AndroidGadgetsTechTechnologyTEKNOTipsTIPS DAN TRIK

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

Cara Mengatasi hp kemasukan air – Mungkin Anda pernah tidak sengaja menjatuhkan ponsel ke dalam air. Baik itu kolam, selokan, bak kamar mandi, maupun tempat-tempat yang lainnya. Apa yang Anda lakukan jika mengalami hal seperti itu?

Langsung mengelap ponsel? Mengeringkan dengan pengering? Atau Anda menjemurnya di bawah sinar matahari? Namun yang pasti, Anda tak perlu panik jika mengalami hal seperti ini.

Amda bisa mengatasinya sendiri tanpa perlu mengeluarkan banyak uang untuk melakukan service hp. Bagaimana caranya? Semua akan kami bahas pada konten berikut ini :

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air

cara mengatasi hp kemasukan air

Jika Anda mendapati ponsel yang Anda miliki masuk ke dalam air, jangan biarkan begitu saja. Tetapi lakukanlah beberapa hal berikut ini :

Matikan HP Terlebih Dahulu

Bila ponsel Anda masih dalam keadaan hidup, matikan terlebih dahulu dan jangan pernah coba-coba memencet layarnya apalagi dalam keadaan yang sangat basah. Tak cuma itu, baterai dan kartu SIM juga harus Anda dilepas.

Hal ini perlu Anda lakukan supaya tidak terjadi konslet atau kebakaran yang dapat mengancam keselamatan jiwa. Selain itu, harapannya kerusakan tidak menyebar ke seluruh komponen hp.

Merendam Hp Ke Dalam Beras

Jika semua komponen sudah terlepas, langkah berikutnya adalah menaruh ponsel ke dalam beras. Tujuannya supaya air yang masih tersisa bisa kering dengan cepat. Dan cara mengatasi hp masuk air dengan beras ini telah banyak yang melakukannya dan terbukti berhasil.

Anda juga harus memastikan semua bagian ponsel terselimuti, jangan sampai ada yang terlewat sedikit pun untuk mempercepat proses pengeringan. Anda bisa membolak-balik ponsel setiap jam untuk memastikan air terserap sempurna.

Baca juga : cara mengatasi hp restart sendiri.

Menggunakan Silica Gel

Cara mengatasi hp kemasukan air selain menggunakan beras Anda bisa memakai silica gel sebagai penggantinya. Silica gel dapat Anda temukan pada toko-toko terdekat.

Cara menggunakannya yaitu dengan menaruh satu paket silica gel pada setiap sisi handphone yang Anda miliki. Tunggu selama dua hingga tiga hari hingga terserap semuanya, insyaallah bisa cepat kering.

Menggunakan Vacum Cleaner

Anda dapat menggunakan vacum cleaner untuk membersihkan sekaligus mengeringkan handphone yang masih basah. Bukan vacum cleaner yang biasa Anda gunakan untuk membersihkan lantai, tetapi vacum cleaner berukuran kecil yang disebut sebagai vacum cleaner USB.

Anda bisa membeli vacum cleaner pada toko perabot manapun, termasuk juga pada toko-toko online yang populer seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, OLX, Blibli dan berbagai e-commerce yang lainnya.

Baca juga : cara mengatasi memori penuh pada smartphone.

Jangan Gunakan Hair Dryer

Anda bisa menggunakan silical gel, beras atau vacum cleaner guna membuat ponsel yang basah menjadi kering. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk hair dryer.

Penggunaan Hair Dryer dapat meningkatkan potensi kerusakan pada komponen penting smartphone. Panas Hair Dryer dapat meningkatkan suhu pada smartphone sehingga bisa menyebabkan problem yang lebih besar lagi.

Tunggu Satu Sampai Dua Hari

Tak perlu buru-buru untuk menggunakan hp kembali, tunggu hingga dua hari sampai ponsel tersebut benar-benar kering 100%. Jangan memaksakan diri demi mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan. Jika kondisi penting, Anda bisa meminjam hp orang lain terlebih dahulu.

Baca juga : cara mengatasi kecanduan gadget.

Jado tak perlu panik ya. Itulah beberapa tips dan cara mengatasi hp kemasukan air dengan cepat dan mudah. Jika kerusakannya terlalu parah dan cara tersebut sudah d tak bisa merubahnya maka cobalah untuk melakukan service sebagai langkah terakhir. Sekian dan semoga bermanfaat.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Thanks...
Close
Close