Home » Tips » Prakerja Gelombang 40 Dibuka : Cara Daftar, Syarat dan Tahapan

Prakerja Gelombang 40 Dibuka : Cara Daftar, Syarat dan Tahapan

senangberbagi.id – Prakerja Gelombang 40 Dibuka : Cara Daftar, Syarat dan Tahapan, Gelombang baru sudah dibuka sejak Minggu 7 Agustus 2022. Calon peserta dapat mendaftar melalui situs prakerja dilaman prakerja.go.id. Pendaftaran tidak dipungut biaya dan calon peserta yang lolos akan memperoleh kesemapatan mengikuti pelatihan serta mendapatkan insentif kartu prakerja.

Dikutif dari situs resminya, Kartu prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan. Program ini memberikan bantuan biaya terutama bagi pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Setiap warga negera Indonesia yang sudah berusia 18 tahun lebih dan tidak mengikuti pendidikan formal diperkenankan untuk mendaftar kartu prakerja. Program kartu prakerja adalah program ramah difabel, difabel artinya dianjurkan untuk mendaftar dan mengikuti program kartu prakerja.

Prakerja Gelombang 40 Dibuka : Cara Daftar, Syarat dan Tahapan

Prakerja Gelombang 40 Dibuka
Sumber Gambar : Resmi instagram prakerja

Syarat Daftar Program Kartu Prakerja Gelombang 40

1. WNI berusia 18 tahun keatas;

2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal;

3. Sedang mencari kerja;

4. Pekerja/buruh yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil;

5. Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi COVID-19;

6. Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan Perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengwas pada BUMN atau BUMD;

Baca Juga:  Cara Memasukan Kode Referral di Situs Rumah Siap Kerja

7. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi penerima program kartu prakerja.

Tahapan Program Kartu Prakerja Gelombang 40

Tahapan program kertu prakerja ini mulai dari pendaftaran, mengerjakan soal dasar dan motivasi untuk mengikuti program kartu prakerja serta, hingga pemberian insentif. Berikut adalah tahapan-tahapan program Prakerja :

1. Pendaftaran

Pendaftaran dapat kita lakukan melalui website resmi prakerja dengan mengisi data diri anda. Siapkan juga saat datar seperti email, NIK, Nomor KK dan Nomor Hp yang aktif.

2. Tahapan Seleksi

Tahapan seleksi ini yaitu melakukan Tes Motivasi dan kemampuan dasar yang harus dilakukan untuk dapat mengikuti seleksi gelombang.

3. Memilih Pelatihan Prakerja

Khusus yang sudah lolos gelombang khususnya sampai Gelombang ke-39 kemarin sebaiknya segera mengerjakan pelatihan dan memilih pelatihan prakerja. Untuk memilih pelatihan sangat mudah anda bisa menggunakan platform digital yang mudah keluar sertifikatnya. Mimin juga sering membagikan artikel untuk melakukan pelatiha prakerja tanpa webinar dan sertifikat cepat keluar. Anda pilih pelatihannya lalu bayar menggunakan kartu prakerja anda.

4. Mengikuti Pelatihan Prakerja

Untuk mengikuti pelatihan prakerja anda pastikan sudah berhasil membeli pelatihannya kemudian ikuti pelatihannya sampai selesai. Seperti mengikuti pree test awal, nonton materi video pelatihan dan terakhir mengerjakan post test agar bisa mendapatkan sertifikat.

5. Memberi Ulasan dan Rating

Kasih ulasan dan rating jika anda sudah menyelesaikan pelatihan, biasanya untuk rating dan ulasan akan dilakukan pada dashboard kartu prakerjanya. Anda juga bisa memberi ulasan pada platform penyedia pelatihan prakerja agar insentif anda cepat keluar.

6. Insentif Biaya Mencari Kerja dan Biaya untuk Usaha

Insentif ini dapat anda gunakan untuk biaya mencari kerja atau anda ingin usaha dapat anda gunakan untuk modal utama usaha anda. Untuk menerima insentif anda siapkan rekening Bank BNI atau BCA selain dengan rekening bisa juga pakai ewallet (DANA,OVO, GOPAY DAN LinkAja). Anda akan mendapatkan insentif seteiap bilannya selama 4 bulan sebesar Rp600.000. Jadi empat kali kita dapat insentif setelah kita menyelesaikan pelatihannya.

Baca Juga:  Trik Mendapatkan Pulsa Gratis Telkomsel 50 ribu dari Aplikasi MyTelkomsel

7. Mengerjakan Survei Evaluasi

Survei evaluasi ini akan hadir dalam 30 hari sejak anda mendapatkan insentif atau menyelesaikan pelatihan pertama anda. Anda selesaikan survei evaluasi pertama, kedua dan ketiga untuk mendapatkan insentif tambahan masing-masing 50 ribu per surveinya. Jadi kita bisa dapat tambahan 150 ribu dengan mengerjakan dan menyelesaikan 3 survei evaluasi dari kartu prakerja ini.

Cara Mendaftar Program Kartu Prakerja

Untuk Mendaftar program kartu prakerja sangat mudah anda bisa melakukannya sendiri dari hp atau dari komputer/latop anda, berikut adalah tata cara pendaftaran program prakerja.

  • Step pertama buka situs https://prakerja.go.id. Lakukan pendaftaran akun dan login ke dashboard prakerja dengan memasukan email dan password yang kita daftarkan. Buat email resmi anda lalu daftarkan pada situs prakerja, agar anda lolos anda buat email sesuai nama anda ya. Jadi buat email yang resmi agar anda terlihat profesional saat mendaftar.
  • Setelah login anda akan diarahkan ke halaman verifikasi KTP dan Nomor KK, isi nomor NIK dan nomor KK beserta tanggal lahir lalu klik lanjut.
  • Lengkapi data diri. Pastikan data yang anda masukan sudah sesuai dengan ktp anda, seperti nama, alamat harus sama persis sesuai KTP. Nama lengkap, dan nama ibu kandung juga harus seseuai dengan data Kartu Keluarga anda.
  • Upload foto e-KTP dengan mengambil langsung dari hp anda, jadi jika anda mewakilkan itu tidak bisa anda harus langsung mengambilnya dari hp anda. Agar proses berjalan lancar perhatikan ketentuan yang tercantung agar proses verifikasi sukses, lalu klik gunakan.

Cara Agar Lolos Foto KTP dan Selfie Saat Daftar Kartu Prakerja

  • Tunggu sistem prakerja selesai melakukan verifikasi ktp jika sudah berhasil anda bisa upload juga swaf foto dan perhatikan ketentuan yang ada. Jika foto sudah sesuai, Klik Gunakan foyo lalu klik kirim foto. Agar anda lolos verifikasi Foto KTP dan Foto Selfie anda pastikan berada pada ruangan yang terang dan anda wajib senyum, lihat ke kamera dan coba anda ambil gambarnya. Semoga berhasil ya.
  • Melakukan verifikasi nomor hp pastikan nomor hp ini aktif dan kalau bisa anda daftarkan ke E-Wallet salah satu saja. Seperti DANA, OVO, GOPAY dan LinkAja, tentu saja agar mempermudah anda menghubungkan metode penerimaan insentif dari kartu prakerja. Masukkan 6 digit kode otp yang sudah anda terima denagn benar lalu klik kirim OTP.
  • Isi pernyataan pendaftar, sesuai dengan kondisi anda sekarang ini. Selesaikan pertanyaannya lalu kalik lanjut.
  • Kerjakan juga Tes Motivasi dan kemampuan Dasar, dengan klik Mulai Test ada kurang lebih 25 menitan waktu anda mengerjakan soal hingga 20 soal kadang lebih. Jika sudah berhasil menyelesikan test motivasi dan kemampuan dasar anda klik Selesai,.
  • Step terakhir setelah selesaik, Klik Gabung Gelombang ke-40 akan muncul pada halaman Dashboard utama kartu prakerja. Tepatnya pada halaman gelombang pelatihan anda tinggal klik saja Gabung pada gelombang ke-39 yang terbaru.
  • Tunggu tahap seleksi gelombang jika anda lulus anda akan menerima notifikasi ke Nomor hp yang anda daftarkan atau lewat email yang anda daftarkan juga. Jadi terus pantengin akun prakerja anda jika kurang beruntung tidak lolos anda terus klik Gabung setiap ada gelomang yang baru sampai anda lolos gelombang.
  • Untuk mengetahui alasan anda Tidak lolos cek pada menu halaman rewayat gelombang jika sudah lolos nanti anda akan dibawa kehalaman utama prakerja dan anda harus nonton 3 Video edukasi kartu prakerja.
Baca Juga:  Cara Menggunakan Truemoney, Bisa Kirim Uang Via Alfamart!

Artikel Lainnya : 5 Cara Mengatasi Daftar Prakerja Tidak Ada Kode Verifikasi Email

Akhir Kata

Itulah Prakerja Gelombang 40 Dibuka : Cara Daftar, Syarat dan Tahapan, anda bisa mulai daftar, mengetahui sayrat dan tahapan pendaftarannya sampai dapat insentif. Yuk daftar dan dapatkan insentif untuk anda usaha atau mencari pekerjaan. Ok Terima kasih.

Tinggalkan komentar