Home » Tech » Apa Itu Microsoft Teams ? Mirip Google Meet dan Zoom

Apa Itu Microsoft Teams ? Mirip Google Meet dan Zoom

Halo sahabat senang berbagil, kali ini mimin akan membahas Apa Itu Microsoft Teams ? Mirip Google Meet dan Zoom. Tentu saja sudah katahuan software keluaran Microsoft ini adalah untuk melakukan kegiatan meeting yang sudah terkoneksi dengan semua aplikasi Microsoft. Seperti Word, Excel, Power Point yang tentunya memudahkan pengguna saat melakukan komunikasi Jarak jauh.

Siapa yang tidak kenal dengan perusahaan besar Microsoft pendirinya adalah Bill Gates dan Paul Allen adalah pendiri dari perusahaan raksaksa dunia Microsoft. Produk Microsoft ternyata ada yang mirip google Meet dan Zoom yang saat ini tengah trending lagi down, produknya adalah Microsoft Treams.

Khusus yang belum tahu, Software Teams ini adalah layanan virtual meeting layaknya Google meet dan Zoom yang memungkin kita dan rekan kerja berdiskusi secara online dari jarak jauh. Software ini sudah langsung dapat kita akses terutama untuk anda pengguna Microsoft 365. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas Apa Itu Microsoft Teams.

Apa Itu Microsoft Teams ? Mirip Google Meet dan Zoom!

Apa Itu Microsoft Teams Mirip Google Meet dan Zoom
Sumber Gambar : microsoft.com

Microsoft Team adalah platform kerjasama berbasis cakap yang mendukung beraneka ragam fungsi, yang sering kita lakukan share dukumen, meeting daring, dan fitur lainnya mendungkung komunikasi dari jarak jauh. Software ini jika anda sering pakai Google Meet atau Zoom merupakan bidang yang sama namun produk atau software keluaran Microsoft Corporation.

Kelebihan dari Softare Microsoft Team ini adalah sudah melekat dengan produk Microsoft Office lainnya, seperti yang mimin sebutkan. Seperti Word, Excel, Power Point. Jadi kita bisa kerjasama secara online dengan mudah tanpa harus ganti-ganti aplikasi untuk urusan kerja kita.

Perusahaan pendukung dari MS Teams yaitu dengan fitur luar. Kahoot!, Workday, Clever Google Ads, dan masih banyak lagi fitur external lainnya. Tentu saja memudahkan penggunanya saat membutuhkan aktivitas yang interaktif dalam konferensi video.

Fitur-Fitur dari Microsoft Teams

Fitur dalm Microsoft Teams ini tidak kalah canggih dan keren dari Zoom dan Google Meet selain layanan VC kita juga bisa menggunakan fitur lainnya yang disediakan oleh Microsoft. Apa saja fitur canggih dari Microsoft team ?

  • Teams Connect sebuah fitur yang dapat memudahkan kita untuk chatting dalam satu saluran khusus. Yang didalamnya terdapat tim atau kerjasama dengan tim saluran lainnya, baik itu pihak internal ataupun ekternal organisasi.
  • Koneksi dengan pihak luar Cisco Webex dan Slack. MS Teams juga dapat memungkinkan kita untuk terhubung dengan dua software tanpa harus berpindah platform.
  • Fitur Tabs yang memungkinkan dapat menampilkan konten website yang interaktif kepada tim seperti catatan pribadi atau petunjuk dari informasi khusus.
  • Pembaca immersive Microsoft. Saat share fokus, aktifkan fitur immersive reading dan biaran MS Teams membacakan teks untuk anda.
  • Tagging. Ketikan pembicaraan grup beruntun dan cepat, anda dapat tetap bisa menyaring dengan fitur Tagging ini @ tentunya pembicaraanpun lebih gampang lagi.
  • Tugas cepat dengan symbol slash /. Contohnya, sebutan yang memungkinkan kita untuk memanggil dengan cepat kepada pengguna lainnya.
  • Konektor MS Teams. Per orang dapat kita hubungkan dengan banyak layanan cloud paling populer. Begitu konektor kita aktifkan, maka seluruh anggota dapat notifikasi informasi terbaru.
  • Sinkronisasi SharePoints. Gabungkan semua dukume, halaman, serta daftar sharepoints dalam satu wadah/tempat yang dapat kita akses secara daring oleh semua pengguna/anggota.
  • Fitur lainnya ada Rekam Clouds dengan Auto transkrip. Saat beres rapat online, hasil rekaman dapat tersimpan di penyimpanan internet awan, ditambah memiliki transkrip yang sudah terbuat secara otomatis.
Baca Juga:  Cara Instal Windows 10 Terbaru 2020

Fitur ini adalah pembeda dari Microsoft Teams dengan software konferensi lainnya. MS menggabungkan seluruh kebutuhan insteraksi tim dalam satu tempat, tentunya memudahkan kita dan rekan kerja untuk saling terhubung kapan pun dan dimanapun berada. Sangat Praktis bukan ?

Cara Menggunakan Software Microsoft Teams Mirip Google Meet dan Zoom

  • Step pertama download dan instal Software MS Teams tersedia dalam perangkat Dekstop dan juga seluler atau ponsel pintar Klik Disini.
  • Pilih Unduh untuk Dekstop pengguna komputer atau laptop. Anda juga bisa download dari perangkat Seluler. Android dan iOS tinggal anda isi email nanti link akan dikirim ke alamat email smartphone anda.
  • Software ini ada dua versi untuk kebutuhan rumah atau bisnis kecil. Anda juga bisa menggunaan versi tempat kerja atau sekolah untuk instansi dan lembaga.
  • Ukuran yang sudah dalam versi dekstop sangat kecil kurang lebih hanya 1.35 MB saja tentunya dapat anda langsung download softwarenya.
  • Tunggu proses instalasi selesai kemudian anda sudah dapat menggunakannya tinggal login menggunakan email dan password microsoft anda. Jika belum punya anda bisa membuat terlebih dahulu di halaman situs resmi microsoft.
  • Done. Selamat menggunakan softare Microsoft Teams yang mirim Google Meet dan Zoom nya.

Kelebihan dari Software Microsoft Teams

Dari penjelasan sebelumnya Microsoft Teams lebih memiliki keungulan dari pesaingnya Zoom dan Google Meet. Duapat menilai produkmana yang mudah digunakan dan juga lebih mudah anda pakai saat meeting dengan perusahaan atau tempat anda kerja. Berikut yang mungkin dapat menjadi pertimbangan untuk memilih Microsoft Teams untuk meeting daring jarak jauh saat kerja bersama tim.

  1. Sangat mudah kita gunakan. Variasi fitur built-in dan integrasi dengan berbagai software dan pendukung lainnya tentu saja memudahkan pekerjaan tim.
  2. Mengirit Jam Kerja. Pada aplikasi Microsoft Teams ada fitur yang kita tidak perlu keluar dan masuk ke aplikasi lain. Karena kita sudah lengkap mulai dari mencatat, menyimpan dukumen, melakukan brolan, dan panggilan sampai video conference dukup dalam satu aplikasi.
  3. Pengelolaan perintah lebih baik. MS Teams terkoneksi dengan Plenner yang memungkinkan kita mendelegasikan perintah dengan lebih baik dan juga terjadawal. Dapat kita atur juga akses untuk semua orang ataupun beberapa tim saja.
  4. Support semua perangkat Dekstop, dan Seluler ponsel pintar mendukung Android dan juga iOS.
  5. Dapat kita gunakan dimana saja dan kapan saja tanpa ribet menggunakannya, sudah support ponsel pintar jadi praktis kita gunakan.
  6. Menata perintah lebih simple. Microsoft teams telah mengasih kebebasan menyusun obrolan, dukumen, dan folder sekreatif mungkin. Anda bisa memberikan nama dan kata kunci yang unik, sehingga dapat mempermudah menemukan dan mengkelompokan tugas dan file kita daam folder Microsoft Teams.
Baca Juga:  7 Aplikasi Mirip TikTok Untuk Smartphone Android bisa Ngasilin Uang

Kelebihan dari Software Microsoft Teams walaupun hendak ada gangguan dalam server penyimpanan dan sempat down akan tetapi sudah cepat diatasi. Jadi hanya beberapa jam saja sudah teratasi dan kita sudah dapat dengan normal menggunakannya kembali.

Kekurangan dari Microsoft Teams

Ada kelebihan, pasti ada kekurangan menjadi pertimbangan khususnya buat yang ingin jauh lebih tahu minus plusnya dari aplikasi MS Teams.

  1. Ukuran kecil saat kita download setelah terpasang berubah dan itu lebih dari 120 MB saat saya cek pada Dekstop. Tentunya membutuhkan ruang bebas penyimpanan lebih besar lagi karena banyak juga pengguna apalagi saat melakukan meeting bersama kelompok kerja anda.
  2. Kurangnya keamanan peningkatan risiko keamanan, pada file yang kita share, saat sedang kerjasama memungkinkan sesorang dapat mengakses apa saja. Apabila tidak sengaja mengupload file confidental, maka dapat tersebar keseluruh anggota yang sedang melakukan meeting bersama.
  3. Memiliki fitur yang sama seperti fitur penyimpanan menggunakan SharePoints ini mirip dengan OneDrive, terkadang akan membuat bingung penggunanya. Pilih Sharepoints atau Onedrive untuk penyimpanan Awan, namun ini hanya masalah kecil tinggal pilih sesuai kebutuhan anda.
  4. Notif yang menumpuk, akan tetapi dapat teratasi dengan fitur filter notifikasi mana yang akan kita bisukan ayau kita silent.

Pada software Microsoft Team masih dibatasi sampai 200 saluran publik dan 30 saluran pribadi per timnya. Bagiperusahaan sekelas Microsoft ini menjadi masalah karena harus menghapus saluran yang gak aktif sebelum membuat saluran yang baru lagi.

Microsoft Team juga mendandak trending Google karena laporan mengalami down pada penyimpanan internal. Yang membuat sejumlah pengguna tidak dapat mengakses apapun, namun sudah teratasi dan bisa mencoba untuk melakukan aktivitas seperti normal lagi.

Baca Juga:  CoinSuper : Cara Mendapatkan Bitcoin Gratis terbaru dari Aplikasi Coin Super

Artikel Lainnya : Cara Mudah Membuat Label CD dengan Microsoft Publisher 2010

Akhir Kata

Itulah penjelasan singkat mengenai Apa Itu Microsoft Teams ? Yang Mirip Google Meet dan Zoom yang membuat mimin penasaran memang untuk membahasnya. Anda dapat menggunakannya khusus pengguna Dekstop dan Ponsel pintar sudah support bisa langsung anda download. Tinggal anda bandingkan saja dan anda nyaman menggunakan Microsoft Teams atau Google Meet dan Zoom. Terima kasih.

Sumber Artikel : dntimes.com/tech

Tinggalkan komentar