Home » Tips » 8 Cara Mudah Mengatasi WhatsApp Error Tidak Bisa Kirim Pesan ke Teman atau Grup

8 Cara Mudah Mengatasi WhatsApp Error Tidak Bisa Kirim Pesan ke Teman atau Grup

Halo sahabat senang berbagi, kali ini mimin akan membagikan 8 Cara Mudah Mengatasi WhatsApp Error Tidak Bisa Kirim Pesan ke Teman. Kemaarin hari Selasa tepat 25 Oktober 2022 Whatapp mendadak error tidak bisa kirim pesan ke Teman Atau Grup.

Bahkan dalam Twitter trending #WhatsappDown saat itu sulit mengakses Whatsapp dari pukul 13.44 WIB – 14.22 WIB. Seperti yang dikutip dari Jatim Antaranews Rabu (26/10/22). Tercatat terdapat 6.828 laporan oleh masyarakat layanan WA Error tidak dapat kirim pesan ke teman atau Grup.

Mengatasi hal serupa mengenai Whatsapp Error atau down anda bisa menggunakan cara berikut agar dapat mengatasi hal serupa kemudian hari. Caranyapun sangat simple anda cukup melakukan langkah-langkah sederhana berikut ini untuk mengatasi Whatsapp Error atau Down.

Apa Itu Whatsapp Error Atau Down ?

Whatsapp Error atau down adalah konidisi dimana tidak dapat menggunakan fungsi Whatsapp sebagaimana mestinya seperti kirim pesan, telpon, video call dsb. Salah satu contoh Whatsapp Error Atau Down tidak dapat mengirim pesan ke teman, grup, melakukan panggilan suara dan video Call.

8 Cara Mudah Mengatasi WhatsApp Error Tidak Bisa Kirim Pesan ke Teman atau Grup

cara mengatasi whatsapp error tidak bisa kirim pesan
Image Credit Free Flickr

1. Cek Koneksi Internet

Cara yang paling mudah mengatasi masalah Whatsapp Error tidak bisa kirim pesan ke teman atau Grup dengan mengecek Koneksi Internet. Pastikan koneksi ponsel tidak ada gangguan jika sudah bisa coba untuk mematikan data anda terlebih dahulu lalu hidupkan kembali. Coba kirim pesan ke Teman atau Grup apakah statusnya berubah jika sudah cek list berarti sudah normal silahkan bisa praktekan.

2. Tutup dan Buka Aplikasi

Tutup dan buka kembali Aplikasi Whatsapp anda yang erorr cara ini paling simple memang untuk mengatsi WA saat error. Karena dengan cara ini anda akan menutup proses dalam aplikasi Whatsapp kemudian saat membuka kembali akan terlihat hasilnya. Apakah wa anda sudah normal silahkan praktekan karena cara ini sangat simple sekali. Namun dapat mengatasi sedikitnya masalah tidak dapat kirim pesan dan dan gangguan whatsapp lainnya.

3. Bersihkan Cache

Cara membersihkan cache whatsapp apakah dapat mengatasi masalah saat error? tentu saja dengan membersihkan cache ini aplikasi anda akan ringan. Caranya tekan Whatsapp lalu muncul notif klik info apl klik hapus data lalu klik Bersihkan Cache klik Oke hapus Cache.

Coba buka lagi WA anda kemudian coba test kirim pesan keteman atau grup WA apakah sudah berhasil mengatasinya atau belum. Tentunya caranya sederhana bisa anda langsung coba praktekan agar dapat mengatasi masalah saat error WA.

4. Update Whatsapp

Mengecek status Whatsapp apakah sudah menggunakan Versi terbaru atau tidak jika sudah maka anda tidak perlu update Aplikasi Wa. Jika belum update dengan cara masuk ke playstore ketikan “WA” cari, cek apakah ada update nah jika ada klik update. Done. Cara ini sangat perlu, dikemudian hari terjadi error bisa anda coba, karena aplikasi whatsapp terus mengupdate untuk memperbaiki errornya.

5. Instal Kembali Whatsapp

Whatsapp dihapus karena Error sebaiknya anda instal kembali, karena error ini bersifat sementara dan pastinya dapat anda atasi dengan mudah. Tanpa harus menghapus aplikasinya kita bisa mengatasi error pada aplikasi whatsapp dan memang setiap aplikasi hal biasa jika ada error. Jadi sebaiknya anda instal kembali Whatsapp dan kita bisa mengatasinya dengan cara-cara sederhana tanpa harus unisntal.

6. Restart Hp

Aplikiasi Whatsapp anda error ? nah cara sederhana lainnya anda bisa restart hp anda kemudian lihat hasilnya apakah ada perubahan. Tentunya dengan restart hp akan mengembalikan aplikasi dalam kondisi semula jadi anda dapat mengatasi error jika terjadi pada wa anda.

7. Gunakan Alternatif Pengganti WhatApp

Saat Maintanance atau Whatsapp error anda bisa menggunakan alternatif pengganti Whatsapp, gunakan misalnya Telegram, Facebook, Twitter dan aplikasi alternatif lainnya. Bukan berarti anda harus menghapusnya karena itu akan merugikan anda jika menghapus aplikasi Whatsapp anda. Cukup pakai alternatifnya saat error dan bisa menggunakan keduanya untuk jaga-jaga jika terjadi error lagi.

8. Tunggu Waktu Maintanance Whatsapp

Maintanance memang selalu ada, hal wajar jika ada error pada Whatsapp anda, tunggu waktu down atau maintanance WA selesai. Karena setelah itu WA akan normal kembali seperti biasanya tunggu beberapa jam untuk dapat kembali menggunakan WA secara normal.

Artikel Lainnya : Cara Mudah Membuat Tautan Undangan Panggilan di Whatsapp Terbaru 2022

Akhir Kata

Itulah 8 Cara Mudah Mengatasi WhatsApp Error Tidak Bisa Kirim Pesan ke Teman atau Grup anda bisa coba atasi cara yang termudah. Tidak perlu khawatir WA akan kembali normal karena perusahan meta pemilik Whatsapp bukan perusahaan kaleng-kaleng. Ok Terima kasih.

Tinggalkan komentar