Life StyleTips

20 Jenis Makanan Khas Lebaran (Hari Raya Idul Fitri)

Hari raya idul fitri adalah hari besar umat yang jatuh pada tanggal 1 syawal. Hari raya idul fitri atau Lebaran dilaksanakan setelah menjalankan ibadah puasa selama sebulan. Dihari besar ini semua orang saling memaafkan. Biasanya umat islam akan saling berkunjung untuk kerumah sanak saudara untuk berlebaran. Setiap orang akan menyediakan makanan khas lebaran untuk menyambut tamu yang datang ke rumah. Pada kesempatan ini, Senang Berbagi akan membahas tentang 20 Jenis Makanan Khas Lebaran. Yuk langsung aja kita simak!

Inilah 20 Jenis Makanan Khas Lebaran

Makanan Khas Lebaran
Sumber Gambar : my.asiatatler.com

1. ketupat

Ketupat adalah makanan khas lebaran yang wajib ada. Ketupat dibuat dari bahan dasar beras yang di masukan kedalam anyaman daun kelapa. Pada hari raya, ketupat biasa dijadikan sebagai pengganti nasi. Ketupat bisa dimakan dengan berbagai lauk pauk yang jiga sering disediakan ketika lebaran. Rasanya lebaran belum lengkap tanpa adanya ketupat.

2. Opor Ayam

Saat lebaran Ketupat dan opor ayam itu sudah menjadi pasangan yang tidak dipisahkan. Ada ketupat pasti ada opor ayam, begitulah kenyataannya. Opor ayam memiliki kuah yang enak dan nikmat sangat cocok dipadukan dengan ketupat. Orang akan membuat opor ayam lebih banyak karena  makanan khas lebaran ini akan sangat diminati oleh tamu. Apalagi bagi mereka yang suka dengan olahan ayam, pasti ini adalah halpertama yang dilirik ketika selesai bermaaf-maafan.

3.Rendang

Bagi mereka yang tidak suka makanan berkuah, rendang ini bisa menjadi pengganti  opor ayam. Makanan khas lebaran ini akan terasa nikmat jika dimasak sedikit pedas, atau bagi yang suka pedas bisa membuatnya sangat pedas sesuai selera. Rasanya juga juga tidak kalah nikmat jika dimakan dengan ketupat.

4.Semur Telur

Semur telur juga merupakan menu  yang selalu ada ketika lebaran. Ini disediakan bagi orang yang tidak terlalu suka makan olahan daging. makanan khas lebaran yang satu ini juga cocok dimakan dengan ketupat sebagai makanan pokok pas lebaran.  Seperti opor ayam, semur telur juga memiliki kuah yang bersantan sehingga rasanya nikmat dan gurih.

5.Semur Jengkol

Semur jengkol menjadi makanan khas lebaran karena disukai sejuta umat dan cocok disajikan dalam acara apapun. Walaupun aromanya kurang enak, tapi rasanya sangat lezat dan nikmat ngalahin menu-menu lainnya. orang yang melihat ini akan bergegas  untuk menyantapnya tanpa ragu.

6. Kupat Tahu

Dihari lebaran, ketupat itu sangat multi fungsi dan bisa dijadikan beberapa menu khas lebaran. Salah satunya adalah kupat tahu yang juga banyak diburu orang. Untuk membuat kupat tahu ini juga sangat mudah. Hanya perlu disiapkan sambal kacang, tahu goreng yang sudag dipotong dadu, kerupuk dan tentunya ketupat. Semua bahan tersebut disajikan secara terpisah. Biasanya tamu akan mencampur sendiri bahan dan bumbu yang sudah disajikan tersebut.

7. Sambal Goreng Ati

Rasa-rasanya makan belum lengkap jika tidak ada sambal. Nah, sambal goreng ati ini adalah salah satu makanan khas lebaran. Akan lebih nikmat jika sambal goreng ati ini dicampur dengan irisan pete. Aromanya yang enak akan semakin menggugah selera untuk makan nih. Semua orang pasti suka dengan sambal goreng ati ini.

8. Nastar

Nastar adalah jenis kue yang palling populer pas lebaran. Bahkan orang akan membuat dan mempersiapkannya jauh-jauh hari. Sebagian besar orang mengganggap nastar merupakan makanan khas lebaran yang paling penting. Rasanya sangat wajib untuk selalu terpajang dimeja tamu tamu dan selalu menjadi buruan yang berkunjung.

9. Astor

Astor yang memiliki bentuk panjang dan bulat seperti pipa ini juga merupakan makanan khas lebaran. didalamnya terdapat coklat seperti lava tetapi ada juga yang tidak pakai isi. Dengan  varian warna yang bermacam-macam dengan rasa yang enak dan renyah, astor ini selalu menjadi buruan anak-anak.

10. Kue Keju

Bagi orang yang tidak terlalu suka dengan rasa manis, mereka pasti akan memilih kue keju untuk cemilan. Makanan khas lebaran ini memiliki rasa yang gurih karena bahan utamanya adalah keju. Untuk pembuatannya juga sangat mudah dan tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya.

11. Rempeyek Kacang

Rempeyek kacang yang terbuat dari tepung tapioka yang dicampur dengan kacang yang sudah dikupas ini juga makanan paforit saat lebaran. selain bisa dijadikan cemilan, rempeyek juga bisa dimakan untuk barengan sama ketupat sayur. Akan terasa lebih enak jika rempeyek dibuat dengan ditambahkan irisan daun jeruk. Selain enak aromanya juga akan sangat harum.

12. Tape Ketan

Tape yang dibuat dengan cara permentasi adalah makanan khas lebaran yang tidak kalah saing. baik ketan hitam maupun putih, rasanya sama-sama nikmat tiada duanya. Rasanya yang manis dan sedikit asam membuatnya menjadi makan khas lebaran yang diincar orang ketika berkunjung kerumah. Tapi, disarankan jangan mengonsumsi tape ketan terlalu banyak karena tidak baik untuk kesehatan.

13. Bolu Atau Brownies

Bolu atau brownies juga merupakan makanan khas lebaran yang tidak pernah terlewatkan. Varian rasa dari bolu dan brownies akan cukup memikat para tamu. orang yang tidak ingin memakan makanan berat sepeti ketuat, biasanya akan memilih bolu atau brownis untuk mereka makan.

14. Rengginang

Rengginang yang terbuat dari beras ketan yang diolah seperti nasi setengah nasi dalu dicetak dan dikeringkan kemudian digoreng. Rasanya yang gurih dan renyah menjadikan makanan khas lebaran ini sangat disukai orang-orang. Rengginang juga sering ada dalam setiap acara.

15. Kembang Goyang

Selain rengginang, kembang goyang juga salah satu makanan khas lebaran yang gurih dan renyah. Kembang goyang dibuat dengan bahan utama terigu yang diadon sangat cair. Proses pembuatannyapun memerlukan ketelitian. Dinamakan kembang goyang karena bentuk cetakannya seperti kembang dan pas digoreng cetakan tersebut digoyang-goyang agar adonan bisa terlepas dari cetakan.

16. Kripik

Salah satu makanan renyah yang tidak pernah terlewatkan adalah kripik. Kripik sendiri memiliki bnayak macam. Ada kripik pisang, kripik ubi, kripik singkong, kripik talas dan masih banyak kripik lainnya. Saking enaknya ketika sekali memakan kripik orang akan seperti candu karena akan sulit untuk berhenti.

17. Wafer

Walaupun sangat banyak makanan dan cemilan lainnya, wafer adalah salah satu makanan khas lebaran yang tidak pernah terkalahkan. Wafer akan selalu habis walau kamu menyediakannya dalam jumlah banyak.  Terdapat banyak sekali varian rasa dari wafer mulai dari coklat, vanilla, susu, cream, kacang, dan masih banyak rasa lainnya yang sangat disukai semua orang.

18. kacang-kacangan

Nah, ini sih paling nggak pernah ketinggalan. Bagi yang suka kacang-kacangan pasti akan selalu menyediakannya dirumah termasuk saat hari lebaran. jenis kacangpun bermacam-macam dan sama-sama mempunyai rasa yang nikmat. Ada kacang tanah, kacang mete, kacang almond, kacang polong, kacang koro dan lainnya. kacang-kacangan ini sangat cocok dimakan ketika santai setelah aktifitas lebaran seharian.

19. Ice Cream

Kalo lagi cape dan kepanasan pati pengennya yang dingin dan segar. Ice cream adalah salah satu pilihan yang tepat untuk menyejukan ketika kepanasan.  Kamu tidak perlu membeli ntuk menikmati ice cream. H-1 atau 2 sebelum lebaran, Kamu bisa membuat ice cream sendiri dirumah dan simpan didalam lemari es untuk dinikmati pas lebaran tiba. Cara buatnya mudah dan bahan-bahannyapun cukup sederhana.

20. Rujak

Walaupun diurutan terakhir tapi rujak selalu menjadi juara disegala situasi. Biasanya rujak dinikmati ketika siang hari. Buah-buahan segar dan sambal rujak yang khas membuat rujak disukai oleh semua golongan.  Baik itu rujak isisataupun rujak bebek rasanya sama-sama nikmat dan bisa menghilangkan rasa lelah setelah aktivitas seharian.

Artikel Lainnya : Lakukan 5 hal ini agar libur lebaran lebih bermakna bersama keluarga

Akhir Kata

Itulah 20 makanan khas lebaran yang selalu disajikan oleh setiap orang. Tujuan orang-orang menyajikan berbagai jenis makanan pada saat lebaran bukan untuk berpoya-poya. Melainkan itu adalah rasa syukur terhadap sang pencipta. Mereka telah menyelesaikan kewajiban mereka untuk berpuasa penuh selama satu bulan. Selain itu juga untuk menyambut para tamu yang berkunjung kerumahnya. Selain ini, masih banyak sekali makanan-makanan khas lebaran lainnya.  Kalian bisa bisa menambahkannya dikolom komentar ya. Sekian dan terimakasih

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Thanks...
Close
Close