Life StyleTechTechnologyTEKNO

Jenis Thermal Scanner, Apa Saja?

jenis thermal scanner

Salah satu benda yang sering terpakai pada masa pandemi Covid 19 ini adalah thermal scanner. Benda ini biasanya ada pada tempat-tempat umum seperti bandara, dan dapat petugas gunakan untuk mengecek tubuh manusia.

Saat Anda ingin berpergian ke luar negeri atau luar kota dengan menaiki pesawat, ketika masuk ke dalam bandara suhu tubuh Anda harus dicek menggunakan alat yang satu ini. Jika suhu tubuh terlalu tinggi, maka Anda tidak boleh melanjutkan perjalanan.

Tak hanya ketika akan naik pesawat, ketika sudah turun di bandara tujuan dan Anda turun dari pesawat, pengecekan suhu tubuh dengan thermal scanner kembali dilakukan. Hal ini dilakukan semata-mata untuk mencegah penyebaran virus corona, baik di tempat pemberangkatan maupun tempat tujuan.

Perlu untuk Anda ketahui, thermal scanner hanyalah alat untuk memeriksa suhu tubuh, bukan untuk mendeteksi adanya virus corona seperti PCR atau swab test. Jadi sebenarnya dalam keadaan suhu tinggi pun, seseorang belum tentu terkena virus corona tetapi hanya merupakan salah satu gejalanya saja.

Jenis-jenis Thermal Scanner

Mungkin hingga saat ini Anda belum pernah tau, ternyata thermal scanner tidak hanya ada satu jenis saja tetapi ada beberapa jenis. Ada dua macam thermal scanner yang banyak digunakan pada saat ini.

Apasaja itu? Berikut daftar dan penjelasannya untuk Anda :

Thermal Gun

Salah satu jenis dari thermal scanner adalah thermal gun yang biasa digunakan untuk mendeteksi suhu tubuh manusia sebelum turun dari pesawat. Thermal gun mampu untuk memeriksa suhu tubuh secara perorangan, sehingga hasilnya menjadi lebih akurat.

Menurut ketua Departemen Fisika Kedokteran/Klaster Medical Technology IMERI FKUI Prasandhya Astagiri Yusuf, alat yang satu ini bekerja dengan cara mengukur suhu tubuh tanpa harus saling bersentuhan. Sebagaimana yang kita ketahui, jaga jarak sangat penting untuk mencegah penyebaran Covid 19.

Tenang saja, thermal gun ini tidak berbahaya kok. Apalagi sampai merusak otak Anda. Thermal gun bekerja dengan cara menerima pancaran inframerah dari benda, bukan dengan memancarkan radiasi, jadi tidak membahayakan sama sekali.

Thermal gun memiliki banyak sekali keunggulan daripada jenis thermal scanner lainnya, alat ini bisa mengukur suhu tubuh secara akurat dan lebih cepat. Selain itu, bisa berguna untuk bayi 3 bulan sampai orang dewasa, jadi hampir semua kalangan usia dapat menggunakannya.

Thermal Scanner Camera

Jenis thermal scanner yang satu ini menggunakan kamera untuk mengecek suhu seluruh bagian tubuh. Thermal scanner camera bisa mendeteksi suhu tubuh atau mengetahui adanya demam tanpa harus menggunakan termometer.

Sebenarnya cara kerjanya hampir sama dengan kamera biasa. Hanya saja, kamera ini sensitif terhadap panas, jadi kalau suhu tubuh seseorang sedang tinggi akan muncul tanda pada kamera tersebut.

Berbeda dengan thermal gun, fitur yang ada pada thermal scanner jauh lebih banyak dan lebih lengkap. Karena hal itulah, alat yang satu ini tak mudah untuk petugas bawa kemana-mana termasuk tidak bisa sembarangan pakai untuk mengetes suhu tubuh penumpang dalam pesawat.

Baca juga : jenis masker terbaik untuk melindungi diri dari virus corona.

Bahkan tak hanya untuk mendeteksi Covid 19 saja, thermal scanner juga berguna untuk mendeteksi sejumlah kondisi medis lainnya yang berhubungan dengan sirkulasi tubuh. Contohnya seperti athritis, nyeri otot, cedera, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Demikianlah penjelasan seputar jenis-jenis thermal scanner yang penggunaannya sangat meningkat saat ini. Benda ini juga banyak dijual di berbagai marketplace dengan harga yang bervariasi. Sekian dan semoga bermanfaat.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Thanks...
Close
Close