AndroidGadgetsTechTechnologyTEKNOTipsTIPS DAN TRIK

Cara Mengatasi Keyboard Android tidak Berfungsi

cara mengatasi keyboard Android tidak berfungsi

Ketika ingin membalas pesan penting namun keyboard smartphone mendadak tidak bisa berfungsi, Anda perlu tahu cara mengatasi keyboard android tidak berfungsi dengan cepat. Sebab ada banyak penyebab masalah ini bisa terjadi dan Anda harus mencoba menyelesaikannya satu per satu.

Berbeda dengan komputer atau laptop yang menggunakan keyboard terpisah dari komponen layar, kebanyakan smartphone maupun tablet dengan sistem operasi android menggunakan aplikasi yang sangat berkaitan dengan touchscreen pada smartphone. Kecuali bila Anda menggunakan perangkat keyboard tambahan.

Sehingga keyboard yang tidak berfungsi bisa jadi karena layar sentuh pada ponsel cerdas bermasalah atau bahkan tidak berfungsi pada bagian tertentu.

Cara – Cara Mengatasi Keyboard Android Tidak Berfungsi

Daripada panik dan melakukan tindakan asal yang justru bisa makin merusak smartphone, lebih baik Anda pelajari penyebab dan cara mengatasi keyboard android tidak berfungsi dalam artikel ini.

1. Cek Kalibrasi Layar

Bila hanya beberapa huruf dalam keyboard saja yang tidak bisa Anda ketik, maka ada 2 kemungkinan penyebabnya. Yaitu antara layar smartphone Anda rusak pada bagian huruf tersebut atau aplikasi keyboard smartphone memang tidak berfungsi dengan baik.

Untuk memastikan penyebab pertama, Anda bisa melakukan kalibrasi layar. Untuk smartphone Samsung, kalibrasi layar bisa dilakukan dengan cara berikut ini :

  • Masuk ke Pengaturan
  • Cari menu Display Setting
  • Kemudian pilih Horizontal Calibration dan ikuti instruksi yang tertulis pada layar
  • Jika sudah, lanjutkan dengan memilih Gyroscope Calibration dan ikuti instruksi yang tertulis pada layar lagi

Sedangkan jika Anda menggunakan smartphone selain Samsung, Anda bisa menggunakan aplikasi Screen Repair and Calibration yang tersedia pada Google Play Store. Jika kalibrasi gagal terselesaikan, artinya touchscreen smartphone Anda mengalami masalah dan harus membawanya ke teknisi terdekat.

2. Bersihkan Cache Aplikasi Keyboard

Jika keyboard smartphone selalu mendadak berhenti ketika terbuka, kemungkinan besar hal ini disebabkan karena ukuran cache dalam aplikasi keyboard sudah terlalu banyak. Umumnya kasus seperti ini dirasakan bila Anda menggunakan aplikasi keyboard selain bawaan dari gawai.

Untuk mengatasinya, Anda cukup menghapus cache aplikasi keyboard tersebut melalui Manajer Aplikasi. Bila Anda bingung, silahkan ikuti langkah – langkah berikut ini.

  • Buka aplikasi Pengaturan pada smartphone, kemudian cari menu Manajer Aplikasi
  • Cari dan klik aplikasi keyboard yang Anda gunakan dalam smartphone tersebut
  • Klik pilihan Penyimpanan, kemudian klik Hapus Cache atau Hapus Tembolok
  • Tunggu hingga prosesnya selesai kemudian coba mengetik dengan keyboard

Perlu Anda ketahui, terdapat minimal 2 aplikasi keyboard yang ada pada smartphone. Anda cukup menghapus cache dari aplikasi keyboard yang dalam kondisi aktif saja.

Baca juga : cara mengatasi telegram error.

3. Hentikan Paksa Aplikasi Keyboard

Bila Anda sudah menekan kolom untuk mengetik pesan namun keyboard tidak muncul pada layar, cara yang bisa Anda coba adalah dengan menghentikan paksa aplikasi keyboard. Caranya pun agak serupa dengan langkah – langkah sebelumnya.

  • Pertama – tama, masuk ke aplikasi Pengaturan dan cari Aplikasi Manajer
  • Cari aplikasi keyboard yang tengah Anda gunakan
  • Klik opsi Paksa Berhenti pada aplikasi tersebut
  • Kemudian, restart smartphone dan coba mengetik pesan

4. Gunakan Aplikasi Keyboard Alternatif atau Bawaan

Cara terakhir untuk mengatasi keyboard android tidak berfungsi adalah dengan menggunakan aplikasi keyboard alternatif untuk sementara. Seperti yang sudah dikatakan tadi, tiap smartphone umumnya dibekali dengan minimal 2 aplikasi keyboard.

Untuk mengganti aplikasi keyboard yang sedang aktif, Anda bisa ikuti langkah berikut ini.

  • Masuk ke aplikasi Pengaturan
  • Pilih ke menu Languange & Input
  • Kemudian klik pada menu keyboard dan pilih aplikasi keyboard yang tidak sedang Anda gunakan.

Baca juga : cara mengatasi whatsapp error.

Demikianlah cara mengatasi keyboard android tidak berfungsi pada smartphone. Jika cara – cara tersebut terasa terlalu rumit, Anda bisa menggunakan perangkat keyboard tambahan untuk smartphone maupun tablet dengan harga beragam.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Thanks...
Close
Close