu, pemerintah semakin memperketat aturan untuk seluruh masyarakat. Upaya-upaya yang dilakukan pemerintah seperti Social Distancing, work from home, hingga Stay at home telah pemerintah imbaukan kepada seluruh masyarakat guna untuk memutus rantai penularan virus corona.

Dengan adanya imbauan-imbauan tersebut selain untuk mencegah penularan Covid-19, ternyata banyak sekali manfaan atau dampak positif yang bisa kita dapatkan. Pada kesempatan ini Senang Berbagi akan membahas tentang 10 Dampak Positif dari Pandemi Covid-19. Adapun dampak positif dari pandemi Covid-19 antara lain yaitu :

Inilah 10 Dampak Positif dari Pandemi Covid-19

Dampak Positif dari Pandemi Covid-19
Sumber Gambar : www.irishtimes.com

1. Punya Banyak Waktu Bersama Keluarga

Sebelum terjadinya pandemi Covid-19 dan adanya himbauan untuk melakukan aktivitas dirumah, mungkin kebanyakan orang akan menghabiskan waktunya diluar rumah yang berangkat pagi dan pulang larut mala. Sehingga tidak punya banyak waktu untuk berkumpul bersama keluarga. Bahkan mungkin tidak pernah merasakan hangatnya kekeluargaan. Namun disadari atau tidak, pandemi covid-19 ini memiliki dampak positif yang sangat dirindukan kebanyakan orang. Mereka bisa sepenuhnya menghabiskan waktu dan bercengkrama bersama keuarga dirumah.

2. Lebih Peduli terhadap Kesehatan

Selanjutnya dampak positif dari adanya Covid-19 bagi manusia yaitu lebih peduli terhadap kesehatan. Bagaimana tidak? Seperti yang kita ketahui bahwa yang mudah terkena Covid-19 ini adalah orang yang memiliki imunitas rendah dan tidak peduli dengan kebersihan. Maka semua orang pasti lebih disiplin dalam menjaga kesehatan diri sendiri maupun orang lain. Untuk menjaga imunitas mereka akan memakan makanan yang bergizi, rajin mengonsumsi vitamin, meminum air putih dan cuci tangan pakai sabun. Jika hal-hal tersebut dilakukan denganbaik dan benar maka dipastikan tidak akan terserang virus corona.

3. Saling Membantu

Covid-19 merupakan bencana besar yang dihadapi seluruh dunia. Dan biasanya jika terjadi bencana akan menarik empati sehingga orang yang merasa berkecukupan akan memberikan sebagian rijkinya untuk mereka yang membutuhkan. Apalagi saat pandemi covid-19 ini sebagian orang kehilangan pekerjaannya. Mereka tidak menghasilkan uang untuk kehidupan sehari-hari. Mereka yang menerima bantuan akan merasa sangat bahagia dengan kebaikan hati para dermawan. Ini adalah dampak positif covid-19 yang dapat diarasakan oleh kita semua.

4. Lapisan Ozon Membaik

Lapisan ozon adalah bagian dari atmosfer yang ada dilapisan strosfer bumi. Lapisan ini mampu melindungi makhluk hidup dari radiasi ultraviolet dari matahari. Sebelum terjadinya covid-19 para ilmuwan menyatakan bahwa lapisan ozon sudah menipis dan mungkin tidak bisa melindungi makhluk hidup untuk bertaha dibumi. Namun, salah satu dampak positif covid-19 yang kita dapatkan yaitu lapisan ozon membaik yang dinyatakan oleh sejumlah peneliti yang mana pada saat ini lapisan ozon telah kembali pulih.

5. Belajar Hidup Hemat

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini pemerintah sedang berupaya untuk memutus rantai penularan Covid-19. Salah satu upaya baru yaitu dengan  memberlakukan PSBB (Pemabatasan Sosial Berskala Besar). Hal ini secara langsung menghambat menghambat sektor produksi dan jasa. Hal ini menyebabkan kondisi keuangan tidak normal dan pendapatan karyawanpun tidak stabil.

Para ahli memprediksi bahwa virus Covid-19 baru akan berakhir antara bulan Juni atau Juli. Untuk menyikapi hal tersebut maka kita harus berhemat dalam hal keuangan. Kita harus mengatur keuangan dan membelikannya hanya hal-hal yang sangat diperlukan saja. Dengan begitu, maka setelah pandemi Covid-19 berakhir kita akan terbiasa berhemat dan tidak menggunakan uang untuk hal-hal yang tidak perlu. Ini adalah dampak positif Covid-19 yang baik agar bisa

6. Lebih Banyak Melaksanakan Ibadah

Manfaat selanjutnya yaitu orang akan lebih banyak melaksanakan ibadah. Jika biasanya orang-orang mungkin hanya melaksanakan ibadah wajib seperti sholat, dengan ada Covid-19 yang mengharuskan untuk diam dirumah, maka semua orang mempunyai lebih banyak waktu untuk melaksanakan ibada. Ibadah lain yang bisa dilakukan seperti membaca Al-Qur’an, berwirid, sholat sunat dan masih banyak ibadah lainnya. Semoga manfaat positif Covid-19 ini berlangsung untuk seterusnya agar umat muslim lebih dekat lagi dengan sang pencipta.

7. Melakukan Hobby yang Tertunda

Bagi orang yang selalu sibuk dengan aktivitasnya sehari-hari. Baginya masalah pekerjaan atau tugas sekolah lebih penting. Sehingga tidak punya banyak waktu untuk melakukan hobby bagaimanapun dia ingin melakukannya. Namun, saat ini manusia tidak boleh melakukan banyak aktiviitas diluar rumah. Jadi, ketika dirumah dia bisa melakukan hobby nya yang sempat tertunda untuk menghilangkan rasa jenuh seperti membaca buku atau novel, memainkan musik, memasak, olah raga mandiri dan masih banyak hobby lain yang bisa dilakukan didalam rumah.

8.  Belajar Teknologi

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa dengan diberlakukannya social distancing dan Stay at home oleh pemerintah maka berbagai aktivitas dilakukan dirumah. Mulai dari pekerjaan kantor, tugas sekolah bahkan ujianpun dilakukan dirumah menggunakan teknologi baik menggunakan Handphoene ataupun laptop. Orang yang kurang faham dengan teknologipun akan berusaha belajar agar bisa menyelesaikan seluruh tugas dan kewajibannya yang harus tetap ia lakukan. Ini adalah salah satu dampak positif yang bisa kita dapat dari adanya Covid-19. Jadi kita mempunyai banyak kesempatan untuk belajar tekonologi.

9. Kerjasama  Seluruh Dunia

Saat ini seluruh negara di dunia sedang sama-sama berusaha untuk membasmi Covid-19. Wabah penyakit yang mendunia ini telah berhasil membuat dunia fokus pada satu tujuan. Yaitu memutus rantai penyebaran Covid-19. Kerjasama yang dilakukan secara global ini harus dilakukan dengan baik dan benar. Agar penyebaran Covid-19 ini benar-benar terputus dan seluruh duniapun akan kembali aman. Karena jika penyakit ini masih ada di salah satu negara saja, maka dengan mudahnya Covid-19 akan merajalela kembali di seluruh dunia.

10.  Plasma Darah dari Pasien yang Sembuh Bisa Menjadi Antibodi Covid-19

Lembaga Biologi Molekuler telah bekerjasama dengan PMII (Palang Merah Indonesia) untuk mengobati pasien Covid-19. Kedua pihak ini melakukan penelitian terhadap pasien yang sembuh dari Covid-19. Hasilnya mengejutkan, plasma darah pasien sembuh mengandung antibodi yang cukup baik. Dan ini bisa dijadikan sebagai obat untuk pasien-pasien lain yang belum sembuh. Dengan diambilnya plasma darah tersebut tidak akan ada efek samping bagi pasien sembuh, justru dia akan sangat berjasa karena telah ikut andil untuk mengobati pasien lainnya.

Artikel Lainnya : 10 Jenis Masker Terbaik Untuk Melindungi diri dari Virus Corona (COVID-19)

Itulah 10 Dampak positif dari Covid-19 yang bisa kita semua dapatkan. Segala sesuatu yang terjadi pasti ada sisi positif dan negatifnya. Kita bisa mengambil sisi positifnya menerapkan dikehidupan kita selanjutnya. Hadapilah segala musibah yang terjadi dengan lapang dada dan keikhlasan hati. Dengan begitu segala sesuatu akan terasa sangat mudah. Demikian artikel yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat bagi kita semua. Demikian dan terimakasih.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close