Home » Tips » 12 Tips Menghemat Uang Saat Gajian

12 Tips Menghemat Uang Saat Gajian

Tips Menghemat Uang Saat Gajian – Ketika menerima gaji, pasti setiap orang ingin memenuhi segala kebutuhan dan keinginan setiap bulannya. Setiap orang ingin memanjakan dengan berbelanja, liburan , makan-makan dan sebagainya.  Boleh saja kita memanjakan pribadi atau refreshing saat gajian. Namun jangan sampai  kita kehabisan uang sebelum gajian tiba.

Tidak sedikit orang yang bekerja mengeluh karena mereka merasa bahwa gajinya kecil dan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhannya. Sebenarnya bukan perkara gaji kecil, tapi kemampuannya memanage

keuangan. Gaji besarpun kalau kita tidak pintar memanage keuangan, pasti kita akan tetap merasa kekurangan. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, senang berbagi akan membagikan 12 Tips Menghemat Uang Saat Gajian.

12 Tips Menghemat Uang Saat Gajian

Tips Menghemat Uang Saat Gajian
Sumber Gambar : www.news24.com

1. Membuat rekening khusus tanpa kartu ATM

Tips pertama yang sangat efektif adalah rekening tanpa atm. Rekening khusus ini sangat penting dan wajib kamu miliki. Rekening ini bisa kamu gunakan untuk tabungan pribadi. Ingat kamu tidak usah membuat kartu ATM untuk rekening tabungan ini, agar kamu tidak bisa menarik uang dari tabungan begitu saja. Setiap gajian, kamu harus bisa menyisihkan sebagian uang kamu untuk simpanan tabungan. Dengan begitu, kamu akan memiliki simpanan jika sewaktu-waktu ada kebutuhan mendesak atau ingin berhenti bekerja.

2. Mencatat kebutuhan bulanan

Tips menghemat uang saat gajian berikutnya yaitu mencatat kebutuhan bulanan. Hal ini bisa kamu coba agar kamu tidak membeli hal-hal yang sebenarnya tidak kamu butuhkan. Dengan begitu, kamu hanya akan membeli apa yang ada pada catatan sehingga tidak terlalu banyak pengeluaran tidak jelas dan lebih baik uangnya bisa kamu simpan ke tabungan pribadi atau untuk pegangan kamu sebelum gajian berikutnya tiba.

3. Mencatat pengeluaran

Setiap ada kebutuhan pasti ada pengeluaran. Maka selain mencatat kebutuhan, kita juga harus mencatat pengeluaran. Kita perlu tau pengeluaran untuk apa saja yang kita keluarkan setiap bulan, dengan begitu kita bisa mengerem jikalau ada keinginan yang belum terpenuhi, kita harus menarget berapa banyak uang yang bisa kita keluarkan untuk kebutuhan perbulannya. Maka jika pengeluaran sudah mencapai batas maksimal, lebih baik kita tunda untuk bulan selanjutnya jika ada kebutuhan atau keinginan yang tidak terlalu penting. Hal ini cukup efektif untuk menghemat uang saat gajian.

4. Pegang uang cash secukupnya

Tips menghemat uang saat gajian selanjutnya adalah dengan pegang uang cash secukupnya. Karena jika kita memegang uang cash yang berlebihan, maka setiap kita melihat sesuatu yang kita temui. Pasti kita akan langsung membelinya walaupun hal tersebut tidak ada pada catatan bulanan kita. Lebih baik simpan uang pada rekening dan kita akan menariknya jika uang cash yang kita pegang sudah mau habis.

5. Sedekah atau zakat

Tidak jaraang orang melupakan hal kecil yang akan membuat rijkinya bertambah dan berkah. Hal itu tak lain adalah sedekah atau zakat. Jangan lupa sedekah dan bersyukur agar kita tidak merasa kurang. Masih banyak orang yang tidak seberuntung kita.  Jika setiap bulan kita menerima gaji dan mampu mebeli ini itu hingga menyimpan tabungan, berbeda dengan mereka yang serba kekurangan setiap harinya. Maka sedikit uang yang kita sisihkan akan membuat mereka bahagia, dan insya Allah gaji yang kita dapatkan akan berkah dan tidak akan merasa kekurangan.

6. Berteman dengan orang yang sederhana

Tips jitu menghemat uang saat gajian selanjutnya yaitu bertemn dengan orang sederhana. Tips ini sangat ampuh sekali bagi kamu yang ingin berhemat. Jika kamu bergaul atau berteman dengan orang yang serba mewah, maka kamupun pasti akan mengikuti gaya hidupnya, sehingga kamu akan sangat boros karena hal-hal yang tidak penting dan akhirnya tidak bisa menabung. Tapi jika kamu berteman orang orang yang sederhana kamu akan ikut hidup sederhana, bahkan bisa jadi uang yang kamu sisihkan untuk satu bulan sebelum gajian itu tersisa. Dan kamu bisa simpan uang tersebut ke tabungan pribadi kamu.

7. Utamakan kebutuhan bukan keinginan

Tips menghemat uang saat gajian selanjutnya yaitu mengutamakan “Kebutuhan” bukan “Keinginan”. Kamu harus bisa mebedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Kebutuhan ialah hal yang benar-benar kamu butuhkan, seperti membeli beras, sabun cuci, alat mandi dan makanan instan seperti untuk stok bulanan kamu. Sedangkan keinginan adalah hal yang tidak terlalu kamu butuhkan. Contohnya seperti membeli baju, tas, sepatu dan lainnya.

8. Jangan terlalu sering buka online shop

Pada zaman modern ini, setiap orang pasti memiliki akun online shop.  Bahkan mungkin memiliki beberapa akun dengan olshop yang berbeda. Tips untuk menghemat uang saat gajian selanjutnya yaitu jangan terlalu sering buka online shop, dan cukup miliki satu akun online shop saja. Jangan mentang-mentang sudah menerima gaji lalu kamu merasa kaya, dan membeli semua yang kamu inginkan. Boleh saja jika sekali-kali kamu ingin menikmati hasil kerjamu. Ingat, kamu punya kebutuhan dan keinginan masa depan yang harus kau penuhi. So, aku saranin jangan terlalu banyak menghambur-hamburkan uang yaa.

9. Tentukan target untuk masa depan

Target untuk masa depan adalah tips menghemat uang saat gajian yang sangat ampuh. Dengan memiliki target maka mau tidak mau kita akan berusaha menyisihkan uang gaji untuk tabungan agar target bisa terpenuhi, ada banyak sekali target yang bisa kamu tetapkan. Seperti ingin mempunyai kendaraan sendiri, membangun rumah, memberangkatkan orang tua ke tanah suci, dan mungkin target berumah tangga untuk mereka yang masih single hehe.. ingat, nikah itu butuh modal guys.

10.  Belanja kebutuhan ke grosir atau supermarket

Jika mau belanja kebutuhan bulanan, saya saranin untuk belanja ke grosir atau supermarket yang lengkap sekalian. Karena biasanya harganya lebih murah dan sering ada dapet harga murah, lumayan kan? Hal ini lebih efekti untuk menghemat uang saat gajian jika dengan belanja ke minimarket. Karena biasanya pada minimarket jarang ada promo harga, lebih mahal dan juga tidak begitu lengkap.

11. Mencari penghasilan tambahan

Mencari pendapatan tambahan sangat efektif bagi mereka yang ingin menghemat uang saat gajian. Bahkan uang gajimu akan utuh karena kebutuhan sehari-harimu sudah terpenuhi dari penghasilan tambahan yang kamu dapatkan. Sehingga kamu bisa menabung seluruh uang gaji atau menggunakannya untuk kebutuhan yang sangat penting.

12. Memasak nasi dan lauk pauk sendiri

Menghemat uang gaji dengan cara memasak nasi dan lauk pauk sendiri, sangat efektif dan sudah saya buktikan sendiri.  Cara ini memang sederhana namun cukup sulit untuk dilakukan Biasanya orang yang bekerja ingin sesuatu yang cepat tanpa harus capek, namun tidak ada salahnya kamu mencoba tips ini jika ingin menghemat uang saat gajian.

Artikel Lainnya : Cara Mempercepat Koneksi Internet, Anti Lelet!

Akhir Kata

Itulah 12 tips menghemat uang saat gajian yang bisa kamu lakukan. Ingatlah, ada kalanya kita berada pada titik terendah. Dahulukanlah menabung sebelum menggunakan uang gaji untuk ini itu agar kerja kerasmutidak sia-sia. Semoga dengan tips ini hasil jeri payahmu akan mebuahkan hasil. Selamat mencoba ya.