Windows

Cara Mengatasi Error Bios Legacy Boot Of Uefi Only Media

Halo sahabat senang berbagi kali ini mimin akan membahas Cara Mudah Mengatasi Error Bios Legacy Boot Of Uefi Only Media. Hal ini mimin temukan saat menginstal komputer dengan windows 7. Yang mana sistem operasinya mimin simpan pada flash disk yang mimin bootable kan. Untuk mengatasi Masalah Error Bios/Legacy Boot Of Uefi Only Media ini. Sangat mudah sekali dan bisa langsung mencobanya pada komputer/laptop anda.

Cara Mudah Mengatasi Error Bios Legacy Boot Of Uefi Only Media ini cukup simple karena masalah utamanya pada saat kita membuat bootable. Yaitu jika anda menggunakan aplikasi Rufus anda pasti menemukan masalah ini.Karena saat melakukan pembuatan bootable menggunakan schema partisi GPT (GIUD Partition Table). Yang mana format ini biasanya kita gunakan untuk standar baru dan memiliki lebih banyak fitur dan perlu sistem operasi yang lebih baru dan juga hadware baru juga. Namun jika menggunakan schema partisi MBR ( Master Boot Record) itu untuk opsi default pada windows 10 atau windows server 2012. MBR ini juga selalu kita gunakan untuk sistem operasi dan hardware lama.

Jadi memang sudah dapat kita tarik kesimpulan jika adalah masalah Error Bios Legacy Boot Of Uefi Only Media ini. Anda dapat membuat ulang bootablenya kembali dengan menggunakan schema partisi MBR. Anda dapat merubahnya pada saat pebuatan bootable misalnya yang sering muncul masalah dengan menggunakan Aplikasi Rufus.

Selain masalah dari pembuatan Bootable juga ada pada perangkat usb Flashdisknya. Yang mana jika flashdisk anda tidak support format NTFS (New Technology File System) dan malah berhasil dengan memformat dengan FAT32 (File Allocation Table). Biasanya format ini akan terjadi masalah Error Bios Legacy Boot Of Uefi Only Media. Jadi anda pastikan flashdisk support format NTFS ya. Jika tidak pastinya akan error saat membuat schema partisi MBR ini. Jadi pastikan anda mencobanya jika masih error anda bisa mengganti flashdisknya. Nah untuk caranya sudah mimin coba dan hasilnya benar dapat mengatasi masalah tersebut.

Cara Mudah Mengatasi Error Bios Legacy Boot Of Uefi Only Media

Cara Mudah Mengatasi Error Bios Legacy Boot Of Uefi Only Media
  • Step pertama anda kenali masalah anda terlebih dahulu misalnya anda melakukan partisi schema GPT. Kemudian anda klik select lokasi System Oparasi yang akan anda instal ke komputer/laptop anda. Jika format ini memang berhasil pada pembuatan Bootble dan hampir pada semua flashdisk semuanya berhasil. Karena file systemnya menggunakan FAT32 (Default), namun asal anda tahu format ini biasanya yang membuat Error Bios Legacy Boot Of Uefi Only Media.
Cara Mudah Mengatasi Error Bios Legacy Boot Of Uefi Only Media
  • Step selanjutnya anda dapat melihat partisi scema nya sudah mimin rubah menjad MBR dan Format System sudah NTFS. Jika kita klik start jika Flashdidsk anda tidak bermasalah akan berhasil tidak ada kendala error. Namun jika ada error berarti anda harus mengganti flashdisknya terlebih dahulu agar dapat mengatasi Error Bios Legacy Boot Of Uefi Only Media ini.
cara mengatasi rufus tidak dapat membuat bootable
  • Step selanjutnya anda jika ada masalah seperti ini anda sebaiknya mengganti Flashdisk anda. Berarti masalah yang kedua tidak dapat membuat bootable dari rufus. Jadi ganti saja dan pastikan flashdisk anda bisa menggunakan format NTFS pada flashdisk anda.
Mengatasi masalah error saat pembuatan bootable dengan rufus format MBR
  • Step selanjutnya mengganti Devices dengan flashdisk satunya lagi hanya 16GB namun flashdisknya mantep bisa format NTFS. Jadi jika sudah memformat NTFS bisa lancar dalam pembuatan Bootablenya. Selengkapnya dapat anda lihat seperti pada gambar mimin statusnya sudah mau selesai membuat bootable. Jika sduah tinggal klik close dan anda mencobanya untuk menginstal pada kompyer/laptop anda.
berhasil membuat bootable dari rufus dengan format MBR
  • Selesai, status READY anda tinggal klik CLOSE saja kemudian siapkan karena kita akan menginstal kembali seperti biasa. Anda masuk pada biosnya kemudian ubah menjadi booting dari Flashdisk. Kemudian anda instal seperti biasanya hingga selesai guys. Nah itu dia Cara Mudah menyelesaikan Error Bios Legacy Boot Of Uefi Only Media. Yang pasti berlaku untuk semua sistem operasi windows yang mengalami error saat proses instalasi windows. Ok Terima kasih semoga bermafnaat ya tutorialnya.

Artikel Lainnya : Instal Windows 7 Untuk Komputer dengan Spek Game

Akhir Kata

Itulah Cara Mudah Mengatasi masalah Bios Legacy Boot Of Uefi Only Media yang dapat anda coba caranya. Karena ada dua masalah saat pertama kita instal yang mana harus format MBR saat membuat bootable. Yang kedua tidak dapat menggunakan format sistem MBR. Yang mana biasanya terjadi karna masalah pada Flashdisknya yang tidak support NTFS. OK selamat mencoba caranya dan semoga membantu masalah kalian terima kasih.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Thanks...
Close
Close