Tips

Kenapa Sertifikat Pelatihan Tidak Tampil di Situs Prakerja

Halo sahabat senang berbagi kali ini akan sedikit memberikan alasan Kenapa Sertifikat Pelatihan Tidak Tampil di Situs Prakerja. Jadi banyak sekali yang menanyakan kenapa sertifikat pelatihan prakerja kita tidak kunjung Tampil pada dashboard kartu Prakerja. Mimin juga ada 3 akun sampai saat ini belum juga tampil pada halaman situs prakerjanya.

Kira-kira apa saja ya alasan atau masalah yang menyebabkan sertifikat pelatihan prakerja kita tidak kunjung keluar. Nah untuk mengetahui alasannya temen-temen bisa mencoba cara mimin berikut, untuk melakukan pengecekan baik itu dari penyedia pelatihan atau tempat temen-temen mebeli pelatihan prakerja tersebut. Nah berikut adalah Alasan Kenapa Sertifikat Pelatihan Tidak Tampil di Situs Prakerja.

Kenapa Sertifikat Pelatihan Tidak Tampil di Situs Prakerja ?

Kenapa Sertifikat Pelatihan Tidak Tampil di Situs Prakerja

1. Ada Masalah Pada Platform Tempat pembelian pelatihan Prakerja

Nah perlu temen-temen ketahui jika sudah menyelesaikan pelatihan prakerja mulai dari sudah Pre-Test, tonton semua materi dan Post Test bahkan sudah keluar sertifikat dari penyedia pelatihan. Namun sertifikat tidak tampil di situs prakerja ini harus temen-temen cari tahu. Kenapa sertifikat tidak tampil padahal semuanya sudah beres. Jadi yang harus sobat cek yang pertama platform tempat membeli pelatihannya.

Sesuai pengalaman masalah pada platform tempat membeli pelatihan misalnya Tokopedia. Pada tanggal 24 September ada kendala dari sertifikat kartu prakerja kemudian pihak Tokped sedang melakukan pelaporan terkait masalah tersebut ke pihak Prakerja. Nah ini menjadi kendala + alasan kenapa sertifikat kita tidak kunjung tampil. Ya padahala kita sudah berhasil menyelesaikan semuanya.

Jadi harus cek dulu masalahnya dimana agar tidak salah dalam mengambil tindakan saat sertifikat tidak keluar-keluar. Untuk mengeceknya tinggal klik pada transaksi yang sudah berhasil lalu masuk pada menu bantuan. Setelah itu klik saya belum terima sertifikat prakerja. Nanti akan ketahuan masalahnya jadi tinggal tunggu saja masalah ini terselesaikan dan kita nanti tinggal cek sertifikat pada halaman dashboard kartu prakerja.

2. Masalah Belum Menyelesaikan Kelas Pelatihan Prakerja

Yang kedua ini masalah belum menyelesaikan kelas pelatihan Prakerja berarti pada situs tempat kita melakukan pelatihan. Nah cek lagi apakah ada Video yang belum selesaik atau belum terceklist. Karena biasanya hal sepele ini sering ada kemudian untuk menyelesaikannya harus menonton video pelatihan sampai selesai. Pihak platform juga menyarankan sampai mendapatkan sertifkat dari penyedia pelatihan. Karena ada dua sertifikat yang kita dapat sertifikat kelulusan dan sertifikat kompetensi.

Mengatasi masalah kelas ini harus sabar menyelesaikan video satu per satu agar tidak ada yang terlewat. Apalagi kalau ingin instan menggunakan aplikasi untuk mempercepat tonton video. Mimin sarankan untuk pelatihan pertama menggunakan cara wajar agar proses pelatihan sampai keluar sertifkat bisa segera terselesaikan. Jangan menggunakan jasa joki kalau sudah masuk pada tahap ini agar anda dapat memperoleh sertifikat dan mendapatkan insentif dari Program prakerja ini.

3. Salah Memilih Pelatihan Kelas Online Prakerja

Nah ini harus kalian perhatikan jangan sampe salah memilih pelatihan kelas online prakerja agar sertifikat tidak sulit tampil. Karena salah-salah akan sedikit lama untuk tampil atau keluar dari lembaga pelatihan.

Contoh yang salah misal anda tidak tahu pelatihan yang ada webinar dan yang tidak ada webinarnya. Ini bisa jadi salah kalau membeli pelatihan yang ada webinarnya tetapi anda mungkin tidak hadir saat kelas online berlangsung. Otomatis anda akan kehilangan waktu pelatihan prakerja apalagi ini pelatihan pertama bisa-bisa harus membuat jadawal ulang. Bahkan jika tidak tahu anda tidak melakukan apa-apa dan sertifikat sampai kapanpun tidak akan keluar.

Jadi wajib tahu ya jangan salah pilih pelatihan jadi ada 3 jenis pelatihan prakerja yang perlu anda ketahui. Yang pertama pelatihan tanpa webinar jadi kita hanya cukup tonton semua materi video, mengerjakan pretest, kuis dan Post Test saja. Kemudian yang kedua yang ada webinarnya kita harus hadir pada saat sesi webinar berlangsung.

Nah saat hadir temen-temen harus sudah siap catatan ya karena setelah kita absen kita mulai mengikuti webinarnya biasanya saat sesi terakhir harus isi Post Test. Nanti baru deh kita bisa dapat sertifikat pelatihannya. Yang terakhir pelatihan Offline ini pelatihan yang bisa temen-temen ambil misal dari situs Kemnaker yang memberikan pelatihan secara offline.

Namun kebanyakan ambil pelatihan yang tidak ada webinar atau yang ada webinarnya. Jadi pastikan temen-temen tahu ya agar tidak salah dalam memilih pelatihan prakerja ini.

4. Tidak Mengecek Alur Pelaporan Sertifkat dari lembaga pelatihan ke Platform dan Ke Pihak Prakerja

Yang ke-4 ini wajib tahu juga yaitu kita harus terus memantau alur pelaporan sertifkat kita dari lembaga pelatihan ke platform dan ke pihak Kartu Prakerja. Misalnya ada kendala pada saat pelaporan ke pihak platform digital nah temen-temen bisa minta bantuan CS dari Platform tersaebut untuk mengatasi kendala temen-temen.

Apakah harus pelaporan ulang atau harus submit ulang agar dapat menyelesaikan masalahnya. Atau mungkin pada pihak Prakerjanya mungkin tidak kunjung selesai mengenai sertifkat kita jadi nanti dapat kita tanyakan ke bagian pihak dari Prakerjanya. Jadi kita harus mantau terus sampai keluar terutama untuk sertifkat pertama kaian pada program kartu prakerja temen-temen.

5. Kurang Tepat Memilih Tempat Pelatihan

Ada yang memberi masukan misalnya pelatihan pertama itu mending cari tempat pelatihan yang gampang keluar sertifikatnya. Jangan dulu kita nyari Cashback atau pelatihan sesuai keterampilan kita. Ini menjadi alasan kenapa sertifikat temen-temen lama sekali tampilnya. Karena kurang tepatnya memilih tempat pelatihan prakerja. Karena mungkin ada cashbacknya jadi ambil yang ada cashbacknya dari pada memilih pelatihan yang tidak ada untungnya hanya menawarkan sertifikat saja.

Nah ini juga wajib temen-temen ketahui pada pelatihan pertama mending ambil yang paling cepat keluar saja sertifikatnya. Banyak pada digruf facebook yang merekomendasikan pelatihan yang cepat keluar sertfikatnya. Harga pelatihannyapun terjangkau hanya 150 ribuan saja. Nah mending ambil yang cepat keluar dulu baru nanti kita beli yang ada cashbacknya.

Jadi jangan sampe salah juga nih memilih tempat pelatihan. Karena paling sensitif pelatihan pertama kalau telat tampil pada halaman situs prakerja bisa-bisa kita agak lambat juga dapat insentifnya. Ok itulah ke-5 Alasan yang menghambat sertifikat kita tidak tampil pada situs halaman prakerja.

Artikel Lainnya : Cara Membeli Pelatihan Prakerja di Situs Pakar Terbaru

Akhir Kata

Itulah 5 Alasan Kenapa Sertifikat Pelatihan Tidak Tampil di Situs Prakerja bisa temen-temen cek satu persatu dimana letak kesalahannya. Yang terpenting keluar aja dulu sertifikatnya jangan ambil tempat pelatihan yang sekiranya lambat dalam memproses pelatihan prakerja temen-temen. Ok Terima kasih.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
You cannot copy content of this page
error: Thanks...
Close
Close