Androidcomputer gamesGameGamesTips

8 Dampak Positif dan Negatif Bermain Mobile Legend Bang-Bang

Pada dasarnya manusia memang membutuhkan hiburan untuk menghilangkan stress karena beraktivitas. Baik orang dewasa, remaja maupun anak-anak. Jika zaman dahulu anak-anak akan bermain mainan tradisional seperti main petak umpet, main klereng, main layang-layang sepulang sekolah. Tapi zaman sekarang  yang mereka mainkan adalah game yang ada pada android, termasuk remaja dan orang dewasa. Salah satu game yang popouler semua kalangan adalah Mobile Legend Bang Bang. Berikut Dampak Positif dan Negatif Bermain Mobile Legend.

Memang siapa saja dapat memainkannya, tak apa jika hanya untuk hiburan atau menghilakan stress. Namun akan fatal akibatnya jika seseorang sudah mulai merasa candu oleh game tersebut. Pada kesempatan ini, senang berbagi akan membahas tentang 8 Dampak Positif dan Negatif Bermain Mobile Legend Bang Bang (MLBB)

Inilah 8 Dampak Positif dan Negatif Bermain Mobile Legend Bang-Bang

Dampak Positif dan Negatif Bermain Mobile Legend Bang-Bang

Dampak Positif bermain Mobile Legends

1. Meningkatkan Kecepatan Berfikir

Ketika main game mobile legend, tentunya harus cepat dalam mengambil tindakan. Karena jika telat sedikit saja dalam bertindak, maka kemungkinan besar tim akan kalah. Otak akan secara refleks untuk memikirkan strategi untuk menghadapi tim lawan, kemudian secara langsung kita mengambil tindakan untuk meraih kemenangan. Ini adalah dampak positif main mobile legend yang bermanfaat bagi pemain.

2. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Selanjutnya dampak positif mobile legend adalah meningkatkan rasa percaya d’iri. Hal ini buktikan ketika kita mengarahkan hero yang kita pilih untuk maju dan masuk ke area lawan. Lalu dengan gagahnya kita membasmi turret serta hero lawan sampai mati dan

3. Tidak Mudah Menyerah

Ketika memutuskan untuk memulai pertarungan mobile legend, maka kita akan berusaha mendapat kemenangan. Sebisa mungkin kita akan bertahan ketika tim dibantai habis oleh musuh. Walau kemungkinan untuk menang sangat minim, namun tim kita akan tetap berusaha untuk menang dan meraih Epic Comback. Walau pada akhirnya kalah, namun sifat tidak mudah menyerah harus kita latih dan bisa diterapkan pada kehidupan sehari-hari. Pada kehidupan sehari-hari pun mungkin kita akan menemui masalah, namun kita harus bisa mengatasinya tanpa menyerah.

4. Melatih Tingkat Kewaspadaan

Dampak positif main mobile legend selanjutnya adalah melatih kewaspadaan. Ketika permainan dimulai kita harus senantiasa waspada terhadap serangan tim lawan. Kita harus menjaga base kita dengan ketat agar tim lawan tidak bisa masuk base kita. Dengan begitu maka turret akan aman dari serangan lawan. Kemudian sedikit demi sedikit kita menghancurhan turret lawan. Begitupun dengan keseharian kita, jangan sampai kita lengah dan dengan gampangnya di harncurkan oleh orang lain. Kita harus selangkah lebih maju dari orang lain.

5. Belajar Untuk Bekerjasama dalam Team

Manffat positif game mobile legend selanjutnya adalah bekerja secara team. Seperti yang kita ketahui bahwa untuk bermain game Mobile Legend itu kita harus punya team. Baik itu teman yang kita undang atau dikenal dengan istilah main bareng/mabar, ataupun mencari teman di aplikasi secara random. Oleh karena itu, maka kita dituntut untuk dalam bekerja secara tim. Tentunya kita harus saling menjaga dan saling membantu teman seteam. Tentunya kita harus belajar untuk menerapkan hal tersebut dalam kehidupan, tentunya dalam hal yang positif ya teman-teman.

6. Melatih Kesabaran

Manfaat positif dari main mobile legend yang dapat diambil salah satunya adalah melatih kesabaran. Tentu rasa sabar adalah hal yang sulit untuk sebagian orang. Di game mobile legend ini, kita dapat melatih kesabran. Salah satu contohnya yaitu ketika di serang pihak musuh. Wajar-wajar saja jika satu lawan satu. Tapi kalau kamu sendiri sedangkan pihak lawan datang secara kroyokan itu sih udah gak wajar. Jika kamu menghadapi hal seperti itu, lebih baik kamu tahan diri dan jangan serang balik. Lebih baik kamu mundur ke base dan segera minta bantuan teman satu team. Dan jika team mu kalah, jangan sampe kamu mengeluarkan kata-kata kasar yang tidak pantas. Karena itu akan membuat orang sakit hati walau hanya di game.

7. Melatih Konsentrasi

Manfaat positif lainnya dari main mobile legend adalah melatih konsentrasi. Disini kita dituntut untuk tetap fokus dan konsentrasi. Karena jika sedikit saja lengah, bisa-bisa team mu kalah. Hal ini bisa kita terapkan juga dalam kehidupan sehari-hari contohnya seperti belajar, ketika guru sedang menjelaskan kita harus perhatikan dan konsentrasi, karena jika kamu tidak fokus maka kamu tidak akan mengerti apa yang guru sampaikan.

8. Belajar Menyusun Strategi

Hal apapun tentu memerlukan strategi sebelum akhirnya mengambil tindakan. Sama halnya ketika main mobile legend. Kita harus menyusun strategi terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan untuk menyerang. Apakah akan lewat base atas, tengah atau bawah. Tentunya yang kamu pilih adalah yang paling aman dan kecil kemungkinan untuk kalah. Hal ini bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kita sudah harus menyusun strategi untuk besok lusa dan masa yang akan datang. tentang bagaimana kita mengambil langkah untuk meraih kesuksesan, dan kecil kemungkinan untuk gagal.

Dampak Negatif dari Bermain Game Mobile Legends

1. Kesehatan Menurun

Salah satu dampak negatif bermain mobile legend adalah kesehatan yang menurun. Tak jarang  orang akan melupakan waktu istirahat. Bisa saja seseorang begadang semalaman karena bermain game padahal hari selanjutmya ia harus kembali beraktivitas. Selain itu pecandu game juga akan melupakan makan serta olah raga yang berdampak buruk untuk kesehatan.

2. Menjadi Pemalas

Dampak negatif mobile legend selanjutnya yaitu menjadi pemalas. Tidak ada hasrat untuk melakukan aktivitas apapun selain bermain game. Malam hari meraka habiskan waktunya untuk main game sampai pagi, ketika pagi tiba merasa ngantuk dan tidur seharian. Hal ini sangat sering kita temui pada kalangan pemain game. Tentunya hal ini membuat orang menjadi malas.

3. Waktu Terbuang Sia-Sia

Selanjutnya dampak positif dari game mobile legend adalah waktu yang terbuang sia-sia. Ketika asik bermain game biasanya orang akan lupa waktu. Akhirnya lupa bahwa kita punya kewajiban seperti tugas sekolah, pekerjaan kantor dan bahkan banyak sekali orang melupakan ibadah karena game.

4. Kurang Sosialisasi

Zaman sekarang orang sudah sangat jarang bersosialisasi. Karena kesehariannya selalu habis oleh main gadget dan game online seperti mobile legend. Ini adalah dampak negatif dari main mobile legend. Pada dasarnya manusia itu saling membutuhkan. tapi zaman sekarang dengan tetanggapun jarang bertemu apalagi ngobrol secara langsung.

5. Ketagihan

Rasa ketagihan ini otomatis timbul pada benak pemain yang mulai candu terhadap game. Rasa ingin main lagi, lagi dan lagi pasti timbul pada benaknya dan ini sangat sulit dihindari jika tak bisa mengontrolnya dengan benar.

6. Menimbulkan Masalah Psikolog

Dampak yang satu ini sangat berbahaya karena bisa jadi yang ada pikirannya hanyalah game. Apalagi untuk anak usia dni yang masih harus menempuh pendidikan dan meraih cita-citanya. Untuk anak-anak yang suka main game perlu pengawasan khusus dari orang tuanya.

7. Aktivitas Terganggu

Karena game aktivitas terganggu? Hal ini adalah hal yang sangat sering alami oleh gamers. Tidak sedikit orang kehilangan kesempatan untuk sukses dan berhasil hanya gara-gara terlalu sibuk main game. Contoh kecil, sekolah atau kampus ada ulangan tapi malamnya malah main game buka belajar. Padahal ketika sekolah adalah kesempatan kita untuk mendapatkan ilmu.

8. Prustasi Karena Kalah

Dampak negatif mobile legend yang terakhir yaitu prustasi karena kalah. Kalah yang terus menerus itu akan mengganggu pikiran dan bisa jadi murung. Sehingga melakukan aktivitaspun tidak merasa semangat. Hal ini sangat tidak baik untuk kehidupan kesehatan.

Artikel Lainnya : 35 Istilah Pada Game Mobile Legends

Akhir Kata

Itulah 8 dampak positif dan negatif main mobile legend Bang Bang.Tidak ada salahnya jika kita menggemari game dan memainkannya. Namun bijak-bijaklah dalam mengatur waktu. Jangan sampai mengabaikan hal yang akan membawa kita kepintu kesuksesan masa depan.  

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Thanks...
Close
Close