FoodsTips

40 Menu Sahur Praktis yang Mudah Untuk disajikan

Bulan suci ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Semua umat muslim pasti akan menunaikan ibadah puasa dibulan ramadhan ini. Ibadah puasa diawali dengan makan sahur yang biasa dilakukan pada pukul 2 atau 3 dini hari sampai datangnya waktu imsak. Tentunya seorang wanita apalagi yang sudah berkeluarga harus menyiapkan makanan untuk makan sahur bagi keluargan tercintanya. Berikut merupakan Menu Sahur Praktis yang dapat sahabat senang berbagi coba untuk nemenin saat sahur.

Dibulan suci ramadhan siapapun pasti ingin memperbanyak ibadah seperti membaca Al-qur’an, sholat tahajud, berwirid dll dan biasanya dilakukan di sepertiga malam. Tetapi bagaimana dengan wanita yang harus menyiapkan makanan untuk makan sahur bagi keluarganya?. Tidak usah khawatir, pada kesempatan ini saya akan memberikan 40 menu sahur praktis yang Mudah Untuk disajikan.

Jadi selain kalian bisa melakukan ibadah, kalian juga bisa menyiapkan menu sahur praktis untuk makan sahur keluarga.

Inilah 40 Menu Sahur Praktis yang Mudah Untuk disajikan

1.  Orek Tempe

Menu Sahur Praktis
Sumber Gambar : resepkoki.id

Orek tempe adalah salah satu menu sahur praktis yang bisa anda sajikan untuk makan sahur keluarga. Selain cara pembuatannya yang mudah orek tempe juga disukai khalayak umum sehingga siapapun pasti akan memakannya.

Tempe memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh seperti protein, kalsium, vitamin B12, dan antioksidan. Selain itu tempe juga sangat cocok untuk kamu yang sedang diet karena tempe memiliki kandungan nutrisi.

2. Perekedel Jagung

Perekedel Jagung

Menu sahur praktis selanjutnya adalah prekedel jagung. Selain bisa dijadikan sebagai teman nasi perekedel jagung juga sangat cocok untuk dijadikan camilan yang sangat enak.

Bahan yang digunakan untuk membuat prekedel jagung antara lain yaitu jagung manis, tepung terigu,  telur, seledri, dan minyak untuk menggorengnya. Cara pembuatannya sangat mudah dan tidak memakan banyak waktu. Jadi kalian bisa mencoba membuat prekedel jagung untuk menu makan sahur praktis.

3. Telur Dadar

Telur Dadar Menu Sahur Praktis
sumber gambar : cookpad.com

Dibulan-bulan biasa apalagi dibulan ramadhan siapapun pasti menyimpan stok bahan-bahan makanan, bahan makanan yang sering di stok salah satunya telur. Alasannya karena telor awet untuk disimpan.

kamu bisa membuat telur dadar sebagai menu sahur praktis. Telur dadar adalah salah satu menu yang disukai banyak orang. Untuk membuat telur dadar kamu hanya membutuhkan telur, bawang daun, garam/ penyedap rasa dan minyak untuk menggorengnya.

Selain praktis dan ramah dikantong, telur memilik banyak sekali manfaat diantaranya yaitu menyuplai nutrisi bagi tubuh, menyehatkan jantung dan tidak meningkatkan kolestrol dalam darah.

4.  Sayur Sop Bakso

Sayur Sop Bakso
Sumber Gambar : cookpad.com

Sayur sop merupakan salah satu menu masakan yang selalu ada dan memiliki rasa yang khas. Siapapun pasti pernah mencobanya. Selain cara pembuatannya yang mudah, sayur sop sangat bermanfaat bagi tubuh karena bahan-bahannya yang vegetarian dan ini merupakan menu masakan yang bisa dijadikan sebagai menu sahur praktis

Bahan yang dibutuhkan yaitu  bakso, kol, wotel, brokoli, kacang buncis,kentang, bawang daun dan seledri. Sedangkan untuk bumbunya kalain hanya membutuhkan garam, gula, merica dan penyedap rasa.

5. Perkedel Tahu

perekedel tahu
Sumber Gambar : cookpad.com

Tahu merupakan olahan yang dibuat dari kedelai yang sudah difermentasi dan diambil endapannya. Tahu bisa diolah menjadi berbagai macam olahan yang disukai banyak orang dengan rasa yang nikmat. Salah satu olahan tahu yang cocok untuk menu sahur praktis adalah perkedel tahu.

Untuk membuat perkedel tahu, kamu hanya memerlukan bahan dasar tahu kunig, telur, bawang daun seledri dan minyak untuk menngoreng. Walaupun sederhana tapi tahu mengandung banyak manfaat di dalamnya seperti menrurangi risiko penyakit jantung, mengurangi risiko kanker saluran pencernaan, mengurangi risiko diabetes, menjaga kesehatan tulang, membantu fungsi otak, menjaga elastisitas kulit dan masih banyak manfaat-manfaat lainnya.

6. Ayam Kecap

Ayam Kecap
Sumber Gambar : cookpad.com

Olahan ayam adalah salah satu menu yang disukai semua orang. Siapapun yang mengonsumsi olahan ayam tidak akan merasa bosan meski disajikan setiap hari. Salah satu olahan ayam yang cocok untuk menu sahur praktis adalah ayam kecap.

Ayam kecap adalah menu makanan yang berasal dari kuliner China. Disebut ayam kecap karena dibumbui dengan kecap manis yang pekat dan mambuat rasanya sangat nikmat.

Untuk membuat ayam kecap sangat mudah dan cepat  dan bahan-bahannya pun sangat praktis, kalian hanya memerlukan seperempat kilo daging ayam, 3 siuang bawang merah, 1 siuang bawang putih, 2 sdt gula, 2 sdt garam, dan tentunya yang tidak boleh ketinggalan adalah kecap manis. Ini cukup untuk 3-4 porsi.  Karena waktu pembuatannya singkat jadi kalian bisa mencoba menu ini untuk menu sahur praktis.

7. Bihun Kuah Sosis

Bihun Kuah Sosis
sumber gambar : cookpad.com

Bihun kuah sosis adalah menu yang dapat kalian sajikan untuk menu sahur praktis. adapun manfaat yang dikandung bihun antara lain yaitu menjaga kadar gula darah dalam tubuh, melancarkan pencernaan, membantu memperlambat proses oksidasi pada tubuh. Selain itu bihun juga mempunyai kandungan serat, natrium dan betakaroten.

Adapun bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bihun kuah yaitu 1 bungkus bihun, 6 siuang bawang putih, 4 siung bawang merah, 2 buah kemiri, dan 6 buah cabe rawit. Kamu juga bisa menambahkan toping seperti telur, jamur, sayuran, dll

8. Oseng Toge + Tahu Kuning

Oseng Toge + Tahu Kuning
Sumber Gambar : cookpad.com

Selama berpuasa metabolisme tubuh harus tetap dijaga. Salah satu upaya untuk menjaganya adalah dengan mengonsumsi toge. Mengapa demikian? Karena diketahui bahwa toge mengandung enzim yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. toge juga memiliki banyak protein yang merupakan bagian penting dari makanan, selain itu toge juga mengandung protein seperti yang dimiliki oleh daging. Jadi toge sangat cocok bagi vegetarian.

Salah satu olahan toge yang cocok untuk menu sahur praktis adalah oseng toge tahu kuning. Bahan-bahan untuk mambuat oseng toge tahu kuning adalah toge, 1 bungkus tahu kuning, 2 siung bawang merah dan bawang putih, 1 tangkai bawang daun, 2 sdm gula, 2 sdt garam, dan penyedap rasa. Bahan-bahannya dapat kamu dapatkan diwarung sekitar tempat tinggal kamu.

9. Tumis Jamur Tiram + Sosis

Tumis Jamur Tiram + Sosis
Sumber Gambar : cookpad.com

Menu sahur praktik selanjutnya adalah tunis jamur sosis. Menu yang sederhana namun rasanya tak kalah saing dengan menu-menu mahal yang ada di lestoran. Selain proses pembuatannya yang cepat, bahan-bahannyapun sangat mudah didapat.

Bahan yang diperlukan untuk membuat tumis jamur sosis yaitu 200 gr jamur tiram, 100 gr jamur kuping dan sosis ayam atau sapi. Sedangkan bumbu yang dibutuhkan yaitu 2 sdt garam, gula pasir secukupnya, ¼ sdt merica bubuk, 2 siung bawang putih, 1 buah bawang bombay, 1 buah tomat, dan 1 tangkai bawang daun. Kamu bisa mencoba menu ini untuk menu sahur praktis.

10. Menu Sahur Praktis Sop Ceker Ayam

Menu Sahur Praktis Sop Ceker Ayam
Sumber Gambar : cookpad.com

Bagi pecinta masakan berkuah sop ceker ayam sangat cocok dijadikan sebagai menu sahur praktis. Sop ceker ayam adalah salah satu menu yang disukai banyak orang termasuk saya sendiri, hehe..

Cara pembuatannya sangat praktis dan bahan-bahan yang digunakannyapun sangat mudah dicari. Bahan-bahan yang diperlukan yaitu ceker ayam yang sudah dibersihkan dan dibuang kukunya, 3 siuang bawang putih, 12 buah wortel, 1 buah kentang, 1 buah tomat, 1 batang daun bawang, 1 batang seledri, ½ sdt lada bubuk, 1 sdt garam, 1 sdt gula,  dan minyak untuk menumis.

Cara pembuatannya sama seperti masak sop pada umumnya, bedanya kali ini kalian menggunakn ceker sebagai bahan utama. Kamu wajib mencoba menu ini untuk menu sahur praktis untuk keluarga.

11. Perkedel Kentang

Perekedel Kentang
Sumber Gambar : cookpad.com

Kentang bisa diolah menjadi berbagai macam menu masakan, kentang bisa di sayur, di tumis, digoreng, dikukus, dipanggang, di rebus dan bisa dijadikan olahan perkedel yang cocok sebagai menu sahur praktis. Dalam bahasa belanda perkedel yaitu frikadeller atau frikadel, yakni daging cincang yang dipadatkan lalu digoreng.

Prekedel kentang ini sangat banyak manfaatnya bagi tubuh karena mengandung gizi yang cukup lengkap. Kentang mengandung vitamin, mineral, serat, antioksidan dan karbohidrat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Cara membuat prekedel kentang sangat mudah. Kamu bisa mengukus kentang terlebih dahulu kemudian dihaluskan. Bahan-bahan pelengkap yang kamu butuhkan untuk membuat perkedel kentang yaitu bawang merah, bawang putih, garam, merica dan minyak untuk menggorengnya.

12. Nasi Goreng

Nasi Goreng
Sumber Gambar : cookpad.com

Ketika kamu kehabisan bahan  untuk memasak, maka nasi goreng bisa menjadi menu sahur praktis yang bisa kamu sajikan untuk sahur keluarga.  Bumbu dasar untuk membuat nasi gorengpun pasti tersedia didapur. Karena bumbu yang diperlukan hanya bawang merah, bawang putih, telur, kecap dan nasi putih tentunya.

Kalian bisa membuatnya dengan menggunakan sedikit minyak lalu campurkan semua bahan dan masak hinga semua bumbu tercampur dan merata. Kamu bisa menambahkan toping seperti krupuk, tomat dan juga timun.

13. Sarden Pete

Sarden Pete
Sumber Gambar : cookpad.com

Setelah bulan ramadhan selesai, kita pasti akan menyambut hari raya idul fitri. Biasanya untuk menyambut hari raya semua orang akan berbondong-bondong untuk membeli baju baru untuk dipakai pada hari raya. Untuk itu pasti membutuhkan uang yang cukup banyak.

Tapi dibulan puasa sangat banyak pengeluaran untuk membeli bahan-bahan atau menu untuk sahur atau buka puasa. Kalian tenang saja, ada menu yang sangat hemat dan ekonomis yaitu sarden pete yang cocok dijadikan untuk menu sahur praktis. selain hemat cara memasaknyapun sangat mudah.

Bahan yang digunakan yaitu 2 kaleng sarden ukuran kecil, 1 papan pete, 5 buah cabe rawit, dan 2 lembar daun jeruk untuk membuat aromanya menjadi harum.  Waktu pembuatannyapun cukup singkat hanya membutuhkan waktu 8-10 menit saja.

14. Nugget Ayam

Nugget Ayam
cookpad.com

Menu selanjutnya adalah nugget ayam, semua orang pasti tahu dengan olahan ayam yang satu ini. Secara nugget ayam sangat disukai oleh semua kalangan jadi cocok dihidangkan untuk menu sahur praktis. kamu bisa membuat sendiri dirumah atau bisa membelinya karena nugget ayam mentah sangat banyak dijual dipasaran, jadi bagi kamu yang tidak banyak wkatu untuk memasak bisa membeli nugget yang sudah jadi di pasar dan kamu tinggak menggorengnya. Kamu bisa menambahkan saos tomat untuk membuat nugget ayam semakin nikmat.

15. Tempe Bacem

Menu Sahur Praktis Tempe Bacem
cookpad.com

Tempe bacem yang mempunyai rasa gurih nikmat dan cenderung manis ini adalah salah satu kreasi dari tempe yang disukai banyak orang.

Bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu 2 papan tempe, ½ batang serai, 1 sdm ketumbar, lengkuas, 1 sdm gula putih, 1 sdm gula merah, ½ gelas air, 2/3 lembar daun salam, 2 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 5-7 sdm kecap manis dan minyak secukupnya.

Cara pembuatannyapun sangat mudah dan cepat sehingga cocok untuk menu sahur praktis yang bisa anda sajikan.

16. Tumis Bayam Jagung

Menu Sahur Praktis Tumis Bayam Jagung
Sumber Gambar : cookpad.com

Tidak dapat dipungkiri, siapapun yang menyiapkan menu masakan pasti akan sangat senang jika melihan yang menikmatinya makan dengan lahap. Salah satu menu sayur yang disukai keluarga pada umumnya adalah Tumisan.

Tumis bayam jagung sangat cocok dijadikan  sebagai menu sahur praktis yang bisa kamu sajikan untuk keluarga. Selain praktis dan ekonomis, perpaduan bayam dan jagung sangat baik karena mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

17. Soto Ayam Bening

Menu Sahur Praktis Soto Ayam Bening
Sumber Gambar : cookpad.com

Soto ayam merupakan kuliner indonesia yang sangat beragam jenisnya. Soto adalah hidangan berkuah yang ditambahkan suwir ayam. Namun, jenis soto yang cocok untuk menu sahur praktis adalah soto ayam bening karena pembuatannya lebih simple.

Bahan-bahan yang di butuhkan untuk membuat soto ayam bening yaitu ¼ ayam kampung, 50 gram soun, 3 buah kentang, 2 butir telur, 100 gr tauge,1 buah tomat dan 1 batang bawang daun. Sedangkan bumbu yang kalian perlukan yaitu  3 lembar daun salam, lengkuas, 2 siung bawang merah, 2 siuang bawang putih, jahe, 2 batang serai, 3 sdt garam, 1 sdt gula, 500 ml santan cair, merica bubuk dan minyak secukupnya.

Kamu wajib banget buat soto ayam bening untuk menu sahur praktis kelaurga tercinta, mereka pasti makan sahur dengan lahapnya sehingga tidak mudah merasa lapar. Waktu pembuatannyapun hanya memerlukan wakti 20-30 menit saja.

18. Salad Sayur

Menu Sahur Praktis Salad Sayur
Sumber Gambar : cookpad.com

Saat mengerjakan ibadah puasa, kita harus senantiasa menjaga kesehatan tubuh agat dapat tetap menjalankan aktivitas seperti biasanya. Caranya yaitu upayakan menu yang dikonsumsi itu mengandung vitamin dan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Tapi bagaimana dengan yang tidak terlalu suka makan nasi? Salah satu menu yang cocok untuk vegetarian adalah salad sayur karena mengandung banyak sekali nutrisi. Menu ini sangat cocok utuk menu sahur praktis. salad sayur terdiri dari berbagai macam sayuran segar yang bisa disesuaikan dengan selera kamu. Kamu hanya perlu mengukus  semua sayuran hingga matang lalu setelah matang kalian dinginkan.

Setelah sayuran dingin kamu bisa menambahkan saus atau mayonais dan susu. Kamu juga bisa menambahkan toping seperti kacang almond, kacang mete atau toping lainnya yang kalian suka.

19. Tumis Brokoli wortel

Tumis Brokoli wortel
Sumber Gambar : cookpad.com

Menu sahur praktis selanjutnya adalah tumis brokoli wortel. Menu ini sangat nikmat jika dimakan dengan nasi hangat, kalian juga bisa menambahkan krupuk sebagai pelengkap tumis brokoli.

Bahan yang dibutuhkan yaitu 1 bungkus brokoli, 1 buah wortel, 2 sdm minyak goreng,  1 sdt garam, ½ sdt gula, ½ sdt penyedap rasa dan air secukupnya. Untuk membuat tumis brokoli ini kamu hanya perlu waktu 8-10 menit saja.

 20. Menu Sahur Praktis Telur Puyuh Bumbu Kecap

Menu Sahur Praktis Telur Puyuh Bumbu Kecap
Sumber Gambar : cookpad.com

Telur puyuh bumbu kecap ini juga merupakan salah satu masakan yang cocok untuk menu sahur praktis. siapa saja bisa membeli dan mendapatkan telur puyuh dengan mudahnya. Pada dasarnya telor puyuh mempunyai rasa yang nikmat secara alami, apalagi jika diolah menjadi hidangan spesial seperti telor puyuh bumbu kecap.

Bahan-bahan yang diperlukan tentunya telur puyuh puyuh yang sudah direbus dan dikupas sebagai bahan utama, kecap manis secukupnya, 2 sdt garam, 1 lembar daun salam, 2 sdm gula pasir, 300 ml air, lengkuas yang sudah di memarkan dan minyak untuk menumis. Masak sampe bumbu meresap kira-kira 10-15 menit.

21. Mie Tektek

Mie Tektek
Sumber Gambar : cookpad.com

Siapa sih yang tidak suka mie ? semua orang pasti suka dengan berbagai macam olahan mie, termasuk mie tektek yang bisa kamu hidangkan untuk menu sahu praktis. walaupun sederhana tapi kamu bisa menjadikannya menjadi hidangan spesial yang pasti akan disukai keluarga.

Untuk bahan utamanya kamu dapat menggunakan mie kuning basah atau mie kuning telur. Bahan sampuran yang menjadi ciri khas dari mie tektek adalah sayur mayur seperti sawi hijau, kol, dan agar lebih nikmat kamu juga bisa menambahkan telur, bakso, sosis dan jangan lupa kasih bumbu seperti garam, bawang putih, bawang merah dan yang terakhir tentunya kecap manis. untuk penyajiannya kamu juga bisa menambahkan krupuk.

22. Kerang Hijau Saus Tiram

Kerang Hijau Saus Tiram
Sumber Gambar : cookpad.com

Kerang hijau cocok untuk menu sahur praktis, kamu bisa mengolah kerang hijau dengan bumbu saus tiram sehingga rasanya nikmat apalagi dimakan ketika masih hangat. Bagi pecinta seafood pasti kerang adalah salah satu menu yang sangat dicari dan digemari. Cara buatnya mudah dan kamu bisa menyajikannya untuk sahur keluarga.

Kerang hijau atau green mussels adalah binatang yang hidup di laut dan memiliki cangkang yang berwarna hijau sehingga di sebut kerang hijau. Kandungan yang dimiliki kerang hijau sangat banyak, salah satunya yaitu protein, lemak, asam lemak omega-3, zat besi, vitamin A, vitamin B12, vitamin C, kalsium, kalium dan kalori yang sangat baik untuk tubuh.

23. Teri Kacang Balado

Teri Kacang Balado
Sumber Gambar : cookpad.com

Semua orang pasti suka dengan rasa pedas, kali ini kamu bisa menyajikan lauk atau teman nasi yang pedas sebagai menu sahur praktis untuk keluarga kamu. Teri kacang balado yang dipadukan dengan kacang tanah adalah salah satu menu andalan orang indonesia. Bumbu balado adalah salah satu resep yang sangat populer dengan bahan rempah-rempahnya yang lezat.

Selain rasanya yang enak harganya pun sangat ekonomis dan cara pembuatannya juga mudah dan cepat. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat teri kacang balado adalah 50 gr ikan teri, 2 ons kacang tanah yang telah digoreng, lengkuas, 1 batang serai, 1 lembar saun salam, ½ sdm garam dan minyak secukupnya. Sedangkan untuk bumbu halusnya kamu membutuhkan 5 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, 2 cabe merah dan 10 cabe rawit. Untuk yang tidak terlalu suka pedas kamu bisa menyesuaikan rasa pedasnya sesuai selera kamu.

24. Ikan Mujair Bumbu Kuning

Ikan Mujair Bumbu Kuning
Sumber Gambar : cookpad.com

Olahan ikan sangat pas disajikan kapanpun, termasuk sebagai menu sahur praktis. kamu bisa membuat olahan ikan air tawar seperti ikan mujair bumbu kuning yang pasti menjadi menu paforit keluarga anda. Mujair mengandung protein, nutrisi dan vitamin cukup banyak yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat ikan mujair bumbu kuning adalah ½ kg ikan mujair yang sudah dibersihkan sisiknya dan dilumuri air jeruk agar tidak bau amis, 1 batang serai, 8 buah cabe rawit utuh, 1 sdt garam dan 500 ml air. Kamu perlu menggoreng ikan terlebih dahulu dan setelah digoreng sampai matang kamu bisa memasaknya dengan bumbu kuning yang telah disiapkan.

25. Oseng Tempe Kacang Panjang

Oseng Tempe Kacang Panjang
Sumber Gambar : cookpad.com

Tempe, siapapun pasti suka dengan makanan yang satu ini apalagi jika dimasak dengan kreasi dan bumbu yang bervariasi. Oseng tempe kacang panjang adalah salah satu kreasi dari bahan dasar tempe yang sangat cocok untuk menu sahur praktis keluarga kamu.

Bahan-bahan yang diperlukan yaitu 1 papan tempe, 1 ikat kacang panjang, tomat, 4 bawang merah,4 siung bawang putih, 2 cabe merah dan minyak secukupnya. Untuk memasakna kamu hanya membutuhkan waktu 15-20 menit saja.

26. Semur Tahu

Semur Tahu Menu Sahur Praktis
Sumber Gambar : resepkoki.id

Jika biasanya yang di semur itu adalah telur atau ikan, kali ini kita akan menggunakan tahu sebagai bahan utama dan ini sangat cocok untuk menu sahur praktis. sajian dengan sedikit kuah yang  rasanya gurih dan nikmat.

Kamu bisa menggunakan tahu berkulit untuk membuat semur tahu. Bahan-bahan yang diperlukan yaitu 10 tahu coklat atau berkulit, kecap manis, 2 sdt garam, 1 sdt gula, 1 sdt penyedap rasa, 1 batang serai, dan 2 lembar salam, air dan bumbu halus.

27. Kentang Mustofa

 Kentang Mustofa
Sumber Gambar : Semur Tahu

Kentang mustofa adalah salah satu menu andalan bagi kamu yang tidak punya waktu untuk memasak karena bisa bertahan lama jadi bisa dibuat dalam jumlah yang banyak untuk stok jika sewaktu-waktu kamu tidak sempat memasak dan ini sangat cocok untuk menu sahur praktis.

Untuk membuat kentang mustofa kamu perlu memotong kentang kecil-kecil seperti batang korek api, atau kamu bisa menggunakan alat agar lebih cepat. Setelah itu kamu rendam dalam air kapur untuk menghilangkan getahnya. 

Bumbu untuk memasak kentang mustofa antara lain yaitu 5 cabe merah, 10 cabe rawit, 5 siung bawang putih 8 siuang bawang merah 1 sdt garam, 100 grgula merah dan 2-3 sdm air asam jawa.  Kamu juga bisa menambahkan ikan teri dan kacang agar lebih nikmat.

28. Kentang Balado Pete

Kentang Balado Pete
Sumber Gambar : selerasa.com

Untuk kamu yang menyukai olahan kentang menu selanjutnya yang cocok untuk menu sahur praktis adalah kentang balado. Kentang adalah jenis umbi yang mengandung nutrisi seperti vitamin A, B kompleks,C asam folat dan karbohidrat. Walaupun kentang mengandung karbohidrat tapi ketang juga bisa dijadikan sebagai teman nasi.

Cara memaskanya sama seperti memasak masakan balado pada umumnya, kamu hanya perlu menggoreng kentang yang sudah dipotong kecil-kecil lalu memasaknya dengan bumbu balado. Agar rasanya lebih nikmat kamu bisa menambahkan pete juga lho.

29. Tumis Labu Siam

Tumis Labu Siam
Sumber Gambar : cookpad.com

Olahan labu siam yang rasanya nikmat ini bisa kamu sajikan untuk menu sahur praktis. kamu bisa membuat olahan tumis labu siam yang pasti akan disukai keluarga kamu tercinta.

Untuk membuat tumis labu siam, kamu memerlukan 2 buah labu siam yang sudah dikupas dan diiris tipis memanjang, 2 cabe merah, 5 cabe rawit, 3 siung bawang  putih, 3 siung bawang merah, garam, gula, lada bubuk dan minyak goreng secukupnya. Untuk memasaknya kamu hanya memerlukan waktu 20-25 menit saja.

30. Tumis Tahu Kecambah

Tumis Tahu Kecambah
Sumber Gambar : keeprecipes.com

Tahu merupakan menu paforit yang wajib ada setiap harinya. Tumis tahu kecambah ini adalah salah satu menu  yang cocok untuk menu sahur praktis dan harganyapun sangat ekonomis. Tapi walaupun begitu, menu ini sangat enak dan disukai semua kalangan.

Untuk membuatnya kamu hanya memerlukan 1 bungkus tahu, 1 bungkuh kecambah, 2 siung bawang putih, 2 siung bawang merah, cabe merah atau cabe rawit, 1 sdm garam, 1 sdm gula, ½ sdt merica bubuk dan minyak untuk menumis. Waktu yang dibutuhkan untuk membuat menu ini adalah 10-15 menit.

31. Oseng Kikil cabe ijo

Oseng Kikil cabe ijo Menu Sahur Praktis
Sumber Gambar : cookpad.com

Kikil adalah kulit dari bagian kaki sapi yang memiliki tekstur unik dan sangat enak jika dimasak dan dijadikan teman nasi. Kikil bisa diolah sedemikian rupa sehingga masakan ini disukai banyak orang. Salah satunya adalah oseng kikil cabe ijo yang bisa digunakan sebagai menu sahur praktis.

Kikil bisa kamu dapatkan dipasar atau bahkan diwarung. Untuk membuat oseng kikil cabe ijo kamu hanya memerlukan ¼ kg kikil, 1 ons cabe ijo, 4 siung bawang merah, 2 siuang bawang putih, 1 ruas lengkuas kecap manis, lalu gula, garam. Minyak dan air secukupnya.  Kamu wajib coba menu ini untuk makan sahur keluarga, pasti mereka suka dan ketagihan.

32. Telur Sayur Urak-Arik

Telur Sayur Urak-Arik
Sumber Gambar : resepkoki.id

Sayur mayur adalah salah satu sumber energi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. namun untuk menghidangkan sayuran kita harus kreatif dan menciptakan kreasi baru agar tidak merasa bosan dengan sayuran. Telor sayur urak-arik adalah salah satu menu yang berbahan utama sayur mayur yang cocok untuk menu sahur praktis.

Cara membuatnya sangat mudah dan bahan-bahannya pun adalah bahan-bahan yang selalu di stok oleh ibu-ibu apalagi di bulan puasa. Bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu sawi hijau, , wortel, toge, kacang buncis dan telur. Dan untuk bumbu halus kamu bisa menggunakan bawang putih, bawang merah, garam merica bubuk dan minyak secukupnya.

Disarankan untuk memasak sayurnya setengah matang saja agar kandungan vitamin didalamnya tidak hilang. Tapi jika tidak suka yang setengah matang, dimasak sampai matangpun tidak masalah.

33.Tumis Sawi Putih

Tumis Sawi Putih
Sumber Gambar : resepkoki.id

Sawi putih adalah salah satu jenis sayur yang mudah didapatkan di pasaran dengan harga yang sangat ekonomis. Sawi putih mengandung vitamin A, B, C dan masih banyak nutrisi lain yang terkandung di dalamnya.

Untuk mengolah sawi, kamu bisa membuat tumis sawi putih sebagai menu sahur praktis. cara membuatnya sangat mudah kamu tinggal menumis sawi yang sudah di potong dengan  bumbu tambahan seperti bawang putih, bawang bombay, cabe merah dan penyedap rasa. Kamu juga bisa menambahkan toping seperti telur puyuh, bakso atau sosis sesuai seleras keluarga kamu.

34. Sayur Daun Singkong

Sayur Daun Singkong
Sumber Gambar : resepkoki.id

Daun singkong mengandung banyak protein yang  bisa meregenerasi sel-sel dalam tuhun. Daun singkong yang bisa diolah menjadi masakan yang lezat dan nikmat adalah salah satu makanan yang biasa digunakan kebanyakan banyak orang sebagai lalap.  Namun untuk menu sahur praktis, kamu bisa membuat sayur daun singkong yang rasanya tidak kalah nikmat dengan menu lainnya.

Bahan-bahan yang diperlukan yaitu 1 ikat daun singkong yang sudah direbus dan di potong kecil-kecil, 100 ml santan, 1 ruas lengkuas, 4 siung bawang putih, 2 siuang bawang merah, 1 buah tomat dan cabe kriting.  Untuk memasaknya kamu hanya memerlukan waktu 25-30 menit saja, kamu juga bisa menambahkan ikan teri atau telur puyuh agar lebih nikmat.

35. Tahu Krispi

Tahu Krispi Menu sahur praktis
Sumber Gambar : doyanresep.com

Tahu krispi adalah jajanan yang sangat digemari semua orang terutama anak-anak. Selain sebagai cemilan, tahu krispi juga bisa dijadikan sebagai teman nasi yang bisa kamu buat dirumah untuk menu sahur praktis.

Kamu cukup memotong tahu putih atau tahu kuning lalu merendamnya dengan air yang sudah diberi penyedap rasa dan kemudian melumurinya dengan tepung terigu tanpa air lalu menggorengnya dengan minyak panas. Bagaimana? Sangat mudah dan simple bukan? Yuk cobain menu ini untuk menu sahur keluarga agar tidak bosan dengan olahan tahu yang hanya itu-itu saja.

36. Tempe Mendoan

Sumber Gambar : dapurkobe.co.id

Tempe mendoan adalah makanan sejenis gorengan yang dimasak setengah matang. Mendoan ini adalah makanan khas banyumas, mendo yang artinya lembek.  Untuk membuatnya kamu hanya perlu mengiris tipis tempe dan membuat adonan gorengan seperti pada umumnya lalu menggorengnya ke dalam minyak panas. Goreng sampai setengah matang dan jangan terlalu lama. Silahkan dapat ditambahkan dengan sambal kecap, kemudian hidangkan hangat-hangat untuk menu sahur keluarga.

37. Tongkol Bumbu Kuning

Tongkol Bumbu Kuning
Sumber Gambar : resepkoki.id

Ikan tongkol merupakan ikan laut yang sangat disukai karena memiliki rasa yang sangat enak. Bagi penggemar ikan laut pasti sudah tahu bagaimana cara mengolah ikan laut, termasuk ikan tongkol ini. Tapi buat kamu yang kurang tahu cara mengolahnya, saya akan memberikan masukan untuk membuat tongkol bumbu kuning sebagai menu sahur.

Bahan utama yang dibutuhkan tentunya ikan tongkol, kamu bisa memasaknya utuh atau memotongnya menjadi beberapa bagian. Lalu bumbu untuk sayur kuningnya yaitu garam, gula, kunyit, jahe, cabe merah, bawang merah bawang putih, tomat, lada, lengkuas, daun sereh,salam. Haluskan semua bahan-bahan tersebuh lalu tumis sampai wangi lalu tambahkan air secukupnya dan  setelah air mendidih kalian tinggal masukan ikan tongkolnya dan masak hingga 25-30 menit.

38. Tumis Terong Kecap Manis

Menu sahur praktis Tumis Terong Kecap Manis
Sumber Gambar : selerasa.com

Terong yang mempunyai nama ilmial Solanum melongena  yang termasuk jenis buah. Namun kebanyakan orang mengonsumsi terong sebagai lalapan, sayur bahkan tumisan. Walaupun begitu tapi rasanya tak kalah saing.

Salah satu olahan terong yang cocok untuk menu sahur praktis adalah tumis terong kecap manis. Terong yang digunakan untuk membuat tumis terong kecap manis adalah terong ungu yang mempunyai tekstur yang sangat lembut.

Bahan-bahan yang diperlukan yaitu 4 buah terong ungu, 1 buah tomat, 3 siuang bawang merah, dua siung bawang putih, 3 sdm gula, 2 sdm garam, minyak secukupnya  dan jika kamu mau yang pedas kamu bisa menambahkan cabe. Masaklah terong sampai bumbunya menyerap dan jangan sampai terlalu lama karena terong akan hancur jika dimasak terlalu lama.

39. Udang Asam Manis

 menu sahur praktis  Udang Asam Manis
Sumber Gambar : masakapahariini.com

Setiap bahan makanan bisa dimasak menjadi berbagai menu makanan dan mempunyai ciri khasnya masing-masing. Salah satu menu khas dari udang yang cocok untuk menu sahur praktis adalah udang asam manis. Udang asam manis merupakan hidangan seafood yang sangat digemari.

Bahan-bahan yang diperlukan yaitu ½ kg udang yang sudah dikupas kulitnya, 1 buah jeruk nipis (ambil airnya) 4 sdm minyak goreng,  siung bawang merah dan bawang putih, 2 cabe merah, 5 sdm saus tiram 1 sdt garam dan 1 sdt merica bubuk. Untuk memasaknya kamu hanya perlu waktu 20 menit dan ini cukup untuk 3-4 porsi.

40. Menu Sahur Praktis Fuyunghai

Menu Sahur Praktis Fuyunghai
Sumber Gambar : resepkoki.id

Fuyunghai adalah kuliner yang berasal dari tionghoa yang dimasak seperti telur dadar pada umumnya. Bedannya fuyunghai ini ditambahkan sayuran seperti kol, jamur, wortel daun bawang dan bawang bombay didalamnya. Bumbunyapun cukup menggunakan garam, lada dan penyedap rasa. Setelah selesai  dimasak kamu bisa tinggal menambahkan saus tomat di atasnya.

Artikel Lainnya : 20 Menu Buka Puasa Praktis dan Sederhana

Kesimpulan

Demikianlah 40 menu sahur praktis yang bisa kamu sajikan untuk keluarga tercinta agar mereka tidak merasa bosan dengan menu masakan yang hanya itu-itu saja. Yang biasanya suka malas untuk makan sahur, jika kamu menyajikan menu yang nikma, lezat dan unik maka mereka akan segera bangun dan makan sehaur dengan semangatnya sehingga kuat menjalani ibadah puasa seharian. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close