Tips

10 Tips Kerja Aman di Era New Normal

Setelah kurang lebih tiga bulan pemerintah menghimbau masyarakat Indonesia untuk melakukan aktivitas dirumah untuk mencegah penularan Covid-19. Kini pemerintah mengambil kebijakan baru yang disebut New Normal, berikut tentang Tips Kerja Aman di Era New Normal.

Apa itu New Normal?

Yang di maksud New Normal disini adalah tatanan baru untuk melakukan aktivitas ditengah wabah yang masih melanda. Kita dituntut untuk bisa beradaptasi dan hidup berdampingan dengan virus.

Hal ini dilakukan untuk memperbaiki perekonomian masyarakat yang sudah tidak stabil. Oleh karena itu, saat New Normal masyarakat bisa kembali melakukan aktivitas bekerja seperti biasanya. Namun dengan catatan harus tetap berhati-hati agar tidak tertular virus.

Pada kesempatan ini, Senang Berbagi akan memberikan 10 tips aman saat bekerja dan melakukan aktivitas saat New Normal berlangsung.

Inilah 10 Tips Kerja Aman di Era New Normal

Tips Kerja Aman di Era New Normal
Sumber Gambar : www.truedigitalpark.com

1. Mempersiapkan Mental

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mulai bekerja di era new normal adalah menyiapkan mental. Kalian yang akan melakukan aktivitas harus benar-benar siap dan tidak merasa cemas. Karena jika kalian masih merasa takut dapat membuat sistem imun menurun. Kalian perlu menyiapkannya dengan matang dan tetap waspada selama melakukan aktivitas.

2. Jaga Jarak (Social Distancing)

Jaga jarak adalah salah satu upaya yang cukup efektif untuk mencegah penularan virus. Maka dari itu, agar tetap aman bekerja di era new normal yaitu tetap jaga jarak. Kamu harus tetap jaga jarak baik diperjalan maupun ditempat kerja. Hindari kerumunan dan tidak melakukan kontak fisik dengan siapapun.

3. Menjaga Kebersihan Area Kerja

Seperti yang kita ketahui, virus sangan benci dengan tempat yang bersih. Karna disana mereka tidak akan bisa hidup dan berkembang biak. Oleh karena itu, salah satu tips aman bekerja di era new normal adalah dengan menjaga kebersihan area kerja. Usahakan area kerjamu dibersihkan selama 4 jam sekali dengan menggunakan disinfektan.

4. Cek Suhu Tubuh

Cek suhu sangat penting untuk dilakukan, dimana dengan melakukan cek suhu kita akan tahu apakah kita terjangkit virus atau tidak. Lakukan cek suhu setiap hari agar kita tetap aman melakukan aktivitas kerja di era new normal. Suhu tubuh normal yaitu  36-37 derajat celcius. Jika diatas itu sebaiknya kamu tetap dirumah karena kesehatanmu sedang tidak stabil. Kamu juga bisa periksakan diri kamu ke dokter untuk memastikan kamu tidak terkena virus.

5. Mengatur Asupan Nutrisi

Selama melakukan aktivitas kerja saat new normal, kamu tetap harus menjaga asupan nutrisi bagi tubuh kamu. Perbanyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang mengandung vitamin C. Kamu juga perlu mengonsumsi suplemen agar kamu tetap aman dan tidak mudah terserang virus dan penyakit.

6. Memakai Masker

Hal yang satu ini tidak boleh kamu lupa ketika melalukan aktivitas di era new normal. Pakailah masker dari awal kamu keluar rumah sampai kembali lagi kerumah. Diluar sana mungkin saja masih banyak virus beterbangan tanpa kita tahu. Pakailah masker kain yang bisa dicuci, kamu juga harus mempunyai beberapa stok masker agar setiap hari kamu bisa ganti masker. Jangan gunakan satu masker yang sama untuk beberapa hari, gunakanlah hanya untuk sehari saja lalu langsung cuci agar kamu tetap aman.

7. Gunakan Alat Pembayaran  Digital

Uang adalah salah satu media virus yang sangat gampang menyebar dan menular. Oleh karena itu, selama pandemi ini belum berakhir manfaatkanlah pembayaran digital saat berbelanja. Jika melakukan transaksi cash, segeralah cuci tangan pakai sabun atau gunakan hand sanitizer. Kamu wajib membawa hand sanitizer selama bepergian keluar rumah agar tetap aman saat melakukan aktivitas kerja selama era new normal.

8. Membawa Bekal Dari Rumah

Bukanlah hal mudah harus melakukan aktivitas ditengah pandemi, namun kita harus bisa memeranginya. Cara paling mudah adalah dengan membawa bekal makanan dari rumah. Hal ini sangat efektif ketika kamu melakukan aktivitas diera new normal. Jadi kamu tidak akan membeli makanan dari luar yang tidak kita tahu apakah makanan itu bersih dan sehat. Selain itu kita juga tidak akan banyak melakukan kontak fisik dan transaksi.

9. Waktu Kerja Tidak Terlalu Panjang

Waktu bekerja dalam sehari maksimal adalah 7 jam. Usahakan tidak ada kerja lembur agar kamu bisa istirahat dengan cukup. Jika kamu bekerja lebih dari waktu kerja itu akan membuat kamu kekurangan waktu istirahat dan menyebabkan kekebalan tubuh menurun.

10. Tidak Menyimpan Aksesoris Di Meja Kerja

Kalian yang sangat suka mengoleksi aksesoris dan dipajang dimeja kerja. sebaiknya untuk saat ini kalian hilangkan kebiasaan itu, upayakan tidak ada aksesoris yang terpajang dimeja kerja. mungkin saja virus bersarang di aksesoris atau pernak-pernik yang ada dimeja. Selama menghadapi era new normal berlangsung, usahakan hanya ada komputer dan buku atau dokumen penting yang ada dimeja kerjamu.

Artikel Lainnya : 10 Paket Internet Rumah Unlimited

Akhir Kata               

Nah, itulah 10 Tips Kerja Aman di Era New Normal. Memang hal kecil, namun sering kali kita mengabaikan hal tersebut. Sekecil apapun upaya pencegahan yan g kita lakukan, itu akan sangat bermanfaat bagi orang banyak. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dan saling mengingatkan. Selamat bekerja untuk para pejuang rupiah.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
You cannot copy content of this page
error: Thanks...
Close
Close