Home » Tips » Cara Mempercepat Koneksi Internet, Anti Lelet!

Cara Mempercepat Koneksi Internet, Anti Lelet!

cara mempercepat koneksi Internet

Cara Mempercepat koneksi internet – Masa pandemi Covid 19 membuat sekolah, kuliah, maupun bekerja masih dari rumah saja. Kondisi yang membuat kebutuhan akan internet sangatlah tinggi. Kini siswa, mahasiswa, hingga karyawan semua membutuhkan internet karena harus mengerjakan tugas secara daring.

Traffic penggunaan internet meningkat 13% pada malam hari dan 15% dibandingkan dengan traffic rata-rata berdasarkan data dari PT Telkom.

Sementara itu, data lain menunjukkan pemakaian internet di kala WFH yang meningkat 20% dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya.

Sudah pasti kondisi seperti ini membuat banyak orang menginginkan koneksi internet yang lancar dan anti lelet supaya bisa mengerjakan tugas dan bekerja secara maksimal. Akan tetapi terkadang ada saja masalah yang berhubungan dengan internet yang kita gunakan.

Cara Mempercepat Koneksi Internet dengan Mudah

Salah satu problem tersebut adalah lambatnya koneksi internet. Keadaan seperti ini sudah pasti membuat kita merasa kesal dan ingin membanting gadget saat itu juga.

Tenang, Anda tak perlu panik menghadapi masalah ini. Anda dapat mengatasi koneksi internet yang lamban. Berikut ini kami berikan beberapa cara mengatasi koneksi jaringan yang lelet dengan metode berikut ini :

Tidak Membuka Tabs Terlalu Banyak

Kebanyakan orang pernah melakukan hal seperti ini. Saat browsing, membuka tab baru yang terlalu banyak sehingga tab lainnya tidak tertutup. Ini menjadi salah satu penyebab yang membuat koneksi internet menjadi melambat.

Jika sudah tidak dilihat lagi, tutup laman web terlebih dahulu. Baru selanjutnya, buka jendela baru lagi jika ingin melakukan hal yang sama. Pada intinya, jangan terlalu banyak membuka tab dalam waktu bersamaan.

Baca juga : cara aktivasi windows 10.

Membersihkan Cache

Selain tabs, cache juga menjadi salah satu penyebab mengapa koneksi jaringan internet jadi buruk. Anda dapat menggunakan aplikasi cache bawaan untuk beberapa tipe smartphone.

Baca Juga:  Apakah Membayar Membuka Aplikasi Snack Video dengan VPN ?

Anda juga bisa mengunduh aplikasi pembersih cache langsung melalui google play store atau app store. Beberapa aplikasi pembaca terbaik adalah Clean Master, Speed Booster, Nox Cleaner, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca juga : cara menambah kecepatan internet psiphone pro.

Menggunakan Ad Blocker

Cara mempercepat koneksi internet berikutnya adalah dengan memanfaatkan suatu fitur bernama ad blocker. Informasi untuk Anda yang belum tau, ad blocker merupakan ekstensi yang berguna untuk memblokir atau menghilangkan iklan pada website.

Anda wajib menggunakan ad blocker jika ingin mempercepat koneksi internet dan juga menghilangkan iklan yang mengganggu.

Baca juga : cara menghemat kuota internet.

Membersihkan Histori Browser

Cara mempercepat koneksi internet yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah membersihkan history browser. Lakukan hal ini guna memperbaiki masalah internet lelet pada ponsel atau laptop yang Anda miliki

Setelah dibersihkan, semua menjadi kosong dan terasa plong sehingga koneksi menjadi baik lagi seperti sedia kala. Cara menghapus cache adalah dengan menekan tombol ‘clear history’ pada peramban web.

Baca juga : cara mengatasi mbca terblokir.

Jangan Sampai Modem Panas

Langkah selanjutnya mengatasi internet adalah menjaga kondisi modem dalam keadaan dingin. Caranya, jangan gunakan modem dan komputer dalam jangka waktu yang lama.

Jangan sampai membuat modem jadi terlalu panas. Hal seperti ini sangat berpengaruh terhadap kinerja komputer Anda, termasuk hal-hal yang berhubungan dengan internet.

Tips lainnya : cara menghapus email dari android.

Itulah beberapa cara mempercepat koneksi internet yang bisa Anda terapkan. Anda bisa menerapkan cara tersebut pada berbagai perangkat yaitu smartphone, tablet, laptop, komputer.

Tinggalkan komentar