Tips

7 Minuman Segar untuk Takjil

Tinggal beberapa hari lagi umat islam akan menyambut bulan suci ramadhan. Dimana umat islam diwajibkan untuk melaksanakan puasa selama bulan ramdhan. Saat bulan ramdahan orang-orang akan berburu berbagai macam minuman segar untuk menu takjil. Biasanya hal ini dilakukan sambil ngabuburit.

Ngabuburit adalah kegiatan yang biasa dilakukan untuk menunggu datangnya waktu buka puasa. Hal ini biasa dilakukan ketika bulan ramdhan. Namun dalam situasi seperti saat ini, kita disarankan untuk tidak melakukan kegiatan diluar rumah dulu.

Karena masih adanya wabah atau penyakit berupa virus corono (Covid-19). Bahkan saat ini sudah diberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Jadi masyarakat dihimbau untuk tidak melakukan kegiatan sosial selama waktu yang sudah ditentukan. Kecuali yang tidak bisa meninggalkan kegiatan atau pekerjaannya, itupun harus dengan Surat Tugas resmi dari perusahaan.

Walau demikian, sahabat Senang Berbagi nggak usah khawatir. karena walau nggak kemana-mana kamu tetap bisa membuat minuman segar di rumah . Kali ini Senang Berbagi akan memberikan tips tentang minuman segar untuk menu takjil yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Inilah 7 Minuman Segar untuk Takjil

1. Sop Buah Segar

Minuman Segar untuk Takjil Sop Buah Segar
Sumber Gambar : instagram.com/infobandungkuliner/

Sop buah segar adalah minuman dengan bahan utama buah-buahan. Namanya juga sop buah hehe.. Sop buah ini hampir tidak pernah dilewatkan dibuat atau dibeli untuk menu takjil.

Selain rasanya yang enak, sop buah juga mengandung bnayak vitamin yang berasal dari buah-buahan. Ini sangat bagus untuk mengembalikan stamina setelah seharian berpuasa.

Buat kamu yang pengen buat sendiri. Kamu bisa membuatnya dengan buah seadanya. Butuhkan yaitu macam-macam buah segar seperti 1 buah timun suri ukuran kecil, 100 gr kolang-kaling, 1 kerat melon, 1/2 buah naga merah, 1 buah alpukat, Agar-agar secukupnya, 1 sachet susu kental manis putih, Air mineral dan esbatu.

Cara Membuat Sop Buah :

  1. Potong semua buah yang yang akan digunakan
  2. Setelah dipotong tambahkan 1 sachet susu kental manis putih yang sudah disiapkan (boleh ditambah jika kurang manis)
  3. Tambahkan air mineral secukupnya.
  4. tambahkan es batu lalu aduk

Sop buah segarpun siap disajikan untuk takjil.. gampang kan?

2. Boba Milk Tea

Boba Milk Tea Minuman Segar untuk Takjil
Sumber Gambar : instagram.com/hetea.id/

Jaman sekarang siapa sih yang nggak tau dengan Boba milk? muda-mudi pasti tau dengan minuman yang sedang hits ini. Rasanya yang enak juga segar dengan harga yang terjangkau membuat orang-orang langsung tersihir. Sensasi boba atau disebut buble yang kenyal dan lembut membuat orang jadi penasaran.

Cara buatnya gampang banget lho dan kamu bisa membuatnya dirumah. Untuk membuat boba kamu hanya memerlukan 100 gr gula aren, 150 gr tepng tapioka, 150 ml air mineral dan 150 ml air dingin.

Cara pembuatan boba :

  1. Panaskan air dan gula aren sambil diaduk.
  2. Masukan tepung tapioka dan aduk hingga mengental.
  3. Taburi adonan yang telah dibuah dengan sedikit tepung tapioka
  4. Adonan dibentuk bulat-bulat seperti kelereng lalu di rebuh sampai kenyal dan mengkilap. lalu tiriskan dang dinginkan.
  5. Sambil menunggu boba dingin, kamu siapkan bahan selanjutnya. Tuangkan susu kental manis secukupnya kedalam gelas lalu beri sedikit air hangat lalu masukan teh celup.
  6. Setelah susu dan teh menyatu, masukan 3 sdm boba yang telah dibuat lalu tuangkan air es. Dan Boba milk tea pun sudah siap disajikan sebagai minuman segar untuk takjil.

3. Milkshake

Milkshake Minuman Segar untuk Takjil
Sumber Gambar : instagram.com/bhartiyafoodies/

Setelah seharian berpuasa pasti ingin minum yang manis dan segar. Milkshake adalah salah satu pilihan munuman segar untuk takjil. Dengan toping yang beragam mulai dari eskrim, buah-buahan dan kuue mmebuatnya semakin menggoda.

Kalian dengan mudahnya bisa membuat dirumah dengan bahan seadanya. Bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu susu cair, 1 sachet skm coklat dan putih, 1 sachet marie regal, 1 sdm gula putih, 2 skup ice cream, es batu dan kalian bisa tambahkan buah sepeti anggur atau strowberry untuk toping.

Cara pembuatan Milkshake:

  1. Potong marie regal menjadi beberapa bagian dan masukan ke blender.
  2. Masukan susu cair dan skm manis secukupnya.
  3. Masukan gula putih dan es batu secukupnya.
  4. Blender bahan-bahan tersebut sampe halus
  5. Tuangkan bahan yang sudah di blender kedalam gelas yang sudah dituang skm coklat melingkar digelas.
  6. tambahkan ice crean dan buah yang sudah dipotong diatasnya. Dan Milksahe pun siap menemani takjil anda.

4. Thai Tea

Thai Tea
Sumber Gambar : instagram.com/dapoer_dtita/

Thai tea adalah minuman teh khas thailand yang juga sedang buming di indonesia. Thai tea adalah minuman segar yang juga cocok untuk takjil. Dengan wangi dan rasa tehnya yang sangat khas, membuat orang yang tidak suka teh pun jadi suka.

Cara pembuatanya sangat mudah dan bahan-bahannyapun sangat sederhana. Bahan yang dibutuhkan yaitu Susu putih cair, 1 Shacet susu kental manis, daun teh/teh celup, air mineral dan es batu. langkah pembuatannya adalah sebagai berikut :

Pertama-tama, masukan susu putih cair kedalah panci dengan api kecil, masaka susu sampai mengental dan usahakan tidak mendidih. ini adalah tahap pembuatan Susu Evaporasi.

Kedua, masukan air mineral dan daun teh atau teh celup kedalam panci dengan api sedang, seduh sampai warna airnya hitam pekat. Kira-kira10-15 menit.

Ketiga, untuk membuat thai tea masukan susu kental manis, susu evaporas i dan air teh yang telah dibuat kedalam shaker. Kocok hingga rata dan berbusa.

Terakhir, siapkan gelas yang sudah diisi es batu lalu tuang thai tea yang sudah di kocok tadi kedalam gelas. Dan thai tea yang segar dan nikmat pun siap untuk diminum. Gampang banget kan cara buatnya. kalian harus coba nih

5. Es Cincau Serut Gula Merah

Es Cincau Serut Gula Merah
Sumber Gambar : instagram.com/duniakulinersurabaya/

Es cincau adalah minuman segar dengan bahan yang sangat sederhana. Meski begitu, tapi rasanya tak kalah enak dengan minuman mahal yang ada di restoran. Setelah seharian menahan dahaga, es cincau ini cocok dijadikan untuk takjil.

Yang menambah nikmat dari es cincau ini adalah rasa manis dari gula merah. hmmm ngebayangin aja bikin meleleh. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat minuman segar ini yaitu : 800 ml susu cair full cream putih, 300 ml air mineral, 1 wadah cincau yang sudah jadi, 150 gr gula merah, 1 lembar daun pandan dan 2 sdm gula pasir. Cara pembuatannya yaitu :

  1. Masukan gula merah, gula pasir, daun pandan dan air minerah kedalam panci lalu didihkan sambil diaduk agar gula cepat larut.
  2. Parut cincau yang sudah jadi menggunakan parutan keju, masuka kedalam gelas besar.
  3. Tambahkan susu cair dan gula merah yang sudah dicairkan kedalam gelas cincau yang sudah diparut.
  4. Aduk-aduk dan tambahkan es batu.

Es Cincau serut gula eahpun siap dinikmati. Sajikan ketika masih dingin ya agar rasanya lebihh nikmat.

6. Dalgona Coffee

Dalgona Coffee
Sumber Gambar : .instagram.com/dalgonacoffee.idn/

Dalgona coffe juga merupakan jenis minuman yang lagi hits sekarang ini. Banyak sekali orang-orang yang membagikan vidia tentang cara pembuatannya. Karena dikira cukup sulit jadi lumayan menantang. Tapi sebenarnya untuk membuat Dalgona coffe ini mudah kok. kali ini senang berbagi akan memberikan tips mudah untuk membuat dalgona coffe. Jadi kamu bisa buat minuman segar untuk takjil deh buat keluarga kamu.

Bahan yang dibutuhkan juga nggak bikin ribet, pertama-tama  bahan yang kamu butuhkan untuk membuat cream yaitu 1 bks Nescafe Classic, 2 sdm gula pasir dan 3-4 sendok makan air panas. Sedangkan untuk membuat minumannya kamu hanya butuh 200 ml fresh milk dan es batu secukupnya.

Cara pembuatan Dalgona Coffe :

  • Campurkan semua bahan untuk mmebuat crean dalam kedalam wadah lalu aduk menggunakan mixer selama 3 menit. Jika tidak ada mixer bisa menggunakan alat untuk mengocok telur dengan waktu kurang lebih 10 menit.
  • Siap es batu ke dalam gelas dan tuang fresh milk secukupnya.
  • Selanjutnya kamu tinggal tuang cream yang sudah kamu buat dalam gelas yg sudah kamu isi dengan es batu dan fresh milk tadi. Tuangkan secara perlahan agar fresh milk dan cream tidak menyatu.

Kini minuman segarpun sudah jadi, ternyata sepraktis itu ya cara pembuatannya.. kamu wajib coba nih sajikan minuman segar ini buat takjil keluargamu.

7. Es doger

Minuman Segar untuk Takjil Es doger
Sumber Gambar : https://www.instagram.com/jajansolo/

Es doger yang sudah ada sejak dulu namun tetap hits sampe sekarang. Walau terkesan sederhana, namun jika kamu menyajikannya dengan kreatif maka akn menjadi minuman yang sangat menggugah selera. Apalagi kalu disajikan untuk takjil, wah seger banget tuhh..

Untuk membuat es goger menjadi istimewa, caranya mudah kok. Kamu hanya perlu menyiapkan 100 gr ketan hitam, 100 gr tape yang sudah dipotong kecil, buah nangka yang sudah dicincang, kelapa muda (ambil dagingnya saja), 5 lembar roti tawar,50 gr biji mutiara, 100 ml skm putih, 3 sdm gula halus, ¼ sdm garam, sirup cocopandan dan es batu secukupnya. Semua bahan-bahannya bisa kamu dapatkan di pasaran.

Cara membuat Es Doger :

1. Siapkan mangkuk dan masukan ketan hitam, tape singkong, buah nangka, kelapa muda, mutiara dan roti tawar kedalam mangkuk tersebut. Susunlah secantik mungkin.

2. Masukan es batu yang sudah dihancurkan kedalam blender, lalu tambahkan susu kental manis, gula halus, cocopandan dan garam yang sudah disiapkan. Blender semua bahan tersebut sampai halus.

3. tuangkan es batu dan bahan lain yang sudah di blender ke dalam mangkuk yang sudah diisi oleh bahan-bahan lainnya.

Es doger yang manis dan segarpun sudah dapat dinikmati. Ini bisa untuk 5-8 porsi ya temen-temen. Kalo kamu mau membuatnya kurang atau lebih bahan bisa disesuaikan.

Artikel Lainnya : 40 Menu Sahur Praktis yang Mudah Untuk disajikan

Akhir Kata

Itulah 7 Minuman Segar untuk Takjil. Tentunya bisa sobat jadikan teman yang segar untuk menghilangkan dahaga setelah puasa seharian. Silahkan bisa kamu coba dirumah untuk membuatnya. Terima Kasih jangan lupa share artikelnya ya.

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Thanks...
Close
Close