AndroidTech

2 Cara Mengamankan Whatsapp, Anti Maling!

Cara mengamankan whatsapp

Artikel ini membahas tentang cara mengamankan whatsapp dari tangan-tangan jahat yang mungkin saja mengambil alih akun whatsapp yang anda miliki. Hal ini sangat perlu anda lakukan demi menjaga keamanan whatsapp yang anda miliki.

Sebab, mungkin saja suatu saat anda lupa menaruh ponsel dan secara sengaja orang lain membuka ponsel tersebut. Dan bukan tidak mungkin juga, aplikasi whatsapp anda akan dibuka disalahgunakan oleh orang lain untuk melakukan tindak kejahatan.

Awalnya WhatsApp memang memiliki sistem keamanan sendiri yaitu enkripsi end-to-end. Saat terenkripsi secara end-to-end, membuat isi pesan (teks+suara) termasuk gambar, video, dokumen, pembaruan status. Dan juga panggilan akan diamankan supaya tidak jatuh ke tangan yang salah. Dan sangat disarankan pengguna whatsapp untuk mengaktifkan fitur yang satu ini.

Dua Fitur Keamanan Baru dari Whatsapp

Demi meningkatkan kenyamanan dan memberikan rasa aman kepada penggunanya. Whatsapp menghadirkan dua fitur keamanan yang masih baru demi menjaga kemungkinan akun whatsapp dicuri oleh orang lain. Adapun kedua fitur tersebut adalah sidik jari dan verifikasi dua langkah, inilah perbedaannya :

Sidik jari

sidik jari whatsapp

Whatsapp kini sudah memiliki fitur pindai fingerprint yang memungkinkan penggunanya untuk membuka sidik jari terlebih dahulu sebelum bisa membuka aplikasinya. Dengan catatan, fitur tersebut disetting dan diaktifkan terlebih dahulu.

Sistem keamanan baru dari Whatsapp ini dinilai lebih kuat daripada sekedar enkripsi end to end. Sebab, sidik jari setiap orang berbeda-beda sehingga akun whatsapp anda akan lebih aman dari pencurian ataupun penyalahgunaan.

Verifikasi Dua Langkah

Selain sidik jari, whatsapp juga hadir dengan fitur keamanan tambahan berupa verifikasi dua langkah. Jika anda mengaktifkannya, maka setiap upaya untuk memverifikasi nomor hp pada WhatsApp harus disertai dengan PIN enam digit. Sebelumnya sudah dibuat melalui fitur yang satu ini.

Jadi, ketika ada seseorang yang sengaja ataupun tidak sengaja mencoba menyadap ataupun berusaha masuk ke akun whatsapp anda. Maka mereka haruslah memasukkan kode pin enam digit tersebut. Jelas, hal ini sulit untuk dilakukan karena pemberitahuan kode tersebut masuk ke nomor pemilik akun bukan ke mereka.

Cara Mengamankan Whatsapp dengan Sidik Jari dan Verifikasi Dua Langkah

Lantas, bagaimanakah metode mengamankan akun whatsapp menggunakan kedua fitur ini? Sangat mudah dan hanya perlu beberapa langkah saja anda sudah bisa langsung mengaktifkan fitur tersebut. Bagaimanakah caranya? Simak panduan selengkapnya berikut ini :

Cara Mengamankan Whatsapp dengan Sidik Jari

Perlu untuk anda ketahui, tidak semua android support dengan fitur sidik jari ini. Kunci sidik jari hanya ada pada ponsel Android yang memiliki sensor sidik jari dan juga telah menjalankan Android 6.0+. Sistem android ini telah mendukung API sidik jari google. Berikut cara mengaktifkannya :

  • Update terlebih dahulu aplikasi whatsapp ke versi terbaru
  • Selanjutnya buka aplikasinya dan klik tanda titik tiga yang ada di pojok kanan atas lalu pilih “setelan”
  • Pilih akun dan klik privasi.
  • Gulir ke bawah menuju ke pilihan sidik jari. Klik bagian tersebut.
  • Aktifkan sidik jari dengan menggunakan jari anda.
  • Sentuh sensor sidik jari guna mengonfirmasi sidik jari Anda.
  • Anda dapat menentukan waktu pengaktifan sidik jari. Bisa segera, setelah 1 menit, atau setelah 30 menit.

Baca juga : cara mengaktifkan dark mode whatsapp

Cara Mengamankan Sidik Jari dengan Verifikasi Dua Langkah

Sementara itu untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah  bisa anda lakukan dengan cara seperti ini :

  • Pastikan anda telah menggunakan aplikasi whatsapp versi terbaru
  • Selanjutnya buka aplikasi whatsapp —> setelan —-> akun —-> verifikasi dua langkah
  • Masukkan pin dan email anda.
  • Selesai.

Baca juga : cara membuat status WA dari youtube

Sangat mudah bukan? Itulah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengamankan akun whatsapp supaya aman dari tangan orang-orang jahat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Thanks...
Close
Close