TipsTIPS DAN TRIK

8 Tips Bermain Gitar dengan Cepat dan Mudah Untuk Pemula

Tips Bermain Gitar dengan Cepat Untuk Pemula – Gitar adalah salah satu instrumen musik yang paling populer dan banyak diminati oleh orang-orang di seluruh dunia baik tua maupun muda. Alat musik ini mampu meghasilkan berbagai musik populer yang tentunya sudah tidak asing ditelinga mulai dari dangdut, Pop, Rock, Metal dan lainnya tidak lepas dari pengaruh gitar.

Gitar bukan hanya alat musik yang menghibur saja, akan tetapi juga dapat memberikan kesan kepada yang memainkannya. Contohnya saja jika kita melihat musisi yang konser, mereka begitu terlihat keren dan mempesona saat memainkan gitar dan bernyanyi diatas panggung.

Baca Juga : 9 hal yang Hanya dirasakan Oleh Introvert

Maka dari itu tidak heran, banyak sekali orang-orang yang ingin belajar bermain gitar. Mungkin ada sebagian dari kita menganggap bahwa ada teman atau saudara kita yang memiliki bakat bermain gitar sehingga mereka begitu mudah dan cepat saat belajar bermain gitar.

Ada juga yang minder karena merasa kurang berbakat dalam memainkan alat musik gitar sehingga saat belajar bermain gitar merasa susah.

Nah, kali ini Senangberbagi akan membagikan beberapa tips bermain gitar dengan cepat untuk pemula, yang bisa kamu praktekkan sendiri dirumah. Belajar bermain gitar untuk pemula memerlukan waktu 2 minggu hingga satu bulan untuk menjadi gitaris yang handal. Dalam hal belajar gitar, berhasil atau tidaknya tergantung kepada keseriusan kita dalam mempelajari alat musik ini.

Tips Bermain Gitar dengan Cepat Untuk Pemula

Sebelum kita belajar untuk bermain gitar, alangkah baiknya kita mengetahui apa itu gitar, dan mengetahui bagian yang ada pada gitar tersebut.

Bagian Gitar

bagian Gitar
Sumber Gambar : CaraGitar

Gitar merupakan alat musik yang berdawai (tali senar) yang dimainkan dengan cara dipetik menggunakan jari atau plektrum. Gitar memiliki dua bagian utama, yaitu bagian body gitar yang memiliki fungsi untuk produksi resonansi suara dan bagian leher untuk tempat menaruh senar yang pada umumnya memiliki enam senar.

Secara umum ada dua jenis gitar yaitu akustik dan elektrik. Gitar akustik bisa dimainkan tanpa adanya amplifikasi dan gitar elektrik atau gitar listrik membutuhkan amplifier untuk menghasilkan suara yang cukup nyaring untuk didengar dengan baik.

Berikut ini Tips cara bermain gitar dengan cepat dan mudah untuk pemula yang baik dan benar.

1. Belajar Kunci Dasar Gitar

belajar gitar
Sumber : Pinterest

Pada umumnya gitar memiliki 6 senar atau dawai, diawali dari yang paling bawah (paling kecil) hingga dengan bagian atas atau paling besar. Tidak jauh beda dengan gitar elektrik, gitar akustikpun mempunyai nada yang sama disetiap senarnya.

Yang membedakannya hanya pada saat tunningnya. Berikut ini beberapa senar gitar yang menghasilkan masing-masing nada :

  • Senar 1 menghasilkan nada E
  • Senar 2 menghasilkan nada B
  • Senar 3 menghasilkan nada G
  • Senar 4 menghasilkan nada D
  • Senar 5 menghasilkan nada A
  • Senar 6 menghasilkan nada E

Ada berbagai tangga nada dasar yang harus dipahami oleh seorang gitaris pemula sampai profesional. Untuk bisa menguasai seluruh kunci dasar, kamu perlu mempelajari, melatih hingga menguasai kunci dasar dan tangga nada dasar antara lain nada mayor dan minor.

Baca Juga : 10 Tips Agar Betah di Tempat Kerja Baru

Cara belajar untuk pemula khususnya tangga nada dasar pada gitar, cobalah bermain dan belajar dengan rutin sampai mahir.

2. Ambil Posisi Ternyaman

Setelah mengetahui beberapa kunci dasar, untuk belajar gitar dengan cepat kamu perlu mengetahui cara memegang dan bermain gitar dengan posisi benar. Posisikanlah gitar yang membuat kamu nyaman memegangnya. Sebagai pemula, kamu bisa memangku gitar, dekatkanlah badan dengan gitar ke dada dan perut.

Pastikan juga kamu memilih posisi duduk yang nyaman. Karena kalo kamu tidak nyaman dengan posisi duduk akan membuatmu tidak fokus saat belajar bermain gitar.

3. Belajar Teknik Dasar Memetik Gitar

Setelah mendapatkan posisi yang nyaman dan mengetahui kunci dasar gitar, teknik belajar gitar cepat selanjutnya yaitu dengan mengetahui teknik dasar memetik. Bukan hanya sembarangan mengayunkan tangan ke senar gitar saja, kamu harus mempelajari dan memahami berbagai teknik petikan.

Belajar teknik dasar memetik gitar perlu kamu pelajari agar setiap nada yang dimainkan bisa didengar indah dan merdu.

4. Mulailah Dengan Tempo yang Lambat

Mulailah dengan mempelajari teknik dengan tempo yang lambat. Gunakanlah perasaan pada setiap not yang kamu petik dengan lambat. Jika kamu sudah terbiasa, maka kamu bisa bermain gitar cepat dengan sendirinya.

5. Bermain Gitar dengan Lagu yang kuncinya mudah

Agar tidak timbul kebosanan pada saat berlatih gitar, pilihlan salah satu lagu dengan kunci yang sangat mudah atau yang menggunakan kunci dasar. Apabila kamu sudah menguasai satu lagu, maka untuk tahap selanjutnya kamu akan memahami dengan mudah dalam bermain gitar.

6. Menonton Tutorial di Internet

Internet merupakan sumbernya ilmu selain buku. Segala sesuatu yang kamu cari pastinya dapat ditemukan dengan mudah. Kamu dapat memanfaatkan internet untuk belajar gitar secara mandiri atau otodidak.

Kamu bisa belajar lewat Youtube, Google dan sebagainya dengan melihat beberapa tutorial dapat membantu kamu lebih mahir lagi dalam bermain gitar. Disamping itu diperlukan konsistensi kamu dalam berlatih supaya kamu bisa menguasai cara bermain gitar dengan cepat.

7. Latihan Secara Rutin dan Konsisten

Kalo hanya teori saja tanpa praktek sama saja bohong. Jika kamu ingin bermain gitar dengan mahir haruslah perbanyak praktek dengan rajin berlatih setiap hari dan rutin supaya tangan tidak kaku dan lebih terbiasa ketika menekan senar berdasarkan tangga nada dasar pada gitar.

Artikel Lainnya : Tips Menemukan Restoran Terdekat yang enak Ketika Traveling

Jika hal itu dilatih secara terus menerus dan konsisten maka kamu akan terbiasa dan lebih jago lagi dalam bermain gitar.

8. Belajar Ngulik Lagu

Jika kamu sudah bosan belajar teknik yang monoton, rehatlah sejenak dengan mempelajari lagu baru yang ingin kamu kuasai.

Selain dapat melatih pendengaran, dengan menerapkan teknik-teknik dalam lagu kamu juga bisa bersenandung ria dengan lagu tersebut.

Akhir Kata

Tidak ada sesuatu yang instan, Kalo kita ingin mendapatkan sesuatu maka kita harus siap berproses untuk mendapatkan hasil yang ingin dicapai. Sama Halnya dengan bermain gitar, Jika kita ingin memiliki kemampuan bermain gitar secara profesional maka kita harus tetap konsisten dalam berlatih setiap harinya.

Demikianlah artikel tentang tips bermain gitar yang mudah dan cepat untuk pemula. Semoga bermanfaat

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Thanks...
Close
Close