Life StyleTips

Tips Agar Kuat Berpuasa Penuh

Tips agar kuat berpuasa

Tips agar kuat berpuasa – Sejak tanggal 24 April 2020, umat Islam di seluruh dunia mulai menjalani ibadah puasa. Ibadah yang memang wajib untuk dilakukan kecuali bagi orang-orang yang memang tidak kuat menjalaninya (misal sakit parah).

Namun jika anda dalam kondisi sehat, suci dari hadas besar, tidak ada alasan untuk tidak berpuasa. Namun sayangnya masih ada saja orang-orang yang sengaja tidak puasa karena alasan klasik “tidak kuat”.

Tips Agar Kuat Berpuasa Penuh Sampai Maghrib

Memang untuk saat ini, cuaca hujan sudah mulai berkurang sehingga panas mulai mendominasi. Kondisi inilah yang membuat sebagian orang merasa tidak kuat menjalaninya. Belum waktunya tiba, sudah makan atau minum terlebih dahulu.

Cuaca panas ataupun hujan tak boleh jadi alasan untuk tidak berpuasa. Lantas, bagaimana cara supaya tidak kuat berpuasa? Berikut ini saya memiliki beberapa tipsnya untuk anda :

Makan Sahur yang Cukup

Tips agar kuat berpuasa dengan makan sahur

Setiap orang yang melakukan puasa disunnahkan untuk melakukan sahur setiap dini hari. Bukan asal sahur, anda juga harus mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang.

Jangan makan sahur dalam jumlah yang berlebihan. Segala sesuatu yang berlebihan tidak bagus untuk kesehatan tubuh. Makanlah dalam porsi yang cukup sesuai dengan kebutuhan.

Begitupun halnya ketika berbuka puasa. Jangan pernah balas dendam hanya karena ingin menghilangkan rasa lapar. Saat sahur maupun berbuka, konsumsi makanan secukupnya dan jangan berlebihan.

Dengan makan makanan bergizi, membuat tubuh menjadi kuat dan bisa menahan lapar selama 12 jam lebih. Anda bisa membaca artikel tentang rekomendasi makanan sehat untuk sahur pada artikel berikut ini.

Selain itu, anda juga bisa mengikuti beberapa tips sahur yang benar berikut ini :

Banyak minum air putih

Saat sahur, disarankan untuk banyak minum air putih supaya bisa kuat berpuasa. Pasalnya, selama kurang lebih 12 jam tubuh tidak mendapatkan cairan sama sekali. Tubuh manusia mayoritas terdiri atas air, dan jika anda sama sekali tidak minum air selama sahur bisa membuat tubuh merasa lemas pada siang hari.

Untuk itu jangan lupa untuk rajin minum air putih minimal 8 gelas per hari. 8 gelas ini tentu saja tidak dilakukan pada sahur saja, tetapi juga pada saat buka puasa dan malam harinya.

Perbanyak Konsumsi Serat

Selain itu, anda juga memperbanyak konsumsi serat saat makan sahur. Kandungan Serat pada makanan membuat anda bisa kenyang lebih lama.

Serat masuk ke dalam tubuh lambat dicerna. Membuat perut penuh selama beberapa jam sehingga anda pun tidak akan cepat merasa lapar. Kandungan serat banyak terdapat di buah dan sayuran segar.

Hindari Makanan dan Minuman Manis

Salah satu tips agar kuat berpuasa adalah dengan menghindari makanan dan minuman manis ketika sahur. Bukan tanpa alasan, sebab makanan atau minuman yang mengandung kadar gula yang tinggi membuat anda menjadi lebih cepat lapar.

Tak hanya itu saja, mengkonsumsi gula berlebihan memang tidak bagus untuk kesehatan tubuh. Berbagai penyakit berbahaya akan datang, salah satunya adalah penyakit diabetes. Batasi konsumsi gula anda.

Hindari atau Kurangi Kafein

Mungkin sebagian dari pembaca ada yang suka minum kopi pada saat sahur. Memang kafein dapat menghilangkan rasa kantuk pada pagi dan siang harinya, akan tetapi menyebabkan tubuh menjadi cepat lemas.

Penyebabnya adalah kafein menyerap cairan dalam tubuh dan mengakibatkan pengeluaran urine yang berlebih sehingga tubuh jadi lemas.

Jangan Makan Pedas

Makanan pedas tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi pada saat sahur. Apalagi jika anda mengkonsumsinya dalam jumlah atau porsi yang terlalu banyak.

Makanan pedas membuat rasa perih pada bagian perut. Hal ini membuat kondisi tubuh merasa tidak nyaman dan menganggu puasa.

Konsumsi Teh Hijau

Mengkonsumsi teh hijau dalam jumlah cukup sangat bagus dilakukan ketika sahur. Pasalnya, teh yang satu ini telah terbukti bisa menekan rasa lapar.

Selain pada waktu sahur, anda juga bisa melakukannya pada saat malam hari sebelum tidur. Mengkonsumsi teh hijau pada malam hari dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga membuat puasa anda menjadi lebih lancar tanpa rasa lemas.

Hindari Makanan Mengandung Gas

Salah satu tips agar kuat berpuasa yang tak kalah penting untuk dilakukan adalah dengan menghindari makanan menguntungkan gas pada saat sahur. Adapun contoh makanan bergas antara lain kubis, kol, jamur, brokoli, dan berbagai jenis sayuran lainnya.

Makanan yang tinggi kandungan gas jika dikonsumsi membuat perut terasa mual dan sakit. Jika hal ini sampai terjadi, tentu saja akan mengganggu puasa anda.

Hindari Makanan Berlemak Tinggi

Pada saat sahur, sebaiknya hindari makanan yang tinggi kandungan lemak. Contohnya seperti gorengan. Selain itu makanan tinggi kandungan garam juga tidak bagus menjadi menu santap sahur anda.

Makanan yang mengandung banyak garam akan menyerap banyak cairan. Apabila hal tersebut sampai terjadi, tubuh anda pun bisa menjadi lemas selama berpuasa.

Baca juga : menu sahur praktis yang sehat.

Hindari Pekerjaan Berat

Saat puasa, hindari atau kurangi terlebih dahulu mengurangi pekerjaan yang terlalu berat. Pekerjaan tersebut tentu saja menguras banyak sekali tenaga dan bisa membuat anda lemas, apalagi jika semalam belum sempat sahur sedikitpun.

Namun bukan berarti selama bulan puasa kita dilarang melakukan kegiatan apapun. Anda tetap bisa beraktivitas seperti biasa, hanya saja durasinya juga harus disesuaikan.

Baca juga : manfaat puasa untuk kesehatan tubuh.

Mencari Kesibukan

Salah satu tips agar kuat berpuasa selama bulan Ramadhan adalah dengan mencari kesibukan. Jika anda hanya berdiam diri saja, tentu saja akan merasa lapar dan selalu ingin berbuka. Solusinya, anda bisa mencari kesibukan kesibukan yang positif.

Beberapa contohnya adalah membersihkan rumah, menyiram tanaman, atau membaca Al Qur’an. Selain itu anda juga bisa bersilaturahmi ke rumah teman untuk ngabuburit bersama. Tetapi ingat, tetap harus jaga jarak dan memakai masker untuk saat ini.

Hindari Tempat Panas

Menghindari tempat panas merupakan salah satu cara efektif untuk membuat anda lebih kuat saat berpuasa. Sebagaimana yang kita ketahui, suhu panas membuat kita bisa kekurangan cairan.

Untuk itu, hindari melakukan kegiatan di bawah terik matahari dalam waktu yang sangat lama. Beralih ke tempat yang lebih sejuk supaya anda tidak merasa kehausan dan kelaparan.

Baca juga : tips menghilangkan bau mulut saat berpuasa

Istirahat yang Cukup

Supaya lancar dan kuat berpuasa disarankan untuk beristirahat pada siang harinya. Paling tidak saat siang hari, beristirahatlah selama 1-1,5 jam. Jangan begadang karena membuat anda bangun kesiangan sehingga sahur pun tidak terlaksana.

Artikel lainnya : aplikasi jadwal puasa terbaik.

Bagaimana tidak sulit bukan? Itulah beberapa tips agar kuat berpuasa dengan cara yang sederhana. Lakukan semua tips diatas jika anda memang ingin bisa berpuasa tanpa merasakan lemas sedikitpun. Sekian dan semoga bermanfaat.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Thanks...
Close
Close