Home » TIPS DAN TRIK » 5 Tips Agar Akun Facebook Terhindar dari Spam Hacker

5 Tips Agar Akun Facebook Terhindar dari Spam Hacker

Tidak sedikit yang terkena hack spam tanpa ketahuan pemiliknya, itu tidak kita sadari karena akun masih normal dapat kita gunakan. Ternyata ada yang menyalah gunakan akun facebook tanpa sadar, yang pastinya wajib anda ketahui agar terhindar dari spam hacker ini.

Apa itu Spam Hacker ?

Spam hacker adalah aktivitas akun facebook yang tidak kita ketahui dan menyebabkan kerugian privasi kita ataupun nama baik kita jadi buruk di sosial media. Aktivitas ini tidak kita ketahui dan banyak aktivitas seperti share foto, postingan, link spam dan lainnya dan itu tidak kita ketahui. Nanti mimin share tips agar kita dapat menghindari spam hacker ini.

Ciri akun terkena spam hacker yaitu mengirim postingan dengan gambar konten negatif bersifat vulgar dan itu melanggar aturan dari facebook. Dengan sendirinya anda pasti tahu karena ada notif melanggar aturan dari facebook dan itu wajib anda tindak lanjuti.

Untuk mengatsi spam hacker tentunya kita dapat mengganti kata sandi baru dengan kata sandi yang rumit mulai dari huruf kecil, huruf kapital, nomor dan symbol. Akan membuat akun aman dari serangan spam hacker, nah untuk mengatasi masalah kita harus tahu akar dari spam hacker ini. Berikut adalah 5 Tips Agar Akun Facebook Terhindar dari Spam Hacker.

Tips Agar Akun Facebook Terhindar dari Spam Hacker

5 Tips Agar Akun Facebook Terhindar dari Spam Hacker
Sumber Gambar : situs flickr

1. Jangan Menggunakan Aplikasi ilegal

Yang perlu kita ketahui adalah tips agar akun aman yaitu dengan tidak menggunakan aplikaasi ilegal/ jangan asal login apk yang belum pasti aman karena itu akan membahayakan akun facebook anda. Hal ini masih banyak yang mengganggap remeh padahal dapat mengundang spam hacker.

Baca Juga:  Tips Simple Meningkatkan Penjualan Barang Secara Online

Ada kejadian ia suka main game dan asal login dengan akun facebook al hasil banyak mengirim gambar konten negatif yang melanggar aturan dari facebook. Tentu hal ini tidak anda sadari hanya mungkin teman anda akan mengirim anda pesan karena mereka juga akan ditandai pada status anda. Jadi hindari aplikasi ilegal yang menggunakan facebook atau akun anda untuk masuk ke aplikasinya.

2. Cek Aktivitas Facebook Anda

Anda pasti kaget dengan aktivitas dari facebook anda untuk mengeceknya klik pada menu profil lalu klik pengaturan profil anda klik sebelah kanan edit profil. Anda dapat melihat … titik tikik 3 klik saja lalu klik log aktivitas kemudian scroll kebawah lalu klik Lihat Rewayat Aktivitas.

Ada banyak aktivitas anda seperti posting status facebook, komentar, like dan aktivitas hacker seperti melakukan spam pada akun anda. Biasanya spam hacker ini akan membagikan postingan gambar dan menandai temen-temen facebook kalian jadi harus ditindak lanjuti agar menjaga akun anda dan nama baik anda pastinya.

3. Menambahkan Autentikasi Dua Faktor

Tips ini sangat jitu untuk ke amanan akun facebook yaitu dengan menambahkan autentikasi dua faktor artinya akun anda akan selalu login dengan menggunakan kode autentikasi dari google. Download aplikasi Google Authenticator dari playstore kemudian masuk pada pengaturan facebook dan aktifkan autentikasi dua faktor.

Tujuannya adalah untuk mempersulit spam hacker menggunakan atau meretas akun facebook anda dan menyalah gunakannya. Untuk cara mengaktifkannya dalah dengan klik pada menu pengaturan dan privasi. Kemudian anda klik kata sandi dan keamanan klik gunakan autentikasi dua faktor.

Pilih Aplikasi Autentikasi klik lanjutkan dan anda scan QR Code atau masukkan kode aplikasi auntentikasi dari facebook anda. Tinggal anda aktifkan dan anda dapat mengamankan akun facebook dengan autentikasi dua faktor, kemudian dapat melihat hasilnya apakah spam hacker masih bisa meretas akun anda atau tidak. Jadi dapat anda praktekan ya tips mengamankan akun facebook dari spam hacker.

Baca Juga:  2 Pengaturan Yang Dapat Mempersulit Hacker Membobol Akun Facebook

4. Hindari Aplikasi Auto Like

Aplikasi auto like ini kadang bikin bahaya akun kita karena secara otomatis akun akan digunakan oleh admin dari aplikasi auto like atau oleh sistem auto liknya. Jadi jika kita lihat pada halaman aktivitas facebook banyak melakukan like, komen, dan mengikuti orang lain tana pengetahuan kita.

Nah oleh karena itu anda bisa menghindari aktivitas ini dengan tidak menggunakan aplikasi auto like ini, adapun tipsnya agar anda aman menggunakan auto like. Nanti kita bahas ya agar anda dapat menggunakan aplikasi Auto Like dengan aman tanpa harus mengorbankan akun facebook anda.

5. Mengeluarkan akun facebook dari semua perangkat

Tips ini jangan anda lewatkan dan ini wajib anda lakukan agar dapat menyelamatkan akun anda dari spam hacker yang jahat yaitu dengan mengeluarkan akun facebook dari semua perangkat. Tentu saja ini jarang diketahui oleh pengguna facebook namun saat melakukan pergantian kata sandi sebaiknya anda harus lakukan hal ini.

Dengan mengeluarkan akun facebook dari semua perangkat akan membuat akun kembali aman, untuk caranya akan mimin bahas nanti dan semoga kesampean ya mimin buatkan tutorialnya. Yang intinya jika anda mengharuskan mengeluarkan dari semua perangkat wajib anda pilih lalu keluarkan akun anda dari semua perangkat.

Artikel Lainnya : 5 Cara Mengamankan Akun Facebook dari Hacker

Kesimpulan

Itulah 5 Tips Agar Akun Facebook Terhindar dari Spam Hacker dan semoga dapat mengamankan akun anda yang mungkin tengah salah gunakan oleh hacker. Yang anda harus lakukan menghindari apa yang mimin tadi sebutkan agar hacker tidak ada kesempatan untuk meng hack akun facebook anda. Adapun kalau sudah terlanjur anda dapat mengamankan akun anda dan perbaiki akun facebook anda. Seperti ganti password, tambahkan email, tambahkan nomor hp dan aktifkan autentikasi dua arah dari google untuk keamanan akun facebook anda. Ok terima kasih

Baca Juga:  5 Cara Mengamankan Akun Facebook dari Hacker

Tinggalkan komentar