TipsTIPS DAN TRIK

#dirumahaja 8 Tips Belanja Online Aman Agar tidak Tertipu

Dibalik pandemi virus covid-19 yang mewabah saat ini, pemerintah menganjurkan agar kita melakukan segala aktivitas dirumahaja. Segala aktivitas yang tadinya bisa dilakukan diluar rumah kini harus online mulai dari sekolah, bekerja, hingga belanja pun harus online. 8 Tips belanja online aman agar tidak tertipu.

belanja online
Source : Pixabay

Di zaman serba canggih saat ini kita bisa membeli barang apapun melalui online. Mulai dari barang sederhana sampai barang berharga semuanya bisa dibeli melalui situs belanja online. Dengan belanja online kita dapat menghemat tenaga, waktu hingga biaya tinggal dirumah aja dan duduk manis menunggu pesanan dikirimkan.

Meskipun saat ini sudah banyak sekali penjual online yang memanfaatkan marketplace, tapi masih ada saja pembeli yang tertipu ketika belanja online. Biar kamu tidak tertipu ketika belanja online, ada baiknya menyimak tips belanja online aman agar tidak tertipu.

Inilah 8 Tips belanja online aman agar tidak tertipu

Jika kamu mau belanja online aman dan tidak ingin tertipu, sebaiknya ikuti tips dibawah ini :

1. Jangan terbuai harga murah

Berhati-hati lah dengan harga yang tertera pada produk. Bisa jadi, kalo harga terlalu murah dan berbeda jauh dengan toko resmi, maka hal tersebut patut dipertanyakan. Banyak sekali penawaran barang bermerk murah di toko online, jangan sampai penawaran tersebut menjadikan kita terburu-buru melakukan transaksi. Alangkah baiknya lakukan survei terlebih dahulu sebelum membeli produk yang akan dibeli.

2. Pastikan membeli lewat toko resmi dan dapat dipercaya

Testimoni dan review produk yang baik dari pembeli bisa menjadi tolak ukur apakah toko online tersebut baik atau tidak. Review tersebut bisa diperoleh dari google, forum diskusi online atau media sosial.

Jika kamu masih ragu untuk melakukan pembelian ditoko online yang masih belum dikenal, maka sebaiknya memilih toko online yang sudah ternama dan familiar. Banyak toko online resmi yang hadir diberbagai platform seperti Tokopedia, Bukalapak, Shoppe dan lain sebagainya. Kamu bisa langsung membeli ditoko resmi tersebut untuk mendapat jaminan.

3. Cermati kebijakan yang diberlakukan oleh situs toko online

Jika toko online terpercaya pasti memiliki kebijakan situs, seringkali kita mengabaikan membaca “syarat dan ketentuan” yang ada di situs online shop. Ini sangat berguna sekali jika terjadi suatu hal diluar dugaan. Jangan sampai dikebijakan tersebut ada beberapa poin yang dapat merugikan pembeli.

Baca Juga : Pinjaman Online Terpercaya Terdaftar OJK

Karena ketika belanja online tentu saja barang yang dibeli tidak bisa dilihat secara fisik, maka dalam kebijakan tersebut harus ada yang berkaitan dengan garansi, misalnya ternyata barang yang diterima cacat, bagaimana cara mengembalikannya dan ongkos kirim dibebankan kepada siapa.

4. Baca deskripsi produk yang akan dibeli

Sebelum memutuskan untuk membeli satu produk, pastikan kamu juga membaca informasi dan deskripsi terkait produk yang akan dibeli.

Jangan sampai produk yang akan kamu beli tersebut tidak sesuai dengan apa yang diinginkan. Apabila ada yang tidak jelas, kamu bisa menghubungi penjual untuk mengetahui lebih detail tentang produk yang akan dibeli.

5. Kelengkapan Informasi

Cari informasi tentang penjual atau pemilik toko pada halaman toko online tersebut, apakah toko tersebut milik perseorangan atau perusahaan. Ketahui secara detail apakah terdapat kontak yang dapat dihubungi baik nomor telepon, Whatsapp dan sebagainya. Jika terdapat informasi yang jelas maka lakukanlah pembelian di toko tersebut.

6. Pilihlah cara pembayaran yang aman

Tips belanja online yang aman selanjutnya ialah utamakan cara pembayaran dengan COD (Cash On Delivery)

. Jika tidak ada layanan COD, pilihan berikutnya menggunakan rekening bersama

Dengan menggunakan rekening bersama, pembeli akan mentransfer kepada perantara, jika barang sudah diterima pembeli maka dana dari pihak perantara akan ditransfer ke penjual. Usahakan untuk tidak transfer terlebih dahulu, kecuali memang itu adalah online shop yang benar-benar dapat dipercaya.

7. Optimalkan keamanan Gadget sendiri

Selain dengan melihat keamanan situs dar toko online yang kamu kunjungi, jangan lupa untuk mengoptimalkan keamanan gadgetmu. Banyak program jahat yang dirancang untuk mengambil keuntungan dari kerentanan keamanan sistem operasi dari browser web dan sistem operasi.

Artikel Lainnya : Cara Bayar Zakat Online Tanpa Ribet

8. Cetak dan simpan bukti transaksi

Online shop yang baik akan memberikan bukti transaksi biasanya melalui email, sebelim barang yang dibeli sampai dirumahmu. Mencetak dan menyimpan bukti transaksi pemesanan dan bukti pembayaran setiap melakukan pembelian adalah cara yang baik.

Akhir Kata

Diatas 8 tips belanja online yang aman agar tidak tertipu bisa kamu terapkan sebelum melakukan transaksi online. Semoga Bermanfaat

Tags
Related Articles Ads

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close