Life StyleTips

Tips Menghemat Pulsa Listrik di Rumah

Tips Menghemat Pulsa Listrik di Rumah – Pada masa pandemi seperti saat ini, penggunaan listrik semakin meningkat. Pasalnya kita kerap kali menggunakan piranti elektronik seperti komputer dan semua itu memakan daya listrik yang tidak sedikit.

Terlebih lagi bagi orang-orang yang bekerja dari rumah atau work from home. Sudah pasti mereka membutuhkan banyak listrik daripada sebelumnya saat masih bekerja di kantor.

Menggunakan banyak listrik membuat pengeluaran meningkat drastis karena Anda harus membeli token listrik dalam jumlah yang tidak sedikit. Terutama sejak masa Pembatasan Sosial Berskala Besar banyak pengaduan ke PLN akibat tagihan listrik yang terus membengkak.

Tips Menghemat Pulsa Listrik (Token)

tips menghemat pulsa listrik

Daripada hanya marah-marah saja, alangkah lebih baik jika Anda mengetahui cara-cara menghemat penggunaan listrik sehingga pengeluaran untuk token bisa diminimalisir. Kami sudah merangkum tips-tipsnya pada konten berikut ini :

Jangan Boros!

Ini menjadi cara paling mudah untuk bisa menghemat pengeluaran listrik pintar. Bukan berarti Anda harus membatasi pemakaian listrik sehingga dapat mengganggu WFH Anda, tetapi listrik harus Anda pakai secara bijak.

Sebagai contoh gunakan komputer saat bekerja saja, matikan televisi saat tidak Anda pakai, dan nyalakan listrik hanya ketika rumah benar-benar membutuhkan aliran listrik. Insyaallah jika Anda bisa bijak, pengeluaran listrik pun tak akan membengkak.

Menggunakan AC Berdaya Rendah

AC yang berdaya tinggi merupakan salah satu penyebab borosnya pulsa listrik. Apalagi jika Anda menggunakannya secara terus menerus dari pagi hingga malam hari.

Solusinya adalah menghemat penggunaan AC atau mengganti AC dari yang berdaya tinggi ke berdaya rendah. Atau bisa juga menggunakan kipas angin yang sudah pasti tidak menyedot listrik dalam jumlah besar.

Menggunakan Lampu LED

Tips menghemat pulsa listrik selanjutnya adalah dengan menggunakan lampu LED untuk mengganti lampu bohlam biasa. Harganya memang sangat mahal , akan tetapi lampu jenis ini jauh lebih hemat.

Tak hanya itu saja, usia lampu juga lebih panjang daripada bohlam biasa. Tak mengapa keluar uang banyak di awal tetapi kedepannya tidak banyak pengeluaran untuk kebutuhan listrik.

Mengurangi Penggunaan Magic Com

Berdasarkan pengalaman pribadi, memasak nasi menggunakan magic com menghabiskan listrik yang tidak sedikit. Saya pernah membeli token listrik denim 20 ribu dan setiap hari saya masak nasi menggunakan magic com, dan hasilnya kurang dari dua minggu token sudah habis.

Sebagai gantinya, Anda bisa memasak nasi menggunakan kompor. Dan rasanya jauh lebih nikmat karena proses memasaknya lebih alamiah.

Baca juga : cara beli token listrik tanpa keluar rumah.

Cabut Steker Listrik Jika Tidak Digunakan

Walau Anda tidak menghidupkan alat-alat elektronik namun steker listrik tidak tercabut, maka listrik akan tetap tersedot. Jadi walaupun alat elektronik tidak menyala, namun listrik tetap berjalan.

Sebagai contoh, saat Anda tidak mencabut charger handphone dari stop kontaknya maka akan menghabiskan 1 watt dalam waktu satu jam saja. Contoh lain modem internet yang tidak tercabut ternyata menghabiskan listrik sampai 4 watt selama satu jam.

Perbanyak Tanaman

Apa hubungannya tanaman dengan penghematan listrik? Tentu saja ada hubungannya. Adanya tanaman hijau membuat suasana rumah menjadi lebih segar dan sejuk sehingga Anda dapat mengurangi penggunaan AC atau kipas angin.

Bahkan mungkin saja Anda tak butuh kipas angin lagi jika kondisi rumah dan sekitarnya sudah sejuk dan tak lagi terlalu panas.

Baca juga : tips mendapatkan listrik gratis.

Itulah beberapa tips menghemat pulsa listrik. Bijak menggunakan listrik merupakan langkah terbaik untuk menyelamatkan bumi. Sekian dan semoga bermanfaat.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
You cannot copy content of this page
error: Thanks...
Close
Close