TipsTIPS DAN TRIK

Macam-Macam Penipuan Undian Berhadiah dan Cara Mengatasinya

Macam-macam penipuan undian berhadiah

Saat ini ada macam-macam penipuan undian berhadiah yang pastinya pernah Anda terima. Baik melalui SMS, pesan Instagram, atau pun melalui telepon langsung. Meskipun modus penipuan ini sudah dianggap “murahan”, namun masih banyak saja masyarakat Indonesia yang tertipu trik yang sama.

Sebab selain bermodalkan spam SMS dan pesan ke banyak nomor sekaligus, para oknum penipu ini juga akan memainkan psikologi Anda agar percaya seakan-akan undian tersebut benar adanya. Di tambah lagi mereka mengatasnamakan perusahaan besar seperti Shopee, Tokopedia, Telkomsel, dan bank ternama.

Bahkan tak jarang para pelaku melakukan riset terhadap siapa pemilik nomor-nomor dan akun media sosial yang mereka incar.

Macam-Macam Penipuan Undian Berhadiah dan Modusnya

Nah agar tidak ikut menjadi korban dari penipuan dengan modus undian palsu, baiknya Anda pahami apa saja macam-macam penipuan undian berhadiah berikut ini.

1. Penipuan Melalui Pesan Media Sosial

Salah satu modus penipuan terbaru sekarang adalah mengirimkan pesan ke media sosial korban, baik IG, FB maupun WA, dengan mengatasnamakan perusahaan tertentu yang umumnya toko online.

Tidak jarang para pelaku menggunakan akun yang sudah ter-verified, alias memiliki tanda centang biru. Dan untuk memenuhi keinginannya, para penipu akan meminta Anda mengirimkan kode OTP dari akun media sosial atau toko online.

Dengan begitu, mereka bisa masuk ke akun toko online Anda dan menggunakan seluruh saldo yang ada di dalamnya tanpa harus mengetahui kata sandi akun tersebut.

2. Penipuan Undian Berhadiah Melalui SMS

Berikutnya ada modus penipuan yang paling banyak diterima oleh masyarakat, yaitu melalui SMS dengan mengatakan bahwa Anda telah memenangkan undian tertentu dan mendapatkan hadiah mobil, uang tunai bahkan tiket ibadah haji.

Berbeda dengan penipuan yang terjadi melalui pesan online, modus yang satu ini akan meminta Anda mengirimkan sejumlah uang ke rekening mereka dengan alibi sebagai jaminan.

Tak jarang jumlah uang yang harus dikirim hingga puluhan bahkan belasan juta rupiah.

Baca juga : tips belanja online agar tidak tertipu.

3. Penipuan Undian Berhadiah Melalui Telepon

Modus penipuan undian berhadiah yang selanjutnya adalah melalui telepon. Bisa dibilang modus yang satu ini paling berbahaya dan paling banyak memakan korban.

Umumnya, pelaku mengatakan bahwa mereka dari bank tertentu. Selain itu, mereka menyampaikan bahwa nomor rekening tempat yang Anda miliki telah memenangkan undian berhadiah. 

Dengan kata-kata yang meyakinkan, masyarakat Indonesia bisa menelan semua ucapan pelaku mentah-mentah karena sudah tergiur dengan hadiah tersebut

4. Penipuan Undian Berhadiah Melalui Email

Yang terakhir, penipuan undian berhadiah ini dikirim melalui akun email dan biasanya bisa lolos penyaringan spam. Jika Anda membuka pesan email ini, seluruh informasi pribadi seperti kata sandi, email

dan kode verifikasi 2 langkah akan terlihat oleh pelaku penipuan.

Dengan begitu, Anda tidak akan bisa membuka akun email lagi karena seluruh kata sandinya sudah berubah karena pelaku.

Untuk para karyawan kantoran atau pekerja kreatif yang sebagian besar pekerjaannya dikirim menggunakan email, tentu hal ini sangat mengganggu dan bisa menimbulkan kerugian material.

Itulah dia macam-macam penipuan undian berhadiah yang wajib Anda waspadai. Jika tidak ingin menjadi korban dari modus penipuan sama, hindari membuka link dari pengirim tidak dikenal, hindari menerima telpon dari nomor asing. Dan jangan mudah percaya pada orang-orang yang mengaku dari perusahaan tertentu.

Selainitu, jangan pernah mengirimkan informasi pribadi apapun secara online, apalagi kepada orang yang sangat asing.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
You cannot copy content of this page
error: Thanks...
Close
Close