Life StyleTips

Tips Bekerja dari Rumah agar Tetap Produktif

tips bekerja dari rumah

Karena mewabahnya virus Corona, kini pemerintah pusat maupun daerah memberikan imbauan kepada perusahaan untuk merumahkan karyawannya. Para karyawan di minta untuk bekerja di rumah untuk mencegah penyebaran virus Covid 19 ini. Tentunya Tips Bekerja dari Rumah agar Tetap Produktif sangat membantu sekali khusus buat kamu yang tidak mau kehilangan pekerjaan kamu sehari-hari.

Selain karyawan kantoran, para freelancer sudah tentu kerap melakukan work from home atau bekerja dari rumah. Sebenarnya, dimana pun kita bekerja sekalipun hanya dari rumah bukanlah sebuah masalah asal anda memang benar-benar paham apa yang tengah dikerjakan.

Beberapa Tips Bekerja dari Rumah

Para pekerja harus tetap produktif di tengah mewabahnya Corona walaupun bekerja di tempat yang tidak biasanya. Berikut ini beberapa tips sederhana melakukan pekerjaan dari rumah agar tetap produktif :

Buat Tempat Kerja Senyaman Mungkin

Ketika anda kerja di rumah dengan laptop ataupun komputer sangat penting untuk menata tempat kerja anda senyaman mungkin sehingga bisa bekerja dengan lebih maksimal. Cara sederhana, anda bisa mulai melakukan penataan pada bagian meja dan kursi.

Tak ada salahnya jika ingin membuat workspace selayaknya seperti di kantor anda. Bisa dilakukan dengan cara menambahkan beberap printilan tanpa harus meninggalkan kesan nyaman dan kasual di dalam rumah. Anda pun tidak akan merasa jenuh.

Tetap Harus Mempersiapkan Diri

Pengalaman kerja di rumah yang saya ketahui tidak sedisiplin ketika bekerja di kantor. Kebanyakan orang lebih santai dan tidak mempersiapkan semuanya dengan baik. Alhasil, pekerjaan pun banyak yang molor dan terbengkalai.

Padahak kerja dimana pun itu sama saja. Anda harus tetap disiplin dan mempersiapkan semuanya dengan matang. Mulai dari bangun tidur, mulai mempromosikan peralatan, durasi kerja, hingga pekerjaan tersebut selesai dilakukan. Membuat suasana sama seperti saat di kantor, dapat meningkatkan produktivitas Anda ketika harus kerja di rumah.

Tetap Harus Mengatur Jadwal

Tips bekerja dari rumah berikutnya yang harus anda lakukan adalah tetap membuat jadwal sama halnya ketika masih bekerja di kantor. Jika hal ini tidak dilakukan, biasanya membuat kita merasa bosan dan lupa melakukan pekerjaan yang seharusnya dikerjakan.

Maka dari itu, anda tetap harus menjadwalkan semuanya dengan baik. Mulai dari memasang alarm untuk bangun pagi hingga malam hari saat hendak tidur. Biasakan diri untuk hidup disiplin supaya hari hari tetap selalu produktif.

Posisi Kerja yang Nyaman

Ketika anda melakukan WFH (Work From Home), sebenarnya anda bisa memilih tempat apapun di dalam rumah untuk bekerja. Bisa di kamar tidur, ruang keluarga, teras rumah, ataupun yang lainnya sesuai dengan pilihan anda.

Selera orang tentu saja berbeda-beda. Ada yang nyaman bekerja di taman, ada yang nyaman bekerja di halaman, dan ada juga yang merasa nyaman jika hanya bekerja di dalam kamar. Pilih tempat kerja yang membuat anda merasa tidak bosan ketika harus bekerja dalam waktu yang sangat lama.

Namun saya sarankan, sebaiknya tidak bekerja langsung di atas kasur supaya anda tidak mudah ketiduran. Alternatif terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menyiapkan meja dan duduklah di atas kerja, mulailah bekerja dari tempat tersebut.

Jangan Ada Kegiatan Lain

Saat anda harus bekerja secara full pada hari itu, pastikan hanya fokus bekerja tanpa adanya kegiatan lain yang dilakukan. Misal, tidak bekerja sambil bermain ponsel kecuali jika memang diperlukan.

Kurangi juga kegiatan di luar bersama teman-teman anda. Fokus saja bekerja terlebih dahulu dan anda bisa liburan bersama teman-teman jika pekerjaan tersebut sudah selesai dilakukan.

Jadi tidak ada alasan apapun untuk tidak bekerja dengan baik meski tidak dalam pengawasan secara langsung. Lakukan tips tips bekerja di rumah seperti yang sudah dijelaskan di atas, supaya anda tetap jadi produktif kapanpun dan dimana pun berada.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close