Tips

Cara Minum Air Putih yang Benar dan Sesuai Anjuran Kesehatan

cara minum air putih

Artikel ini membahas tentang cara minum air putih yang benar sesuai anjuran kesehatan. Mungkin terdengar sepele, namun ternyata cara anda mengkonsumsi air putih sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh anda sendiri.

Mayoritas tubuh manusia terdiri atas air. Atas dasar itulah, kita sebagai manusia sangat membutuhkan air yang notabene merupakan kebutuhan yang sangat vital. Tanpa air, kita bisa dehidrasi dan membuat sistem metabolisme berkerja semakin menurun.

Kekurangan air putih membuat anda lebih mudah pusing hingga badan pun akhirnya lemas. Tak hanya itu saja, kekurangan cairan juga membuat kulit menjadi kusam dan kering. Pasalnya, kondisi tubuh yang dehidrasi sangat berpengaruh terhadap kondisi kulit. Fungsi enzim tidak berjalan dengan baik sehingga kulit menjadi kering dan terlihat kusam.

Baca juga : tips pola makan yang sehat

Bagaimana Cara Minum Air Putih yang Benar?

Baik sadar maupun tidak sadar, ternyata masih banyak yang belum mengetahui tentang aturan mengkonsumsi air putih yang tepat sesuai dengan anjuran kesehatan. Simak beberapa tips di bawah ini supaya anda tidak lagi melakukan hal yang salah :

Posisi Saat Minum

Stop membiasakan diri minum sambil berdiri. Yang benar, anda harus duduk ketika meminum air putih sama seperti ketika anda sedang makan. Bukannya tanpa alasan, sebab jika hal tersebut sampai anda lakukan, bisa membahayakan ginjal karena air akan langsung menuju kandung kemih tanpa disaring. Jadi, jangan sekali-kali minum sambil berdiri.

Baca juga : tips menjalani gaya hidup sehat

Minum Pelan-Pelan

Minum air putih sebaiknya tidak dilakukan dengan langsung meminumnya satu gelas penuh, tentu hal dapat mengganggu tenggorokan dan juga perut anda. Yang benar adalah minum seteguk demi seteguk, serap secara perlahan, telan, lalu nafas.

Jangan Minum Dalam Satu Waktu

Cara minum air putih selanjutnya adalah dengan tidak mengkonsumsinya dalam satu waktu. Tetapi lakukan secara berkala supaya perut anda tidak merasa kembung. Pada pagi hari anda bisa minum satu gelas, satu gelas air sebelum atau sesudah sarapan, satu gelas air sebelum dan sesudah makan siang, satu gelas air sebelum dan sesudah makan malam, dan satu gelas sebelum tidur.

Baca artikel : tips agar bisa bangun pagi

Minum Air Bersuhu Ruangan

Supaya lebih optimal dalam menjaga kesehatan, alangkah lebih baik jika anda minum air bersuhu ruangan atau air hangat saja. Jangan mengkonsumsi air dingin di bawah 5 derajat Celcius untuk menghindari kontraksi pada bagian pencernaan.

Waktu Terbaik Untuk Minum

Waktu terbaik untuk minum air putih adalah saat tiga puluh menit sebelum anda makan. Pada saat itulah, air dapat membantu pencernaan secara lebih mudah. Jangan minum tepat saat makan atau tepat sesudah makan karena dapat melemahkan cairan pencernaan sehingga menyebabkan kinerjanya tidak efektif.

Kebutuhan Air Setiap Orang Berbeda-beda

Perlu untuk anda ketahui, kebutuhan air setiap orang berbeda-beda. Hal ini bergantung terhadap berat badan, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan. Jadi, anda harus meminum air putih dalam jumlah sesuai kebutuhan masing-masing.

Untuk mengetahui apakah kebutuhan air sudah terpenuhi di dalam tubuh anda, silakan cek warna air seni. Apabila berwarna kuning pekat, tandanya Anda membutuhkan konsumsi air lebih banyak. Sementara itu, jika air seni berwarna putih maka dapat dikatakan tubuh anda telah terpenuhi kebutuhan airnya.

Artikel lainnya : cara memperbaiki remote tv yang terkena air.

Tidak sulit bukan? Itulah beberapa cara minum air putih yang tepat dan sesuai dengan anjuran kesehatan. Jangan d pernah kekurangan cairan, sebab efeknya sangat buruk untuk kesehatan tubuh anda. Sekian dan semoga bermanfaat.

Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
You cannot copy content of this page
error: Thanks...
Close
Close