INTERNETTEKNOTips

Tips Agar Terhindar dari Kasus Penipuan Online

Halo sahabat senang berbagi kali ini mimin akan membahas Tips Agar Terhindar dari Kasus Penipuan Online. Penipuan online banyak sekali modusnya seperti penipuan menggunakan akun sosial media. Penipuan Jual Beli Online, Pinjam Online, investasi online, money game dan masih banyak lagi.

Media yang sering mereka gunakan untuk menipu targetnya biasanya akun fake semua misalnya akun instagram fake. Akun Facebook palsu, testimoni produk palsu dan masih banyak lagi kebohongan lainnya. Yang pastinya itu untuk mengelabui targetnya dan bisa jadi anda sebagai calon korban berikutnya.

Mimin waktu SD juga pernah tertipu kalo masuk situs download game pada hp Nokia 3500 classic pas klik link download pada situs. Tiba-tiba ada sms dan sudah berlangganan game mingguan atau RBT dan mimin liat pulsa udah hilang kan kampret ya.

Pernah juga mimin ketipu sama boca nawarin paket data murah dan mimin percaya aja lagih gak tau kenapa. Karena itu mimin dapat dari grup facebook kok kuota bisa murah gitu ya karena penasaran mimin chat deh orangnya.

Akhirnya mimin harus kirim pesan ke nomor apa itu kaya Point Blank gak tau buat apa eh malah ke ambil pulsa mimin juga. Tiba-tiba membeli G-Cash dari Upoin Operator Telkomsel. Sial banget memang haha tapi ga papa lah itu buat pengalaman saja agar tidak terulang lagi.

Balik lagi medianya pasti menggunakan akun palsu bai pada kun facebook, IG dan sosial media lainnya. Belum Lagi dari Situs Money Game, Aplikasi Pinjol, Jual beli barang online dan masih banyak lagi kejahatan dari Internet ini. Berikut Tips agar Terhindar dari kasus penipuan online.

Tips Agar Terhindar dari Kasus Penipuan Online

Tips Agar Terhindar dari Kasus Penipuan Online
Sumber Gambar : corporatecomplianceinsights.com

1. Jangan Jadi Orang yang Polos Teknologi

Tips pertama anda jangan menjadi orang yang polos teknologi usahakan anda sering membaca baik itu artikel atau buku. Yang tentunya kamu harus mencari tahu masalah yang sedang kamu hadapi. Jangan sampe gegabah dan polos ngelakuin sesuatu dengan terburu-buru. Biasanya orang seperti ini sangat sulit terhindari dari kasus penipuan online dan sering menjadi korban. Entah itu ketipu harta, waktu, bahkan kesalamatan anda itu harus anda perhatikan jangan jadi orang yang polos akan teknologi.

Jadi mending kalau ingin polos dan gak mau tau tentang teknologi anda jangan mempunya minimal hp smartphone. Karena secara tidak langsung anda harus mengetahui lebih jauh dampak negatif smartphne anda pegang. Apa lagi kalau anda tidak tau apa-apa mending jangan meladenin apapun itu yang berkaitan dengan teknologi. Ya pada intinya anda harus melek dan sering baca agar terhindar dari penipuan online dari orang-orang jahat dari Internet.

2. Tips Mengatasi Penipuan Pinjam Online dari Instagram, facebook dan WhatsApp

Ok agar terhindar dari kasus penipuan online dari Instagram, Facebook, dan WhatsApp. Ok biasanya penipuan ini sering mempromosikan pinjol dan testimoni terbaik seolah-olah dari pelanggannya. Padahal itu semua fake dia menggandakan akun untuk melakukan ulasan agar yang lain percaya dan menjadi korban dari kasus penipuan Pinjam online ini.

Ok saya tidak tahu masalah anda gimana yang jelas jangan sampe kepancing untuk meminjam online dari instagrm, facebook dan Whatsapp. WA ini bisanya akan mereka gunakan untuk menghubungi anda dan mengikuti perintah dari si penipu. Seperti yang menimpa temen mimin ia gak denger kata-kata dari mimin jangan pinjam pada tempat yang gak jelas misalnya Instagram tapi tetap maksa dan akhirnya ia kena tipu.

Ketipunya itu dari berbagai metode pembayaran mulai dari harus mengirim uang dulu ke Alfamart/Indomart. Kemudian memoto foto ktp + nomor ATM Bank Anda. Lalu meminta nomor dana dan akun Aplikasi Kredit Online anda misalnya Akulaku/ Kredivo.

Itu mereka manfaatkan dan anda akan merka miskinkan sampe gak ada uangnya baik pada kartu atm ataupun harus mengirim uang. Modusnya harus mengirim dulu dan kirim foto kartu ATM agar uang hasil pinjam onlinenya cair. Itu yang mereka lakukan untuk menjerat korban-korbannya dan pada akhirnya si korban sadar sudah ditipu habis-habisan.

Jadi intinya sesuah apapun masalah kalian mending cari yang jelas sumbernya misalnya pada aplikasi Pinjol. Yang sudah jelas sudah ter awasi oleh OJK dan sudah terbukti ada aplikasinya bukannya dari Instagram, Whatsapp dan Facebook. Jika anda tidak rajin membaca maka anda siap-siap menjadi calon korban dari kasus penipuan online ini. Jadi silahkan perhatikan gerak geriknya dan mending jangan anda ladenin. Karena saya suah tahu gerak gerik mereka sampai kapanpun sampai uang anda habis agarmereka mencarikan itu tidak akan berhasil. Karena mereka memang sangat pintar sekali menipu korbannya. Jadi harap anda catat jangan sampe kena tipu dari kasus pinjol dari Instagram, Facebook dan WA ini.

3. Tips Mengatasi Penipuan Investasi Online

Ok ini juga pernah mimin temui saat mimin berada pada bangku SMK waktu itu mimin baru kelas 2. Yang ingin mimin sampaikan waktu itu yang ngajak investnya itu guru mimin sendiri. Ya minimal investnya tidak besar hanya Rp250.000 sajah. Walaupun segitu tetap saja itu uang walaupun hanya 10 ribu itu uang yang sangat sulit kita dapatkan.

Nah pada waktu itu juga mimin dapat ajakan untuk invest online ini. Walaupun nantinya dapet keuntungan yang lumayan namun tetap aja ini system multi level marketing. Sering mereka sebut juga Money Game jadi sangat tidak kita sarankan mengikuti invest online ini agar anda tidak masuk kedalam loba penipuan online ini.

Karena setiap orang biasanya yang mengikuti invest online ini akan mengajak teman yang lainnya untuk bergabung. Jadi anda lebih baik cari bisnis yang real saja. Jangan yang instant seperti investasi online ini karena pada akhirnya akan hancur dan anda bisa jadi termasuk korban dari kejahatan penipuan investasi online ini.

4. Tips Mengatasi Kasus Penipuan Online Money Game

Money Game ini banyak modusnya dulu pada tahun 2015 mimin kenal sebagai PTC karena kita harus deposit biar bisa dapet penghasilan. Selanjutnya investasi online kaya BTC sebut saja dulu BCC yang pernah mimin ikuti dan ujung-ujungnya bangrut juga. Banyak sekali orang yang tertipu dengan Money Game ini. Terutama mereka yang awam yang mempunyai ego tinggi ingin dapet uang instan sebesar-besarnya dengan modal berapun mereka brani pertaruhkan. Ini kesalahan besar memang mimn sudah banyak mencicipi dari kasus Penipuan Online Money Game ini.

Yang terbaru dan terhangat saat ini pada tahun 2020 mereka datang lagi money game versi baru dalam bentuk Apk dan Web Mobile. Systemnya sama dapat profit jika kalian paling pinter cari member dan paling duluan bermain dalam money game ini. Misinya yaitu like video Youtube, Video Instagram, Video Facebook, Postingan Instagram, Postingan Facebook. Like, Subscribe, share misinya hanya itu-itu saja money game terbaru. Jadi kalian harus mengetahui juga misi seperti itu sama saja dan anda harus mengeluarkan uang untuk menjadi member VIP misalnya. Tentunya disinilah kita wajib deposit dan mengeluarkan uang dan orang yang paling belakang biasanya akan menjadi korbannya. Ya itu adalah permainan money game dan paling hangat juga pada tahuhn 2020 ini. Jadi silahkan kalian perhatikan dan jangan sampe jadi korban dari kasus penipuan online ini.

5. Tips Mengatasi Penipuan Jual Beli Online

Ini paling simple sih tinggal kalian jangan sampe membeli barang diluar toko online terpercaya. Karena jika kita beli dari sosial media misalnya dari Instagram kita tidak tahu keasliannya. Mending anda arahin dan miminta barang yang sudah ada pada toko online terpercaya sajah. Untuk menghindari dari kasus penipuan jual beli online. Walaupun system pembayaran bisa COD dan anda ketmu juga sama penjualnya. Ini harus anda perhatikan mulai dari tempat kita melakukan COD dan juga anda harus mengecek barang yang akan anda beli pastinya. Jangan sampe anda terburu-buru untuk membayar sebelum anda fix sudah yankin dan barang 100% sesuai deskripsi yang mereka tawarkan.

Jika anda penjual juga jangan sampe anda tertipu dengan pelanggan yang mungkin memalsukan barang yang sudah mereka terima. Misalnya barang 100 mulus malah mereka kasih rating kecil dan meminta uang merka kembali. Ini harus anda pelajari untuk pelindungan penjual juga jdi anda sebagai penjual juga jangan sampe tertipu oleh pemebli yang nakal. Silahkan lakukan transaksi dengan baik kalau bisa mending dari pihak ketiga yang sudah terpercaya seperti toko online sudah banyak tinggal anda berjualan pada toko tersebut saja. Agar terjamin baik anda sebagai penjual dan juga pembeli sama-sama enak juga memang.

Penjualan barang online juga pada sosial media banyak yang menawarkan harga termurah itu harus anda curigai. Karena banyak orang awam malah tertipu juga dari barang yang dijual pada situs sosial media. Jadi silahkan anda harahkan saja ke toko online terpercaya agar sama-sama tahu penjualnya terpercaya tau tidak bisa anda cek langsung ya. Perhatikan juga rating dan ulasan yang bukan fake agar anda tidak tertipu dari modus penipuan online ini.

6. Tips Agar Terhnidar dari Penipuan Online Paket DATA

Ini pernah mimin bahas dulu penipuan ini memang termasuk penipuan sosial media dan biasa kita temukan pada akun sosial media Facebook. Untuk terhindar dari penipuan online paket data ini jangan sampe anda terkecoh dengan harga murahnya. Karena anda akan tertipu jika percaya dengan orang yang menjual paket data yang sangat murah. Jadi perhatikan untuk membeli paket data pada dial operator masing-masing. Atau anda dapat membelinya dari konter atau toko online terpercaya.

7. Tips Mengatasi dan Terhindari dari Penipuan Konverter Pulsa

Jika anda adalah orang yang gemar mencari pulsa gratis bahkan hingga jutaan anda dapatkan entah dari aplikasi mana anda dapatkan. Perlu berhati-hati penipuan konverter pulsa ini. Biasanya akan menawarkan rate tinggal sehingga kita tertarik menjualnya. Nah untuk menghindarinya silahkan bisa kunjungi situs terpercaya konverter pulsa yang sudah lama terpercaya pastinya. Selain itu tanyakan juga ketemen dekat anda agar merekomendasikan penampung pulsa terpercaya. Tentunya agar anda terhindar dari penipuan konverter pulsa ini.

8. Tips Mengatasi Penipu Jual beli Dollar Paypal

Sama sajah sih seperti yang konverter pulsa jual beli dollar paypal juga ada saja penipuan online misalnya anda sebagai penjual pemula. Yang sudah berpengalaman dia pintar dan setelah anda membayar IDR mereka akan mengajukan dispute atau banding terkait dollar yang mereka sudah jual. Ini sangat merugikan sekali teruatama untuk anda sebagai penjual yang baru merintis banyak temen mimin sudah sudah sukses dari jual beli dollar ini. Namun tidak sedikit pula banyak penipu online yang nakal membuat usaha anda terkadang bikin kita malas karena banyaknya penipu. Memang ia dalam dunia Internet sangat susah sekali mencari kepercayaan. Jadi jika anda memiliki itu pertahankan jangan jadi seorang penipu online. Untuk pemebli anda sebaiknya cari jasa converter dollar terpercaya jangan asal beli dollar salah-salah anda akan jadi korban juga sama Ripper. Jadi jangan asal ya sebaiknya cari tahu apakah terpercaya atau tidak jangan buru-buru dan akhirnya malah jadi korban juga seperti yang sudah-sudah.

9. Tips Mengatasi Penipuan Online dari Whatsapp Undian Berhadiah

Tips ini patut anda waspadai silahkan anda hapus nomor WA yang tidak ada pada kontak Whatsapp anda. Biasanya penipuan online undian berhadiah ini akan menelpon anda bahkan berani VC.

Yang pastinya anda jangan sampe terjebak kedalam kasus penipuan online via whatsapp ini. Karena ada teman mimin yang bertanya juga tentang undian berhadiah ini dia bener-bener sudah terpengaruh dan mengiria itu benar. Karena da pada situsnya juga padahal situs situs gratisan menggunakan blogspot.

Jadi silahkan cek keaslian situsnya juga jangan sampe anda kena tipu lagi dan malah buang waktu penting anda meladeni orang yang gak jelas. Intinya jangan mudah percaya ke orang di era sekarang karena banyak modusnya dan kita sulit sekali membedakan mana yang asli dan mana yang fake.

10. Tips Mengatasi Penipuan Online Lewat Email

Jika anda mempunyai email sebaiknya jangan membuka pada menu spam karena biasanya pada menu itulah email penipuan masuk. Biasanya modus penipuan ini akan mengambil data pribadi kita misalnya. Data Bank seperti Internet Banking, Wallet Bitcoin dan masih banyak lagi. Intinya meraka akan spam dan mencari korban yang masuk pada situs yang sangat mirip sekali seperti aslinya.

Jika kita masuk kedalam jebakan mereka kita sudah pasti akan kena tipu Wallet Bitcoin, ETH, dan Crypto lainnya akan ludes. Tentunya anda harus hati-hati memang pada dunia Internet ini terutama dengan nama pengguna dan password Internet banking anda. Jangan sampe asal login kalau tidak perlu banget.

Pada wallet Crypto juga anda harus melindungi private keys. Karena itu juga dapat terkena spam dan phising dari web jahat yang tidak sengaja kita login. Yang mungkin tidak tahu saat mengikuti Bounty, Airdrop ICO dan event Crypto lainnya. Jadi perhatikan hal itu agar anda dapat mengatasi kasus dari penipuan online lewat email ini.

Artikel Lainnya : Macam-Macam Penipuan via Telepon dan Cara Mengatasinya

Akhir Kata

Itulah Tips Agar Terhindar dari Kasus Penipuan Online banyak sekali memang modus dan medianya untuk menjebak korbannya. Jika tidak banyak bertanya dan menacari tahu bisa-bisa jadi korban berikutnya. Jadi beruntung jika anda mampir dan membaca walapun sebentar tips agar terhindar dari kasus penipuan online ini. Masih banyak memang dan bisa sobat tambahkan ya pada kolom komentar. Ok Terima kasih semoga bermanfaat tipsnya yang dapat membantu anda mengatasi dan terhindar dari penipuan online ini.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
You cannot copy content of this page
error: Thanks...
Close
Close