GameGames

35 Istilah Pada Game Mobile Legends yang Sering digunakan

Kalian para pencinta game Moba pastinya sudah tidak asing lagi dengan Game Mobile Legends ini. Sudah digunakan lebih dari 100 juta lebih pengguna android yang memainkan game Mobile Legends ini. Belum pengguna iOS yang tentunya sama-sama banyak memainkan game ini. Berikut adalah istilah pada game Mobile Legends.

Game Mobile Legends ini memang game yang bikin orang ketagihan karena memang dimainkan tidak hanya di Indonesia. Melainkan negera tetangga juga banyak yang memainkan game Moba ini. Seperti Malaysia, Vietnam, Myanmar, Thailand dan masih banyak lagi negara lainnya yang memainkan game ML ini.

Untuk pemain baru atau Newbe sering juga dikatain pemain Nub mungkin banyak kata-kata atau istilah yang kurang mengerti. Jujur mimin juga masih pemain nub dan terkadang tidak paham apa yang dikatakan tim atau lawan kita didalam scene game.

Nah berikut adalah 35 Istilah Pada Game Mobile Legends yang sering muncul saat bermain. Tentunya kamu tidak akan nub jika mengetahui istilah yang sering digunakan saat Main ML ini. Berikut istilah-istilahnya semak dengan baik ya.

Inilah 35 Istilah Pada Game Mobile Legends

Istilah Pada Game Mobile Legends
Sumber Gambar : www.pinterest.com

1. AFK (Away from Keyboard) dan DC (Disconnect)

AFK adalah istilah pada game Mobile Legends yang sering muncul dipermainan Mobile Legends ini tentunya akan kesal jika tim kita ada yang AFK. AFK itu sendiri adalah memiliki arti bahwa pemain sedang tidak ada didalam permainan. Biasanya jika diawal pertandingan semua tim memilih menyerah karena pemain AFK tidak bermain selama 5 menit. Jika anda newbe pastikan juga menekan tombol menyerah karena ini akan membuat permainan invalid.

Invalid itu sendiri jika dalam mode rank anda tidak akan kehilangan bintang karena terjadi pelanggaran oleh salah satu teman tim anda. Hal ini sering terjadi terlebih jik anda memilih untuk bermain solo atau sendiri. Sebaiknya anda jangan menolak jika semua tim memilih menyerah jika ada salah satu pemain yang AFK.

Namun perlu diketahui jika pemain masuk lagi kedalam permainan jangan sampai anda kekecoh. Karena biasnya ada pemain yang sengaja melakukan AFK dan dia ternyata masuk lagi kedalam permainan. Saat semua tim memilih menyerah dia sendiri menolaknya alhasil invalid akan gagal. Dan kita akan dirugikan dalam pertandingan dengan orang seperti ini. Jadi bisa sobat perhatikan ya istilah AFK dalam permainan Mobile Legends ini.

2. Hyper Carry

Saat Pick Hero kalian akan menemukan istilah pada game Mobile Legends Hyper Carry artinya adalah sebuah strategi dimana core atau carry didalam tim hanya da satu orang. Biasanya Buff merah dan biru akan diberikan kepada Hyper Carry ini jadi jangan sampe kalian salah mengambil buff. Biasanya Hyper Carry akan diberikan kepada yang memiliki damage utama. Seperti Marksman, Mage dan Fighter tergantung pemain yang bersedia jadi Hyper jadi ke 4 pemain lainnya akan berperan sebagai support. Istilahnya kita akan digendong oleh pemain Hero Hyper Carry ini.

3. Buff

Buff adalah status tambahan yang harus dimiliki oleh Hero terutama hero Carry yang mampu membawa kemenangan untuk tim. Buff dapat kalian dapatkan dengan membunuh monster-monster creep jungle. Jadi jangan sampe tidak tahu buff itu apa ya hehe tapi gak masalah lah mimin juga sama pas pertama maen namanya juga Newbe. Buff ini akan meningkatkan level baik dari serangan physical ataupun magical. Biasanya buff ini diperuntukan untuk para hero MM, Mage atau Assasin.

4. Early, Mid, Late Game

Dalam maen game Mobile legends, ada waktu yang harus sobat ketahui antara lain Early, Mid, dan Late Game. Early adalah mulai dari awal hingga menit ketiga dan mid dari menit 3 sampai sepuluh. Dalam waktu ini metode farming kalian harus optimal dengan meng kill lawan atau mencuri jungle lawan lain.

Untuk Late Game itu sendiri adalah pertandingan lebih dari 10 menit sampai selesainya permainan. Dalam waktu late game ini sobat harus sudah memiliki item lengkap dengan permainan yang tidak banyak salah dan matinya. Jadi waktu didalam permainan mobile legends ini harus sobat ketahui agar tidak salah dalam pengartian istilah pada game mobile legends.

5. Roaming

Roaming ini biasanya jika kalian menggunakan Hero Tank jika kalian memainkan Hero Tank pastikan tahu istilah roaming ini. Roaming itu sendiri sebagai hero dari satu lane ke lane lainnya untuk membantu Hero lain terutama Hero Hyper Carry seperti MM dan Mage.

Nah anda bisa menggunakan item roaming yang dapat kalian beli itemnya saat permainan berlangsung. Penah kebingung saat menggunakan Hero Tank saat itu menggunakan Hero Tigreal. Saat itu disuruh pake item roam malah gak ngerti dan pastinya kalian akan dapet bacotan hahaha. Jadi buat kalian yang telah membaca artikel ini sebaiknya ketahui Hero mana saja yang menggunakan/berperan sebagai roaming. Selain Hero Tank kalian juga bisa menggunakan Hero Support dan Mage yang berperan dan menggunakan Roaming ini.

6. Offlaner, Midlaner dan Bottomlaner

offlaner atau sering disebut Top Lane atau jalur atas adalah posisi Hero yang bermain diposisi atas. Bisanya Hero yang ada diposisi atas ini adalah Hero Fighter seperti Hero X borg, Badang, Chou, Dyrroth dan hero lainnya.

Selanjutnya Midlane biasanya hero yang berada diposisi ini adalah untuk Hero Mage, Support dan Assassin. Seperti Hero Cecilion, Valir, Pharsa, Esmeralda, Selena, nana, lancelot, Ling dan hero lainnya. Tentunya maksud Midlaner ini jangan sampe kalian salah posisi, ya kalaupun ada yang mengingatkan cepat kalian beralih posisinya. Tentunya tidak akan membuat anda disebut pemain Nob hehe.

7. Nob

Newbie Nob ataupun Noob sama aja kalian akan dikata-katain jika pemain baru di permaianan Mobile legends ini. Arti dari istilah Nob ini adalah kalian dianggap sebagai pemain kurang Jago. Walaupun baru kalian harus tahu untuk memainkan game ini cukup jangan napsuan ingin membunuh dan tahu posisi main Hero yang kalian gunakan. Tentunya dengan begitu kata-kata Noob itu takan keluar dari pesan teman atau lawan kalian guys.

8. Feed/Feeder

Arti dari Feeder adalah pemain yang terlalu sering mati dipermainan game mobile legends. Jadi buat kalian yang baru bermain game Moba ini pastikan jangan keseringan mati bermainlah dengan tim agar dapat terbantu. Tentunya Feeder ini sangat merugikan tim anda dan akan membuat lawan kamu mendapatkan skor, exp dan gold setiap temen atau kalian banyak matinya. Jadi pastikan kalian tidak menjadi feeder karna game mobile leterbaru akan otomatis mendapatkan sangsi. Sangsi lumayan berat dengan dikuranginya kredit skor main kalian.

9. Farming

Anda pernah membaca pesan dari temen kalian dengan menuliskan Farming dulu nah tentu itu ada artinya. Farming adalah pemain harus mengumpulkan uang dan menghindari war terlebih dahulu. Tentunya untuk mengumpulkan item agar Hero yang kamu gunakan lebih kuat lagi.

10. War

Open War biasanya tim anda akan bilang saat tim kalian baru saja memulai permainan namun tidak sedikit yang suka langsung War. Artinya kalian membuka perang namun sebagian orang akan setuju jika di saat War kita dapet kill banyak dibandingkan lawan. Jadi buat sobat yang pernah main terus tim kalian bilang jangan dulu membuka perang. sSbaiknya berhenti dan terus lakukan farming hingga hero yang digunakan menjadi kuat.

11. Ganking

Ganking sendiri berasal dari kata gank, atau untuk meng kill satu atau dua musuh yang tidak dijaga oleh support/tank lawan. Biasanya gank ini akan menyerang satu Hero lawan dengan tiga atau empat hero tim anda. Jadi aba-aba ini harus kalian pahami agar tidak kehilangan momen saat akan mengepung dan membunuh satu atau dua Hero Lawan.

12. GG (Good Game)

Good Game atau GG sering dilontarkan untuk pemain yang jago mainkan Hero tertentu bisanya peman ini sudah Pro memainkan Heronya. Namun istilah pada game Mobile Legends GG juga sering digunakan untuk menyindir juga. Jadi jangan ke geeran kalau sobat banya mati atau feeder malah disebut gg haha.

13. Le

Pernah gak sobat dikatain Le saat bermain Mobile Legends nah istilah Le ini adalah Lemah atau kurang berguna. Kalau sobat tidak kompeten dan menempatkan posisis dalam setiap hero yang digunakan. Sering sekali rekan anda akan membuat pesan Le. Jadi kalian harus tahu posisi war dsb agar tidak dikataan le atau lemah oleh rekan tim anda.

14. OP

OP atau dapat ditulis lengkap Over Power artinya Hero yang digunakan mempunyai kekuatan jauh diatas rata-rata hero lainnya. Sebut saja Hero OP Xborg Fighter, Gusion Assassin, Granger MM, HyLos Tank. Dan hero lainnya yang memiliki kekuatan diatas rata-rata Hero lainnya. Tentunya dengan tahu Hero OP ini kalian dapat bermain lebih berhati-hati dan bisa juga menggunakan Hero ini untuk memenangkan permainan.

15. Push

Push sering ditujukan kepada Hero Fighter dan juga assassin biasa Hero ini berada di toplaner atau botlaner. Seperti Hero Jlong, Ling, Xborg dan hero lainnya yang sering push tower lawan. Arti push ini yaitu kalian harus menghancurkan tower lawan dan mendorong agro minion di lane. Tentunya tujuan akhir adalah menghancurkan benteng terakhir dari lawan kita saat bermain.

16.KDA

KDA (Kill, Death, Assist) adalah jumlah atau informasi yang tertulis selama kalian bermain disetiap pertandingan yang berlangsung. Untuk pemain baru KDA ini mungkin sering kita lihat. Untuk melihatnya dapat dengan mudah dilihat dihalaman Tab Informasi mengenai banyaknya Kill, Death, Assist (KDA).

17. Lord

Mimin inget pas pertama maen Mobile Legends ini melihat orang memanggil Lord saat itu lagi custom. Memang nub dan gak tau apa itu Lord dan kenapa dapat menyerang base kita. Se iring kesini sering nanya lord itu adalah Monster terkuat di Mobile Legends. Jika tim kamu berhasil mematikan Lord ini akan otomatis membantu tim kita untuk menghancurkan base lawan. Jadi jika kalian ingin menang cepet bisa dengan menggunakan lord ini kemudian kalian jaga sampe base musuh hancur.

18. Life Steal

Life Steal adalah eek untuk menghisap darah target dan menjadikannya darah kita saat hit/skill. Biasanya item ini sering digunakan oleh MM dan Assassin terkadang juga mage juga menggunakan item Life Steal ini.

19. Loss Streak & Win Streak

Istilah Loss Streak ini yaitu pemain yang sama dan kalah dalam game mobile legeds berturut-turut selama 5 kali atau lebih. Kelabalikannya jikan Win Streak artinya pemain tersebut selalu menang hingga 5 kali atau lebih.

20. Mabar

Mabar adalah singkatan dari main bareng. Tentunya dalam permainan juga bapat bermain bareng temen-temen anda. Silahkan undang dan main bersama-sama agar tim kalian semakin kuat.

21. Solo Rank

Solo Rank sudah jelas anda bermain solo atau sendiri tanpa bermain bareng teman-teman anda. Solo rank ini biasanya akan menemukan tim yang sama-sama solo atau timnya kurang lengkap. Jadi pastikan anda beramin bagus jika maen solo rank ini. Jika tidak siap-siap kalah dan dikata-katain oleh rekan se tim kalian.

22. Solo Mid, Toplane, Botlane

Jalur tengah sendirian biasanya istilah pada game Mobile Legends ini muncul saat diawal permainan dan dilakukan oleh Hero mid seperti Mage. Jadi kalian harus paham arti solo pemain tersebut ingin sendiri. Coba kalian ikuti biasanya pemain itu akan ngatangatain kalian karna dianggap gak paham. Jadi jangan sampe tidak tahu ya istilah tersebut.

23. Report

Melaporkan pemain karena melakukan pelanggaran, seperti AFK atau melakukan feeder atau berpilaku buruk disengaja dll. Itu pastinya akan membuat rekan setim kalian melakukan report bareng-bareng. Alhasil kalian tidak dapat melakukan rank beberapa menit. Bahkan jika masih melakukan hal yang sama akan di ban hingga ratusan jam. Jadi jangan sampe kalian kena report di permainan Mobile Legends ini.

24. GGWP (Good Game, Well Played)

GGWP ini adalah istilah yang sering diucapkan saat permainan mobile legends kalian selesai. Biasanya digunakan untuk memuji permainan yang telah berlangsung. Kadang digunakan juga untuk mengejek lawan saat melakukan kesalahan yang menguntungkan tim kita saat bermain.

25. Heal

Heal mengembalikan Hp atau darah yang berkurang atau isi darah hero kamu tengah dalam peperangan. Jangan napsu untuk meng kill lawan saat heal kamu sekarat sebaiknya mundur agar kamu tidak dapet kata-kata dari teman kamu.

26. Jungling

Kill monster di jungle buat leveling dan cari gold untuk menjadikan hero lebih kuat dan jadi bisanya akan berada di level 15. Jadi jika menggunakan Hero seperti MM atau Assassin harus banyak Jungling agar cepat jadi.

27. Jungle

Hutan tempat dimana neutral creep/monster hutan tinggal jadi kalian bisa mengambil bagian jungle agar cepet naikin level. Jika temen kalian bilang mau jungle berarti dia ingin ke hutan ke tempat monster hutan tinggal.

28. Mana

Mana adalah energi yang dimiliki tiap hero untuk menggunakan skill seperti hero Mage, Assassin, MM, Fighter, Tank. Semuanya mempunyai mana ada juga yang tidak mempunyai mana aktif seperti Balmon, atau di fighter alucard atau Ling di Assassin. Kadang warana mana biru harus terisi penu dan kita harus recal kebelakang. Namun ada juga yang dimiliki oleh ling yang otomatis terisi kembali.

29. MMR

MMR (Match Making Rating) adalah rating yang dihitung berdasarkan jumlah permainan yang dimainkan oleh pemain, berserta jumlah kemenangan dan juga kekalahanya.

30. MVP

MVP (Most Valuable Player) mungkin diakhir permainan kalian menemukan pemain yang MVP di scoreboard game. MVP bisa didefinisikan pemain yang berpengaruh dipertandingan, dapat dibilang man of the match nya kurang lebih seperti itu.

31. Nyampah

Saat musuh sudah sekarat tinggal di kill saja eh malah ada rekan setim meng kill musuh yang pastinya bisa sobat kill sendiri. Pemain seperti itu dapat dikatakan nyampah dan biasanya suka dikata-katain juga. Cuman bisa nyampah doang dsb yang tentunya tak masalah yang penting lawan kalian mati dari pada nantinya kabur.

32. Ulti

Ultimate ialah skill andalan pada hero bianya skill ulti ini akan kamu dapatkan setelah mencapai level 4. Jadi kamu dapat mengaktifkan ulti kamu dan dipergunakan untuk meng kill lawan kamu dipermainan.

33. Tele

Tele atau teleport artinya pemain harus cepat balik ke fountain ataupun ke tower tertentu. Jadi jangan sampe tower kita dihabisi musuh dengan tele kita dapat mengantisipasinya agar tidak cepat ancur.

34. Purify

Spell purify ini dapat menghilangkan efek negatif dan memberikan efek kebal selama 1 detik serta meningkatkan kecepatan serangan hero 30%. Biasanya Purify ini untuk melawan hero yang memilik stun. Seperti hero Odet mage, Silvana, Eudora dan hero yang memiliki stun lainnya. Spell purify ini dapat menjadi senjata agar hero kalian lepas dari stun atau efek negatif dari Hero lainnya.

35. Wiped Out (ACE)

Semua tim kalian mati atau tim musuh terbunuh semuanya alias mati rata maka Wiped out biasanya kalian dapatkan. Istilah ini sering muncul saat semuanya sudah terbunuh. Iitulah salah satu istilah-istilah yang sering dilontarkan dipermainan Mobile legends.

Artikel Lainnya : Hero Mobile Legends yang Harus Dimiliki Agar Selalu Menang Rank

Akhir Kata

Itulah 35 Istilah Pada Game Mobile Legends yang Sering digunakan dalam permainan ML sering dilontarkan juga. Jadi buat sobat yang baru bermain ML bisa sedikit mengetahui istilahnya. Masih banyak istilah di Game ML yang mungkin kamu baca atau kamu dengar. Jadi silakan tambahkan dikolom komentar guys. Ok Terima kasih.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Thanks...
Close
Close