Tips

Tips Mengatur Waktu Kerja bagi Freelancer

Tips mengatur waktu kerja bagi freelancer

Berbeda dengan pekerja kantoran, para freelancer atau pekerja lepas memiliki waktu kerja yang lebih fleksibel. Namun meski begitu, waktu fleksibel tersebut bukan berarti bisa digunakan untuk bersantai ria. Tetap saja, pekerjaan harus diselesaikan tepat pada waktunya meski tidak diawasi secara langsung. Tentunya dibutuhkan sekali Tips Mengatur Waktu Kerja bagi Freelancer ini.

Menjadi seorang freelancer memang penuh dengan godaan. Meski diberi kebebasan waktu, tetapi sering kali kebablasan hingga pada akhirnya pekerjaan pun jadi keteteran. Karena hal itulah, penting bagi freelancer untuk dapat mengatur waktu dengan sebaik mungkin.

Tips Mengatur Waktu Kerja Bagi Freelancer

Ada banyak pekerjaan yang bisa dikerjakan secara remote. Antara lain penulisan artikel, design grafis, web design, programmer, dan masih banyak lagi yang lainnya. Masing-masing pekerjaan punya tingkat kesulitan masing-masing dan tentu saja membutuhkan durasi waktu yang berbeda-beda untuk menyelesaikannya.

Teruntuk anda para pekerja lepas,

sangat penting untuk membagi waktu dengan baik agar pekerjaan tak keteteran. Berikut ini kami berikan beberapa tips sederhana yang bisa anda lakukan :

Memberikan Batasan Waktu

Selalu bekerja memang bagus dan membuat pekerjaan anda bisa selesai dalam waktu yang cepat. Namun jangan pernah paksaan diri anda untuk menyelesaikan banyak job dalam waktu yang singkat. Berikan batasan-batasan dan anda bisa mencicil pekerjaan tersebut.

Mungkin semula terlihat biasa saja, tapi jika terus dilakukan akan berpengaruh terhadap kesehatan sehingga sisa pekerjaan tidak bisa diselesaikan secara tuntas. Apabila anda mendapatkan klien seperti itu, lebih baik di tolak. Kesehatan anda jauh lebih berharga dan lebih penting

Menentukan Prioritas

Sebagai seorang freelancer, anda juga harus bisa menentukan skala prioritas job yang saat ini sedang anda tangan. Anda harus bisa mensortir job job mana saja yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

Utamakan atau dahulukan job yang mendekati deadline. Ini adalah salah satu tips terbaik mengatur waktu bagi freelancer supaya lebih mudah dan tidak kebingungan dalam menyelesaikan seluruh job yang dipegang.

Selesaikan Pekerjaan yang Mudah Terlebih Dahulu

Tips selanjutnya yang bisa anda terapkan adalah dengan mengerjakan job yang lebih mudah terlebih dahulu. Jika sudah selesai, baru job yang lebih sulit dapat anda coba tuk diselesaikan. Dengan melakukan hal seperti ini bisa membantu anda untuk lebih konsentrasi dengan pekerjaan yang sulit setelahnya.

Jika pekerjaan sisa ada yang tidak dipahami, jangan ragu untuk bertanya kepada klien. Malu bertanya akan membuat anda semakin tidak bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut. Sering seringlah berkonsultasi jika memang dibutuhkan.

Membuat Jadwal

Jam kerja yang terlalu fleksibel sering kali membuat para freelancer jadi berleha leha dan pekerjaan pun menjadi tidak selesai selesai. Apalagi bekerja di rumah, klien tidak mengawasi anda secara langsung. Untuk mengantisipasi hal ini, anda perlu membuat jadwal sebagai salah satu cara untuk mengatur waktu kerja.

Jadwal kerja bisa dibuat menggunakan media kertas ataupun catatan di ponsel cerdas anda. Pastikan catatan tersebut tidak hilang atau terhapus dan simpanlah dengan baik.

Dengan membuatnya, anda bisa tau job job mana saja yang mendekati deadline sehingga harus diselesaikan terlebih dahulu. Selanjutnya anda bisa membuat skala prioritas sesuai apa yang sudah saya jelaskan pada poin sebelumnya.

Baca juga : tips tambahan bekerja dari rumah.

Itulah beberapa tips mengatur waktu kerja bagi freelancer. Selalu disiplin mengatur waktu merupakan salah satu kunci penting jika anda ingin sukses dalam menjalani profesi pekerja lepas. Sekian dan semoga bermanfaat.

Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Thanks...
Close
Close