Home » Tips » Menu Buka Puasa Sederhana, Nikmat, dan Murah

Menu Buka Puasa Sederhana, Nikmat, dan Murah

Menu buka puasa sederhana

Menu buka puasa tidaklah harus yang mewah dan berharga mahal. Yang sederhana pun tetap lezat dan bisa kita nikmati dengan lahap. Apalagi, jika buka puasa bersama keluarga tercinta di rumah.

Yang paling penting makanan hiegienis dan bergizi tinggi. Itu semua menurut saya sudah lebih dari cukup. Dan hal tersebut bisa anda dapatkan apabila memasak makanan sendiri di rumah

Rekomendasi Menu Buka Puasa Sederhana

Tak terasa, tinggal menunggu Minggu dari hari bulan Ramadhan akan segera tiba. Bulan suci dan penuh berkah dimana umat muslim seluruh dunia menjalankan ibadah yang kita kenal dengan sebutan puasa Ramadhan.

Melalui artikel ini saya akan memberikan berbagai daftar menu buka puasa selama 1 bulan penuh. Apa saja makanan dan bagaimana kelezatannya? Mari simak ulasannya berikut ini :

Kurma

Kurma adalah buah berasa manis yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah untuk dikonsumsi ketika buka puasa tiba. Anda bisa mengkonsumsi 3 hingga 4 buah kurma untuk menghilangkan rasa lapar setelah 12 jam sama sekali tidak makan.

Bukan sekedar itu saja, kurma juga memiliki banyak khasiat. Kurma adalah sumber serat yang baik sehingga berguna untuk menjaga sistem pencernaan anda. Selain itu, mengkonsumsi kurma juga mencegah resiko diabetes dan juga meningkatkan kesehatan tulang.

Baca juga : makanan manis untuk berbuka puasa.

Air Putih atau Teh Hangat

Manusia sangat membutuhkan cairan mengingat tubuh 75% terdiri atas air. Saat buka puasa, air putih haruslah menjadi sesuatu yang pertama kali masuk ke dalam tubuh. Rasa haus pun akan hilang setelah anda meminum air putih tersebut.

Selain itu, teh hangat bisa dijadikan sebagai alternatif. Ingat ya, sebaiknya teh hangat bukan es teh. Minum minuman dingin ketika perut masih kosong, bisa menimbulkan masalah pada sistem pencernaan. Es lebih baik dikonsumsi setelah anda memakan nasi.

Capcay Kuah

Menu buka puasa sederhana yang selanjutnya adalah cpacay kuah yang tentunya memiliki rasa yang sangat lezat. Di dalamnya terdapat berbagai macam jenis sayuran dengan kandungan vitamin yang sangat tinggi. Sangat baik untuk kesehatan tubuh anda.

Selain vitamin, di dalam capcay juga mengandung protein. Hal ini bisa didapatkan dari ayam dan udang yang bisa anda masukkan ke dalam kuah capcay. Yuk, cobain dari sekarang.

Sayur Lodeh

Selain sayur capcay, anda juga bisa menikmati sayuran lainnya yaitu lodeh. Rasanya tentu tidak kalah besar dan menjadi salah satu sayur favorit masyarakat Indonesia. Anda juga bisa menambahkan sambal untuk memenuhi kebutuhan menu buka puasa pedas pada saat berbuka puasa.

Nasi Goreng

Menu buka puasa sederhana dan praktis selanjutnya adalah nasi goreng. Anda bisa membelinya di bapak tukang nasi goreng atau memasak sendiri di rumah. Supaya bertambah nilai gizinya, anda bisa menambahkan sayuran seperti kubis dan juga lauk pauk berupa ayam, sosis, udang, ataupun yang lainnya.

Baca juga : aplikasi resep masakan terbaik.

Sayur Bayam

Kandungan zat besi yang tinggi ada di sayur bayam. Membuat sayuran yang satu ini juga saya rekomendasikan sebagai salah satu makanan untuk berbuka puasa. Anda juga bisa berkreasi dengan menambahkan jagung di dalamnya supaya rasa menjadi semakin mantap.

Itulah beberapa contoh menu makanan untuk berbuka puasa yang bisa anda nikmati. Tak perlu keluar budget besar, dengan budget seadanya pun anda sudah bisa mendapatkan makanan yang cukup wah plus bercita rasa yang lezat. Sekian dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar