Tips

Cara Menghemat Kuota Data Google Chrome, Sangat Mudah!

Cara mengamankan kuota data google chrome

Google Chrome merupakan salah satu browser terpopuler dan banyak digunakan oleh orang-orang dari berbagai belahan dunia. Tak terkecuali di Indonesia. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh StatCounter pada tahun 2017. Membuktikan bahwasanya google chrome merupakan browser yang memiliki pangsa pasar paling besar sekitar 47,3%

Tak cuma di komputer atau laptop saja, aplikasi google chrome juga bisa anda temukan di android. Dan kini telah menjadi aplikasi bawaan mayoritas smartphone android. Bukan hanya dapat digunakan untuk browsing saja, tetapi google chrome juga memiliki banyak fitur pendukung menarik lainnya.

Dan salah satu fitur pendukung tersebut adalah penghemat kuota yang tentu saja sangat berguna bagi siapapun itu. Anda bisa menghemat pengeluaran untuk membeli kuota internet jika Mengaktifkan fitur penghemat data pada aplikasi google chrome.

Bagaimana Google Chrome Bisa Menghemat Data.

Mungkin anda bertanya-tanya, bagaimana bisa google chrome meminimalisir penggunaan kuota internet anda? Ternyata seperti ini caranya

Google Chrome menggabungkan proses proxy dengan kompresi gambar. Jadi, halaman website yang diakses terlebih dahulu mampir ke proxy Google. Setelah itu gambar yang terdapat pada website tersebut berubah format menjadi webp dari yang semula jpeg atau png.

Tak hanya itu saja, kemungkinan besar chrome juga melakukan hal lainnya untuk bisa mengurangi penggunaan kuota internet. Google chrome menggunakan data compression proxy yang mengkompres HTML, CSS, Javascript dengan membuang hal-hal yang tidak diperlukan.

Cara Menghemat Kuota Data Google Chrome

Cara hemat kuota saat browsing dengan google chrome sangatlah mudah dilakukan. Langsung saja, ikuti langkah-langkahnya berikut ini :

  • Buka aplikasi google chrome pada smartphone anda.
  • Tap titik tiga yang berada di pojok kanan atas.
  • Menuju ke menu setelan.
  • Gulir ke bawah dan tap “mode ringan”
  • Klik aktifkan untuk menghidupkan penghemat kuota. Dan ketuk sekali lagi jika anda memang ingin menonaktifkannya.

Google chrome mampu untuk menghemat penggunaan kuota data hingga mencapai 70%. Ya walaupun tidak sebesar Opera mini namun hal ini sudah lumayan untuk bisa meminimalisir pengeluaran membeli paket internet.

Biasanya dalam waktu 1 jam seseorang bisa menghabiskan kuota hingga 150 MB. Bahkan bisa lebih jika disertai dengan download lagu, download video, ataupun streaming. Namun dengan adanya fitur kompresi data dari google chrome. Yang membuat anda hanya menghabiskan data kurang lebih 5 hingga 10 MB saja dalam waktu 5 jam. Dengan begitu kuota anda tidak akan cepat habis.

Baca juga : cara menghapus virus di google chrome

Manfaat Lain Mengaktifkan Fitur Penghemat Data Google Chrome

Bukan hanya itu saja, terlalu lama browsing apalagi menghabiskan data yang sangat banyak dapat memperboros baterai. Beruntung sekali kini anda sudah menemukan cara menghemat kuota data google chrome. Tentu akan membuat penggunaan daya baterai ponsel menjadi bisa berkurang dan dapat diminimalisir.

Data yang digunakan untuk browsing sangatlah sedikit sehingga tidak membuat smartphone menjadi panas. Inilah yang membuat baterai smartphone anda menjadi lebih awet dan tahan lama.

Tak cukup sampai di situ, dengan menghemat kuota maka secara otomatis juga membuat RAM pada ponsel anda menjadi lebih longgar. Sehingga tak perlu khawatir lagi memori anda akan cepat penuh walau digunakan lama untuk browsing. Sebab hal tersebut tidak mungkin terjadi.

Artikel lainnya : cara mengatasi connection time out di google chrome

Demikian pembahasan mengenai cara menghemat kuota internet di google chrome. Lakukan hal di atas jika anda ingin browsing secara lebih hemat dan tidak perlu bolak balik ke konter. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Thanks...
Close
Close