Tips

Tips Balik Nama dan Mutasi Kendaraan Agar Murah

Halo sahabat senang berbagi baru lagi nih buat artikel nah kali ini akan membahas tips mutasi dan balik nama kendaraan. Yang mana Tips Balik Nama dan Mutasi Kendaraan Agar Murah bisa kamu coba. Untuk caranya sangat mudah sekali dan bisa kalian coba saat mau balik nama dan juga mutasi kendaraan antar kota/provinsi.

Pengalaman mimin sebelum menggunakan Tips Balik Nama dan Mutasi Kendaraan Agar Murah ini. Pertama hanya balik nama + bayar pajak itu menghabiskan hingga 950 ribu. Lalu yang kedua ini punya ibu saya yaitu mutasi dan balik nama hampir kena getok juga hehe. Karena biaya cabut berkas dari kota asal sudah minta 550 ribu. Tentunya mimin tidak terima karena bia pencabutan hanya 150 ribu untuk kendaraan roda dua dan 250 ribu untuk kendaraan roda empat.

Itu sesuai peraturan pemerintah nomor 60 tahun 2016 “Biaya Pencabutan Berkas (PNBP) Penerimaan Negara Bukan Pajak”. Jadi jika kalian dimintai uang lebih dari 150 ribu pastikan harus prostes ya. Silahkan sebutkan saja peraturan pemerinatah nomor 60 tahun 2016 ini. Mimin jamin petugasnya kucar kacir jika kalian yakin bicaranya. Karena petugas juga akan memiliki rasa takut jika tahu peraturan ini karena tidak tahu jadi kalian biasanya akan mengeluarkan uang lumayan juga. Padahal hanya pencabutan berkas saja.

Lalu untuk biaya mutasi dan balik nama mimin hanya membayar 225ribu untuk biaya pencetakan/peneribitan BPKB baru. Jadi jika kalian pada bagian mutasi kota tujuan sudah harus mengeluarkan uang silahkan tanya. Untuk apa uang itu karena biaya mutasi gratis hanya biaya penerbitan BPKB saja yang harus temen-temen bayar.

Lalu yang terakhir yaitu mengisi formulir penerbitan STNK baru silahkan isi degan berkas yang sudah kamu siapka sebelumnya. Berkas ini untuk melengkapi surat permohonan registrasi kendaraan bermotor anda. Dan surat pedaftaran dan pendataan kendaraan bermotor. Ada dua formulir yang mesti kalian isi silahkan isi nomor Registrasi dengan nomor yang baru. Jangan menulis nomor registrasi dan nama pemilik yang lama silahkan isi dengan data yang baru ya. Karena kita akan balik nama dengan identitas yang baru. Nanti mimin bahas pada artikel lainya nah berikut adalah tips yang bisa kalian coba agar proses mutasi dan balik nama menjadi murah.

Tips Balik Nama dan Mutasi Kendaraan Agar Murah

Tips Balik Nama dan Mutasi Kendaraan Agar Murah

1. Jangan Pakai Biro Jasa/CALO

Tentu saja dengan menggunakan biro jasa/calo balik nama dan mutasi kendaraan bermotor atau mobil anda agak jauh lebih mahal. Biasanya akan lebih murah dengan anda langsung melakukannya sendiri. Walaupun anda tidak tau yang mimin sebutkan diatas. Biaya balik nama dan mutasi kendaraan ini tentunya akan lebih murah jika anda melakukannya sendiri. Seperti yang saya lakukan walapun belum tau apa-apa saya melakukannya sendiri dan benar kata petugas bagian mutasi jika kita sendiri itu lebih murah. Tentunya bisa hemat hingga 500 ribu namun jika sobat tahu lebih jauh akan hemat hingga 600 ribu lebih. Paling mahal anda hanya akan mengeluarkan uang 1 juta itu sudah termasuk pajak kendaraan bermotor anda dan tentunya bisa kalian coba juga.

2. Tahu Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2016

Jika sobat tahu peraturan pemerintah No.60 tahun 2016 ini pastinya baik mutasi dan juga balik nama akan sangat mura. Karena biaya pencabutan berkas juga hanya 150k untuk motor dan 250k untuk mobil. Lalu penerbitan BPKB pada kota tujuan hanya 225k dan kendaraan roda empat375k saja. Nah tinggal bayar pajak saja deh dan penerbitan STNK di kantor samsat kota tujuan kamu. Mimin juga hemat hingga 650k hanya sekedar tahu saja tentang peraturan pemerintah ini. Lucunya mimin tidak begitu paham karena ada rincian biaya mulai dari pencabutan hingga penerbitan BPKB baru. Jadi bisa kalian cari tahu dan silahkan cetak seperti yang mimin lakukan jika memang belum tahu. Akan tetapi jika sudah paham silahkan langsung bicara saja jika kalian dimintai biaya lebih saat penerbitan BPKB barunya. Tentunya tips ini akan membuat murah biaya mutasi dan balik nama kendaraan anda.

3. Ikuti Promo Gratis BBNKB

Jika sobat mengikuti informasi ada loh promo gratis BBNKB ke-2 dan bebas biaya denda kendaraan bermotor. Jadi sebaiknya jika ingin balik nama bisa coba nih mengikuti promo Gratis BBNKB. Tentunya tidak ada biaya tambahan dan bebas bea balik nama ke-2 dan bebas denda kendaraan bermotor. Silahkan bisa temen-temen ikuti dan cari tahu promo Gratis BBNKB ini agar proses mutasi dan balik nama sobat lebih murah lagi.

Artikel Lainnya : Cara Bayar Pajak Motor ke Samsat Tanpa Harus Ngantri

Akhir Kata

Itulah Tips Balik Nama dan Mutasi Kendaraan Agar Murah menurut pengalaman mimin pribadi. Jadi silahkan dapat sobat praktekan juga jangan sampe melalui biro jasa karena itu akan membuat mahal biaya pengurusan balik nama dan mutasi kendaraan anda. Jadi silahkan bisa anda coba ya tipsnya semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
You cannot copy content of this page
error: Thanks...
Close
Close